Manfaat Buah Anggur

3 Feb 2021 10:30 135 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Buah anggur adalah salah satu jenis buah meja yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Di samping itu bisa diolah menjadi beragam makanan kecil sebagai kudapan yang rasanya tak kalah segar dengan buah aslinya.

Tanaman buah anggur banyak dikembangkan di Indonesia. Dimana sekitar 70 persen buah anggur yang dihasilkan diolah menjadi minuman anggur (menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Sedunia) yaitu sekitar 10.000 jenis anggur adalah termasuk ke dalam kelompok famili vitaceae yang dimanfaatkan dalam membuat minuman anggur sekitar 1.300 jenis.

Buah anggur merupakan salah satu jenis buah yang memiliki bentuk bulat atau oval kecil dengan daging buah yang bersifat semi tembus cahaya dan terbungkus oleh kulit buah yang halus dan sangat tipis. Grape adalah buah anggur dalam Bahasa Inggris yang sebagian buahnya memiliki biji dan ada lagi yang tidak berbiji dilengkapi beragam warna seperti warna merah, hijau dan warna ungu.

Jenis Buah Anggur

Tanaman buah anggur dikelompokkan ke dalam beberapa jenis termasuk di dalamnya adalah anggur merah, hijau, atau putih, anggur minuman / wine atau anggur makanan / table grape, biji dan tidak berbiji dan beberapa perbedaan yang lainnya. Ada jenis buah anggur yang dapat dikonsumsi secara langsung dengan jenis anggur yang biasa digunakan untuk wine. Silahkan baca penjelasan yang kami berikan.

1/ Jensi buah anggur moon drops

Pada tahun 2018 jenis buah anggur yang satu ini ditemukan dengan bentuk buah yang unik yaitu bulat memanjang dan saat ini mulai banyak dijual di pasaran. Orang yang memiliki jasa atas perkembangan varietas jenis ini adalah Dr. David Cain adalah pengembang tanaman dan ilmuwan yang bekerjasama dengan perusahaan anggur Grapery untuk mengkhusus mengembangkan varietas – varietas terbaru. Cain berhasil membudidayakan moon drops selama 15 tahun dari mengambil contoh anggur Timur Tengah.

Buah yang satu ini adalah bukan merupakan hasil rekayasa melainkan hasil pembudidayaan / pengembangan biasa yang membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan jenis baru. Bentuk buah sangat cantik dengan warna buah ungu tua dan diselimuti oleh kulit berwarna hitam. Dagingnya mengkal dan renyah mampu bertahan di lemari es selama berhari – hari. Cita rasa buah manis tetapi tidak terlalu menyengat dan agak menyerupai jeli.

2/ Jenis buah anggur flame seedless

Jenis yang satu ini adalah hasil persilangan antara thompson seedless dengan cardinal dan varietas lainnya. Menghasilkan varietas terbaru yang mempunyai penampilan seperti buah beri tanpa biji, berukuran sedang, berbentuk bulat dan memiliki warna merah tua. Daging buahnya renyah dan mengkal, berair banyak dengan cita rasa asam – asam manis. 

Flame seedless pada umumnya dikonsumsi secara langsung atau biasa dikeringkan menjadi kismis. Buah anggur jenis ini memiliki kemampuan matang lebih awal jika dibandingkan dengan jenis thompson seedless. Varietas awal buah anggur ini dikembangkan oleh program pembudidayaan USDA adalah mengkhusus varietas utama dari Australia.

3/ Jenis buah anggur red globe

Anggur jenis ini dikembangkan pertama kali berasal dari varietas kaisar yang dilakukan pada tahun 1980. Red globe selanjutnya menjadi sangat populer di daerah Asia. Memiliki tandan yang besar berbentuk kerucut yang terisi penuh. Buahnya berukuran besar dan bulat serta memiliki warna merah muda dan merah. Jenis anggur yang satu ini tidak mempunyai biji besar dan keras, dengan daging buah yang tebal, renyah dan bercita rasa lembut. 

4/ Jenis buah anggur kyoho

Kyoho rata – rata mempunyai ukuran buah sebesar buah plum mini. Ini adalah anggur terbesar ditemukan di pasaran. Pemberian nama kyoho adalah berasal dari Bahasa Jepang yang artinya anggur gunung raksasa berasal dari daerah di kaki Gunung Fuji. Selanjutnya anggur hitam ini dibudidayakan secara khusus sekitar tahun 1930 yaitu disilangkan dengan anggur ishiharawase dan centennial.

Penyajian buah anggur ini di Jepang adalah sebagai pencuci mulut / buah meja yang segar atau dibuat menjadi jus. Bisa juga digunakan untuk mencampur bahan membuat koktail chuhai tradisional. Anggur berwarna hitam ungu besar dan gelap ini berbiji kasar yang tidak dapat dimakan sedangkan kulitnya tebal dengan rasa agak pahit. Cara memakannya adalah harus dikupas terlebih dahulu bagian luarnya supaya bisa menikmati daging buah yang berasa manis – manis segar. Rasa anggur ini mirip dengan anggur concord.

5/ Jenis buah anggur bernama Delaware

Pemberian nama anggur jenis ini disesuaikan dengan kota pertama kali ditemukannya jenis ini yaitu Kota Delaware, Ohio. Anggur jenis ini mulai dibudidayakan sekitar akhir tahun 1840 yang hasilnya kebanyakan diolah menjadi minuman anggur atau dimakan segar sebagai buah meja.   

Perkembangan saat ini adalah buah anggur ini menjadi sangat populer di Jepang dan Korea Selatan dibandingkan dengan negara asalnya. Ukuran buah jenis anggur ini relatif kecil berbentuk oval dengan diselimuti warna kulit merah pucat tetapi mempunyai daging berwarna hijau transparan dan berair banyak dengan biji sedikit. Rasa buahnya manis segar yang biasanya langsung disajikan dingin sebagai buah meja. Jepang merupakan daerah penjual anggur jenis ini terbesar di dunia dengan harga jual yang agak mahal karena kerap difungsikan sebagai hadiah untuk teman atau anggota keluarga.

6/ Jenis buah anggur french mosaic

French mosaic merupakan salah satu jenis buah anggur yang harganya paling mahal di dunia. Jenis yang satu ini berasal dari abad ke – 12 yaitu asalnya dari Perancis barat daya dimana anggur ini kerap difungsikan sebagai buah meja yang segar dengan menonjolkan warna kulit mulai dari hijau muda pucat hingga warna keemasan. Kadang – kadang disertai warna biru atau ungu. Daging buah berwarna hijau transparan dengan cita rasa buah sangat manis seperti madu.

Sebagian besar jenis anggur yang satu ini ditanam di Perancis saja untuk selanjutnya dikonsumsi hingga seluruh Eropa barat. French mosaic pada umumnya dimakan secara langsung atau dijadikan sebagai bahan topping untuk beragam sajian penutup.

7/ Jenis buah anggur sultana

Mirip dengan thompson seedless dari Amerika dan Kanada, anggur sultana merupakan salah satu jenis buah anggur yang terbanyak dibudidayakan dalam skala besar di dunia yang biasanya dikonsumsi secara langsung sebagai anggur meja yang segar. Anggur jenis ini berasal dari daerah Timur Tengah yang diperdagangkan ke seluruh daerah Kekaisaran Ottoman selama hampir ratusan tahun lamanya.

Selanjutnya Kekaisaran Ottoman mulai memperkenalkan sultana ke Eropa barat dimana William Thompson adalah ahli hortikultura mendapatkan kehormatan namanya dipakai untuk anggur jenis thompson seedless.

Pada tahun 1870 sultana disebarkan ke daerah California untuk pertama kalinya berhasil berbuah dengan ukuran sedang dan memiliki warna hijau pucat tanpa biji, Rasa daging buah sangat manis, tekstur daging bening dan cukup mengkal. Sultana enak dimakan secara langsung atau dicampur sebagai bahan makanan, dibuat menjadi wine atau kismis. Anggur jenis sultana adalah salah satu tanaman yang terkuat dari serangan hama dan sangat mudah beradaptasi serta mampu tumbuh terbaik di daerah beriklim hangat. Saat ini sultana sudah dibudidayakan ke Amerika Serikat dan Kanada serta Cina, Turki, Chili, Australia dan Eropa barat.

8/ Jenis buah anggur calmeria

Anggur jenis ini memiliki warna hijau pucat dan mempunyai bentuk lonjong dengan beberapa biji kecil lembek dan dibalut kulit yang relatif tebal. Varietas anggur ini disebut juga dengan nama ladyfinger karena buahnya berbentuk cantik memanjang atau lonjong. Rasa daging buah lembut tetapi tajam dalam hal rasa. Jenis ini sebagian besar diproduksi di wilayah Greater Sunraysia Australia dan merupakan jenis anggur yang menjadi andalan ekspor utama ke Asia.

9/ Jenis buah anggur sweet jubilee

Anggur sweet jubilee berasal dari seri jenis anggur grapery’s flavor promise dimana pada tahun 2012 sempat menjadi pusat perhatian dunia karena menjadi salah satu varietas unggulan yang dikembangkan oleh grapery. Memiliki butiran buah anggur yang berukuran sangat besar, renyah, mengkal dan berair banyak. Biasa dimakan sebagai buah segar atau menjadi salah satu pelengkap di dalam membuat sandwich dan campuran salad buah segar yang menyehatkan. Anggur ini tumbuh subur di daerah California Tengah.

10/ Jenis buah anggur champagne

Buah anggur yang satu ini memiliki nama populer yaitu zante currant yang datang dari negeri Perancis. Biasa diolah menjadi makanan pelengkap sejenis kismis yaitu black corinth dan bahan dasar membuat champagne di Yunani atau Asia.

Saat ini champagne tumbuh dengan pesat di daerah Eropa dan Amerika Serikat. Menjadikan anggur yang satu ini semakin populer diantara kelompok koki restoran. Buah anggur jenis ini berukuran kira – kira sebesar kacang polong sehingga sangat tepat dijadikan sebagai hiasan piring makan. Buah ini juga bisa langsung dimakan segar sebagai camilan untuk anak – anak karena rasanya yang lembut, manis dan renyah.

 

Kandungan Gizi Dari Buah Anggur

Perlu diketahui bahwa buah anggur adalah salah satu jenis buah yang berasal dari tanaman yang sifatnya merambat dan termasuk ke dalam keluarga vitaceae. Buah ini banyak mengandung beragam senyawa, vitamin, dan mineral dalam jumlah besar sehingga bermanfaat bagus bagi orang – orang yang mengkonsumsinya. Nah berikut ini adalah kandungan gizi dari buah anggur dalam masing – masing 100 gramnya. Antara lain sebagai berikut :

Kalori, air, karbohidrat, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, C, D, E, K, vitamin B1 / thiamine, vitamin B2 / riboflavin, vitamin B3 / niacin, vitamin B5 / panthothenic acid, vitamin B9 / folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, sodium, potassium / kalium, dan seng / zinc.

 

Pengolahan Buah Anggur

Dari buah anggur yang segar dan enak selanjutnya bisa diolah menjadi beragam jenis makanan pelengkap yang rasanya tak kalah jauh dengan rasa asli buah anggur yang manis. Di bawah ini kami berikan beberapa pengolahan buah anggur yang umum dilakukan, antara lain sebagai berikut :

1/ Diolah menjadi jus buah anggur

Olahan buah anggur yang pertama adalah sebagai jus anggur. Rasanya segar dan menyehatkan tubuh terutama jika diolah sendiri di rumah. Cara membuat segelas jus buah anggur sangat mudah, biasanya jenis buah yang cocok dipakai untuk jus ini adalah jenis anggur merah. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari anda rutin mengkonsumis jus buah anggur seperti bisa untuk meningkatkan energi, mencegah diabetes, menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat, dan bagus untuk menjaga kesehatan kulit serta bisa untuk memutihkan gigi.

2/ Mengolahnya menjadi kismis

Olahan buah anggur yang kedua adalah kismis. Kismis terbuat dari bahan dasar utama yaitu buah anggur yang sudah melalui proses pengeringan untuk selanjutnya bisa langsung dimakan begitu saja atau difungsikan dalam beragam masakan seperti kue sebagai pelengkap. Memiliki bentuk kecil dan agak tidak menarik, kismis sudah melalui proses kristalisasi gula dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama dimana rasanya manis dan gurih. Kismis mengandung antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin C dan vitamin A dalam jumlah besar yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga daya tahan tubuh.

3/ Mengolahnya menjadi grape seed oil

Biji – biji anggur bisa diolah menjadi minyak yang disebut dengan istilah grape seed oil. Minyak biji buah anggur adalah sejenis minyak yang diolah melalui cara diekstrak dari biji anggur yang masih segar untuk mengumpulkan minyak yang diperlukan. Grape seed oil bermanfaat untuk merawat kulit wajah dan mencerahkan kulit tubuh serta sebagai antiaging dan mengencangkan kulit.

4/ Mengolahnya menjadi sultana

Yang dimaksud dengan sultana adalah anggur hijau tanpa biji yang sudah melalui proses pengeringan seperti halnya membuat kismis. Hanya saja terdapat perbedaan antara kismis dengan sultana yaitu sultana sebelum dikeringkan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam larutan yang terbuat dari bahan – bahan seperti air, potassium carbonate dan minyak sayur guna mempercepat proses pengeringan.

5/ Mengolahnya menjadi cuka anggur

Olahan buah anggur yang terakhir adalah cuka anggur. Negara – negara penghasil buah anggur terbesar di dunia sering mengolah buah anggur untuk dijadikan sebagai cuka anggur ketika sedang panen berlebihan. Hasil dari fermentasi buah anggur ini bermanfaat untuk campuran dressing salad seperti balsamic. Rasanya lezat.

Buah anggur adalah salah satu jenis buah meja yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Di samping itu bisa diolah menjadi beragam makanan kecil sebagai kudapan yang rasanya tak kalah segar dengan buah aslinya.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, menurunkan resiko penyakit ginjal, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan tulang anda, mecegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes, mencegah terjadinya degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata, menghindarkan anda dari penyakit kanker, dan mengendalikan tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai manfaat buah anggur. Semoga berguna.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Kadek Nila Utami 21
Novice

Kadek Nila Utami

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel