Tari Balet Profesional

10 Feb 2021 09:37 843 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tari balet merupakan salah satu jenis tarian modern yang gerakan – gerakannya bersifat klasik dimana untuk menguasai gerakan – gerakan tarian menjadi lebih profesional dan akan berkembang lebih cepat dan mudah melalui cara mendatangkan guru tari balet pribadi.

Balet merupakan salah satu nama yang diberikan untuk menunjukkan sebuah teknik tarian dimana di dalamnya meliputi hal – hal seperti tarian itu sendiri, akting, mime, dan musik yang terdiri dari musik orkestra dan nyanyian. Balet bisa ditampilkan sendiri atau merupakan bagian dari sebuah opera. Salah satu teknik yang paling terkenal diaplikasikan di dalamnya bernama teknik virtuoso meliputi pointe work, grand pas de deux dan teknik mengangkat kaki setinggi – tingginya. Sekilas pandang teknik dalam balet menyerupai teknik olahraga anggar, mungkin disebabkan karena keduanya sama – sama berkembang dalam periode yang bersamaan dimana memerlukan teknik keseimbangan dalam pergerakan – pergerakan yang dilakukan.

Balet berasal dari istilah ballo yang diumumkan oleh Domenico da Piacenza dalam bukunya berjudul De Arte Saltandi et Choreas Ducendi dimana di masa depan ballo berubah menjadi balleti atau balli yang disempurnakan menjadi ballet. Ballet pertama kali disetuskan oleh Balthasar de Beaujoyeulx dalam bukunya berjudul Ballet Comique de la Royne (pada tahun 1581) yang merupakan teknik tentang dasar – dasar drama balet bernama ballet comique. Di tahun yang sama Fabrito Caroso sukses menerbitkan Ballarino II yang merupakan perpaduan teknis tentang bagaimana menari balet yang benar. Italia adalah pusat terbesar perkembangan tari balet.

Asal Mula Tari Balet

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa tari balet berasal dari negara Italia. Namun perkembangan selanjutnya tari balet sangat populer di negara Perancis. Di Perancislah merupakan negara pertama yang membesarkan nama balet hingga seperti sekarang ini, populer di seluruh dunia. Di Italia, tarian balet muncul pertama kali pada abad pertengahan.

Domenico da Piacenza adalah tokoh pertama kali memperkenalkan balet dengan istilah ballo yang diumumkan dalam pertunjukan De Arte Saltandi et Choreas Ducendi. Karya awal dalam pertunjukan tersebut dikenal dengan istilah balli atau balleti berkembang dan disempurnakan menjadi ballet.

Adalah Raja Louis XIV merupakan tokoh asal Perancis yang memberikan dukungan terhadap perkembangan tari balet di Perancis selanjutnya bisa dipelajari lebih dekat dengan didirikannya Academie Royale de Danse pada tahun 1661. Pada tahun 1760, tari balet mendapat kesempatan untuk pentas sebagai selingan dalam sebuah pertunjukan drama musikal dengan tokoh pendukung adalah Jean Georges Noverre dalam karyanya yang diberi judul Lettres Suur la Danse et Les Ballets. 

Memasuki pertengahan abad ke – 19 di panggung – panggung pertunjukan memperlihatkan peran penari balet wanita cenderung memegang peranan besar yang dikembangkan ke negara – negara tetangga seperti Rusia, Jerman dan Inggris.

Kepopuleran tarian balet sempat mengalami pasang surut ketika meletus perang dunia I dan II dimana pada masa – masa ini justru balet berkembang dengan cukup baik di Indonesia yang dibawa oleh Bangsa Belanda pada masa penjajahannya atau awal abad ke – 20. Namun perkembangan tari balet saat itu berjalan sangat lambat karena tari ini identik dengan jenis tarian dari bangsa – bangsa kolonial. Awal pertunjukan, penari – penari balet mengenakan busana khas Eropa abad pertengahan dilengkapi dengan korset dan sepatu. Namun sekarang ini korset dan sepatu jarang dipakai lagi, juga rambut palsu dan tata rias berlebihan sudah ditiadakan.

Kini penari – penari balet lebih banyak memakai rok tutu (untuk para wanitanya) di atas penggung dengan dilengkapi stocking, busana yang sifatnya elastis, dan sepasang sepatu khusus untuk balet yang dikenal dengan nama pointe shoes (sepatu untuk perempuan) dan soft shoes (untuk sepatu laki – laki).

Ragam Tarian Balet

Balet adalah salah satu seni tari di panggung pertunjukan dengan menampilkan langkah gerakan gemulai diiringi musik dimana para penarinya memakai kostum dan tata rias balet dengan set panggung mengisahkan tentang sebuah lakon untuk menghidupkan imajinasi para penontonnya.

Tari balet diperkirakan sudah berumur 400 tahun lebih dimana untuk menekuninya anda membutuhkan latihan dengan disiplin tinggi guna pencapaian kesempurnaan tetapi hasil akhir yang diperoleh adalah kesenangan yang spektakuler untuk dipertontonkan kepada para penonton.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa jenis tari balet, simak penjelasan singkat dari kami.

1/ Jenis tari balet klasik

Jenis tari balet klasik mempertunjukkan gerakan – gerakan balet yang sifatnya formal melalui proses pembelajaran dengan memakai teknik balet tradisional seperti pada gerakan – gerakan tari balet Rusia, balet Italia dan balet Perancis. Dikenal beberapa jenis balet klasik yang penciptaannya erat hubungannya dengan wilayah – wilayah tertentu terlihat dalam penampilan dan teknik unik yang mendasari.

2/ Jenis tari balet revolution  

Jenis yang satu ini menonjolkan gerakan – gerakan tari balet yang tekniknya lebih bersifat modern dengan memadukan antara gaya – gaya dan genre klasik dari Kuba dan Amerika latin modern yang terkenal dengan tarian hip – hopnya. 

Karena usia tari balet revolution sangat tua jadi tidak ada bukti jelas yang mengabarkan tentang siapa yang pertama kali menciptakan gerakan – gerakan tarian ini maka para sejarawan berpendapat bahwa jenis tari balet yang satu ini pertama kali muncul pada pertunjukan berjudul Le Ballet Comique de la Reine atau The Comic Ballet of the Queen pada tahun 1581. Acara bersangkutan digelar selama 5 jam untuk tujuan merayakan pesta – pesta pernikahan para bangsawan dimana di dalamnya mengisahkan tentang kehidupan para raja dan ratu di istana.   

Alasan Mengapa Perlu Untuk Mendapatkan Kelas Balet Pribadi

Apakah anda adalah penyuka beragam jenis tarian seperti tarian dansa, tap, zumba, jazz, flamenco, tari kontemporer, pilates atau hip hop ? Semua jenis tarian ini mampu memompa aliran darah seperti pada pertunjukan tari balet bertajuk swan lake atau nutcracker ? Apakah terpikirkan oleh anda untuk ingin memulai atau sedang meningkatkan level yang sedang anda kuasai dengan memperoleh bantuan berupa bimbingan dari seorang guru balet pribadi ?

Apabila anda mengharapkan untuk menjadi seperti George Balanchine (adalah salah satu tokoh tari balet yang sukses mendirikan sekolah – sekolah balet di Kota New York sehingga diberi julukan sebagai bapak balet Amerika), maka anda sebelumnya wajib belajar teknik – teknik dasar tari balet yang sebenarnya sangat menantang untuk ditekuni dengan serius dimana seorang guru tari yang profesional mampu menjadikan semua tampil berbeda.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa alasan mengapa seseorang atau sekelompok orang membutuhkan untuk mendapatkan kelas balet pribadi ?

  • Untuk memperoleh keyakinan yang kuat.
  • Untuk menghilangkan rasa malu dan menumbuhkan rasa percaya diri.
  • Agar mampu tumbuh dan berkembang dari anak laki – laki menjadi laki – laki dewasa.
  • Karena kesibukan dengan memiliki jadwal di luar rumah yang sangat padat.
  • Untuk dapat mempelajari dan menguasai gerakan – gerakan tari dengan cepat.
  • Biasanya tutor balet pribadi akan memiliki fokus besar terhadap perkembangan anda secara pribadi.
  • Membantu belajar lebih cepat dimana ini bagus untuk kelas balet berkelompok / kelas balet grup.
  • Erat hubungannya dengan bidang anatomi yang bisa membantu anda berlatih menari dengan perasaan aman tanpa menyebabkan cedera.

Tari balet merupakan salah satu jenis tarian modern yang gerakan – gerakannya bersifat klasik dimana untuk menguasai gerakan – gerakan tarian menjadi lebih profesional dan akan berkembang lebih cepat dan mudah melalui cara mendatangkan guru tari balet pribadi.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai tari balet profesional. Semoga berguna.

 

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel