Manfaat Buah Pepaya

10 Feb 2021 15:00 1170 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Buah pepaya adalah buah asli dari Indonesia yang memiliki beberapa jenis dimana daging buahnya menyimpan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan.

Buah pepaya di Indonesia adalah salah satu jenis buah yang sangat mudah dijumpai dimana – mana. Pepaya merupakan jenis buah tropis yang mampu tersedia di sepanjang tahun terutama ketika sedang musim kemarau. Buah ini bisa dipanen rata – rata 8 sampai dengan 9 bulan sejak dari penanaman bibitnya. Dimana jika sedang musim panen harga buah menjadi sangat murah karena mudah ditemukan.

Tanaman pepaya merupakan salah satu pohon yang sangat mudah dikembangbiakkan tanpa memerlukan perawatan khusus. Bahkan banyak dijumpai pohon pepaya di pekarangan rumah penduduk dengan ukuran pohon yang tidak terlalu besar dan hanya memakan tempat yang sedikit saja. Buah pepaya di pekarangan – pekarangan rumah warga termasuk jenis buah yang cukup sering berbuah.

 

Mengenal Ragam Jenis Tanaman Pepaya

Daging buah pepaya bercita rasa manis dengan memiliki tekstur daging yang empuk dan padat, berair serta memiliki warna daging buah yang cerah seperti oranye, merah kekuningan, merah segar, atau kuning keputihan. Dikenal beberapa jenis varietas tanaman pepaya khususnya di Indonesia yang sering dikonsumsi oleh masyarakat antara lain sebagai berikut :

1/ Tanaman pepaya california

Jenis yang satu ini saat ini banyak digandrungi oleh petani buah sehingga ketika sedang musim panen sangat mudah menemukan di pasar – pasar tradisional hinggal supermarket terkemuka di Indonesia. Asli tanaman ini berasal dari Indonesia dengan nama populer adalah calina. Warna kulit buah pepaya ini adalah hijau kekuningan jika sudah matang dengan warna daging buah merah cerah. Rasanya manis. Memiliki daya tahan bagus yaitu rata – rata mampu disimpan selama 5 hari dalam suhu ruang tanpa pengawet.

2/ Tanaman pepaya jenis carisya

Jenis pepaya yang satu ini paling banyak dibudidayakan oleh Tim Pemulia Pusat Kajian Buah – Buahan Tropika di IPB. Mulai diperkenalkan kepada masyarakat oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 26 Mei 2010. Pohon pepaya jenis ini termasuk salah satu jenis yang sangat produktif yaitu mampu berbuah setiap 4 bulan sekali. Ciri yang menonjol adalah ukuran buah yang dihasilkan kecil – kecil / mini dan berwarna kehijauan agak merah saat sudah matang. Warna daging buah merah segar dengan rongga kecil di dalamnya dan memiliki tekstur daging yang tebal. Rasa pepaya jenis ini rata – rata sangat manis.

3/ Jenis pepaya arum bogor  

Pepaya jenis ini sama dengan jenis pepaya carisya yaitu merupakan hasil penelitian dari IPB. Sekilas pandang memiliki bentuk menyerupai pepaya hawai namun daging buahnya berwarna kemerahan dengan cita rasa yang sangat manis.

4/ Jenis pepaya bangkok

Seperti namanya, pepaya ini berasal dari Bangkok di Thailand yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970. Memiliki warna daging kemerahan jingga dengan tekstur daging agak keras yang bercita rasa lezat dan sangat manis. Selain sebagai buah meja, di Thailand buah pepaya bermanfaat sebagai bahan baku membuat kosmetik.

5/ Pepaya jenis hawai

Pepaya ini berasal dari Kepulauan Hawaii di Amerika. Rata – rata bentuk buahnya mini menyerupai jenis pepaya carisya yang jika matang akan memiliki warna kulit hijau kekuningan. Karena terlalu mini menyebabkan 1 buah pepaya ini dapat dinikmati oleh 1 orang sendirian.

6/ Pepaya jenis cibinong

Memiliki bentuk buah lonjong dan lancip pada bagian ujungnya dimana ketika matang kulit buah tetap memiliki warna hijau hanya ada tanda sedikit warna kuning pada bagian ujungnya. Warna daging buah kuning kemerahan dengan cita rasa manis dan segar. Pepaya ini mampu bertahan lama alias awet dalam suhu ruang sehingga menjadi favorit para pedagang buah.

7/ Jenis pepaya red lady

Jenis pepaya yang satu ini mempunyai bentuk buah bulat dengan kulit yang sangat halus dan buah berasa sangat manis dengan memiliki daging buah berwarna merah menyala dan segar. Dalam satu batang pohon mampu menghasilkan 30 buah pepaya sekali panen.

 

Khasiat Dan Manfaat Dari Buah Pepaya

Sebutir buah pepaya berukuran sedang banyak mengandung rata – rata 120 kalori, 30 gram karbohidrat (tercampur dalam 5 gram serat dan 18 gram gula) serta 2 gram protein. Buah pepaya merupakan salah satu sumber yang mengandung vitamin C hingga 224 persen untuk pemenuhan keperluan harian. Kandungan daging buah pepaya lainnya adalah berupa : vitamin K, kalium, kalsium, vitamin E, zeaanthan, lutein, beta karoten, alfa, vitamin B, fiber 3, asam pantotenant, tembaga, magnesium, vitamin A, folat dan lycopene (adalah antioksidan yang manfaatnya sama dengan buah tomat).

Adapun manfaat dan khasiat dari buah pepaya untuk tubuh manusia adalah sebagai berikut :

  • Untuk meningkatkan dan menguatkan sistem imun tubuh manusia.

  • Sebagai anti inflamasi.

  • Untuk menyehatkan tulang.

  • Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

  • Mencegah serangan penyakit jantung.

  • Bagus untuk pencernaan.

  • Mencegah terjadinya degenerasi makula.

  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.

  • Pencegahan penyakit asma.

  • Mengurangi berat tubuh sehingga bagus untuk diet sehat.

  • Untuk melarutkan sel – sel kulit mati sehingga memberikan kecerahan dan kesegaran kulit.

  • Mencegah munculnya jerawat.

  • Merangsang pertumbuhan payudara menjadi kencang.

 

Pengolahan Buah Pepaya

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa pengolahan buah pepaya yang sudah dikenal dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut :

1/ Diolah menjadi manisan pepaya.

Cara membuat manisan dari buah pepaya ini antara lain sebagai berikut :

  • Pilih buah yang mengkal, kupas dan potong kecil – kecil lalu dicuci dengan air bersih.

  • Rendam dalam larutan garam 30 gram / liter sekitar 1 jam.

  • Lakukan pencucian dengan bersih.

  • Rendam lagi dengan larutan kapur 10 gram / liter selama 2 jam.

  • Cuci dan tiriskan.

  • Perendaman dengan larutan sulfit 1.000 ppm selama ½ jam.

  • Dilanjutkan dengan perendaman gula sebesar 40 persen sekitar 12 jam atau semalaman.

  • Tiriskan.

  • Pemanasan dengan menambahkan gula sebesar 100 gram / liter lalu dinginkan.

  • Perendaman di dalam larutan gula semalaman.

  • Ulangi proses tersebut di atas hingga 3 s/d 4 kali.

  • Tiriskan sebentar.

  • Lakukan pengeringan dalam suhu 60 derajat C hingga benar – benar kering.

  • Lakukan pengemasan dalam kantong yang diinginkan bisa dengan kotak, kertas atau plastik.

2/ Diolah menjadi asinan buah pepaya.

Cara membuat asinan dari buah pepaya adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah buah dalam kondisi segar dan masih mengkal yang bercita rasa manis.

  2. Kupas lalu potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan selanjutnya dicuci bersih dengan air mengalir.

  3. Rendam buah yang sudah dipotong – potong dalam larutan garam 30 gram / liter selama 2 jam.

  4. Lakukan pencucian guna menghilangkan rasa terlalu asin.

  5. Rendam dalam kapur 10 gram / liter guna mengeraskan daging buah.

  6. Cuci bersih.

  7. Buat larutan gula sebagai berikut : membutuhkan cabe merah sebesar 100 gram, cuci bersih lalu diblender dengan tambahan air 1 liter. Timbang gula seberat 400 gram, garam sebesar 20 gram, lalu masukkan gula dan garam ke dalam cabe. Masak sambil diaduk – aduk hingga mendidih barulah diberikan asam sitrat 3 gram / liter atau cuka sebesar 15 ml / liter. Tambahkan pengawet potassium sorbet sebesar 0,4 gram / liter.

  8. Dinginkan.

  9. Masukkan buah ke dalam larutan gula. Aduk supaya merata.

  10. Diamkan sebentar.

  11. Kemas.

Buah pepaya adalah buah asli dari Indonesia yang memiliki beberapa jenis dimana daging buahnya menyimpan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat buah pepaya. Semoga berguna.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel