Tips Memilih Busana Pesta

29 Jan 2021 13:06 1329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perlu mengetahui bagaimana cara memilih kain yang cocok untuk sebuah gaun pesta yang erat hubungannya dengan tips memilih gaun pesta sehingga anda merasa nyaman dan penuh percaya diri mengenakannya.

Dalam pengertian luas busana adalah hal yang dipakai mulai dari kepala hingga ke ujung kaki yang memiliki fungsi untuk memberikan penampilan menarik dan kenyamanan bagi seseorang. Yang termasuk ke dalam busana pokok adalah seperti blus, baju, rok, kebaya dan ragam busana dalam. Busana adalah istilah yang berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu bhusana dimana dalam Bahasa Indonesia diberi arti pakaian. Tetapi jika terpisah, busana dan pakaian memiliki sedikit perbedaan yaitu kalau busana memiliki konotasi adalah pakaian yang serba bagus dan indah yaitu pakaian yang terlihat serasi dikenakan, selaras, harmonis, enak dipandang mata, pas dengan tubuh si pemakai serta sesuai dengan tempat dan kesempatan memakai pakaian tersebut. Sedangkan pakaian cenderung menjadi bagian kecil dari busana.

Dikenal juga istilah busana pesta yaitu semua jenis busana yang dikenakan dalam kesempatan berupa pesta dimana busana yang dipakai terbagi ke dalam beberapa waktu yaitu busana pesta pagi, siang, dan malam.

Menurut pendapat Enny Zuhny Khayati menjelaskan bahwa busana pesta malam merupakan salah satu jenis busana yang dikenakan pada kesempatan menghadiri sebuah pesta yang dilakukan pada waktu matahari terbenam hingga waktu akan berangkat tidur, baik itu yang memiliki sifat resmi ataupun yang bersifat santai atau tidak resmi. Sedangkan menurut pendapat Sri Widarwati mengungkapkan bahwa busana pesta adalah busana yang terbuat dari bahan – bahan yang serba bagus dan mahal dengan tambahan berupa hiasan menarik sehingga seseorang yang memakai busana tersebut akan tampil istimewa.

 

Ragam Kain Untuk Busana Pesta

Saat ini gaun pesta sudah menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi beberapa orang. Gaun – gaun pesta diperlukan bukan hanya untuk fungsi menghadiri perayaan besar sebuah pesta melainkan juga berlaku untuk pesta – pesta sederhana yang sekarang banyak digelar.

Hal utama yang perlu anda kenali sebelum memutuskan untuk memilih sebuah gaun pesta adalah berhubungan dengan pemilihan kain untuk gaun pesta tersebut. Guna mempermudah melakukannya maka melalui artikel kami kali ini akan memberikan beberapa informasi guna membantu anda menentukan karakter kain seperti apa yang bisa dipakai untuk mempercantik koleksi gaun pesta anda.  

1/ Jenis kain brokat

Jenis kain yang satu ini memiliki banyak motif seperti motif bunga atau motif – motif simetris yang menyebabkan kain brokat dapat memberikan kesan mewah dan elegan terhadap gaun pesta anda. Brokat bisa dipakai sendiri atau dikombinasikan dengan jenis kain lainnya. Beberapa jenis kain kombinasi dengan brokat yang pas adalah silk, satin, sutra, velvet atau katun. Pengaplikasian kain brokat direferensikan pada penggunaan baju model kebaya yang saat ini banyak dimodifikasi sehingga mampu tampil lebih modern.

2/ Jenis kain organza

Kain organza terkenal mampu mempercantik gaun pesta anda namun lazim diaplikasikan pada pemakaian hijab. Perhatikan karakter dari kain organza ini yaitu transparan sehingga untuk gaun pesta hanya berfungsi sebagai luaran saja artinya jika anda memilih kain ini sebagai bahan gaun pesta anda maka pastikan tambahkan bahan lain pada bagian dalamnya. Begitu juga dengan hijab. Pada umumnya selembar hijab dipakai untuk menutupi rambut anda maka disarankan menambahkan ciput atau sejenisnya saat kain ini dipilih untuk bahan hijab pesta anda. Perhatikan juga sifat dari kain organza yang mudah mengembang sehingga ada baiknya dipakai sebagai bahan tambahan saja yang berfungsi sebagai pemberi aksen mewah.

3/ Jenis kain satin

Kain satin erat hubungannya dengan gaun pesta malam yang serba gemerlap dan mengkilap saat terkena cahaya. Inilah yang membuat kain satin cukup sering diaplikasikan sebagai bahan gaun pesta. Kain satin mempunyai jenis yang banyak dimana yang paling terkenal adalah duchesse satin dan kain satin yang terbuat dari dua bahan yaitu campuran bahan sutra dan rayon lembut. Dikenal juga kain satin velvet yang cenderung lebih tebal dari kain satin biasanya.

4/ Bahan dari jenis embroider

Ini adalah kain untuk gaun pesta yang baru beredar di pasaran. Namun langsung melambung karena berkualitas. Karakter yang paling menonjol adalah sulaman pada bahan kain mampu memberikan kesan artistik dan anggun. Sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat sebuah gaun pesta. Bagus digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan kain yang lainnya. Namun tetap membutuhkan pemanfaatan kain pelapis di bagian dalam untuk memberikan kesan menawan.

5/ Bahan dari lace

Sekilas pandang bahan kain ini menyerupai kain brokat. Kain lace pada dasarnya berisikan renda – renda yang cantik dan tersusun rapi berbentuk bunga. Karena merupakan kain renda maka jarang sekali bahan ini dipakai sendiri dalam pengaplikasiannya sebagai sebuah gaun pesta. Lace bagus dikombinasikan dengan berbagai jenis kain lainnya seperti sutra, linen atau kain katun.  

6/ Jenis kain pesta dari bahan tulle

Saat ini kain jenis tulle masih jarang dipakai dalam pembuatan sebuah gaun pesta. Hanya terkenal diantara beberapa designer profesional saja karena hanya cocok digunakan sebagai bahan membuat gaun pesta saja. Bahan ini mampu memberikan kesan mewah dan elegan yang bersifat mudah mengembang serta tidak jatuh. Inilah yang menjadi kelebihan bahan kain ini. Karakter lain yang menonjol adalah mirip dengan kain organza yaitu cenderung transparan sehingga biasa dipakai untuk bagian luar gaun pesta agar terlihat lebih mengembang.

7/ Jenis kain lycra

Karakter yang menonjol dari bahan ini adalah lembut, licin dan elastis. Biasanya digunakan untuk gaun pesta yang dirancang fit to body yaitu menunjukkan lekuk tubuh yang indah. Lycra dalam bahasa yang lebih familiar disebut dengan kain spandex yang umum digunakan pada pakaian – pakaian kasual. 

 

Penggolongan Busana Pesta

Seperti dijelaskan tersebut di atas, Enny Zuhny Khayati dan Sri Widarwati mengelompokkan busana pesta menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut :

1/ Busana pesta pada waktu pagi atau siang hari

Adalah busana yang digunakan pada kesempatan pesta yang digelar antara pukul 09.00 sampai dengan 15.00. Busana – busana pesta ini terbuat dari bahan yang memiliki sifat halus, lembut, mudah menyerap keringat dan tidak terlalu berkilau. Untuk pemilihan warna disarankan memakai warna – warna lembut yang tidak terlalu gelap.

2/ Busana pesta pada waktu sore hari

Adalah busana pesta yang dikenakan pada waktu mengunjungi sebuah pesta di waktu sore menjelang malam. Pemilihan bahan untuk gaun pesta yang dimaksudkan adalah disarankan yang memiliki tekstur agak lembut dengan menonjolkan warna – warna bahan yang cerah atau cenderung agak gelap dan tidak mencolok.

3/ Busana pesta pada waktu malam hari

Busana pesta yang dimaksudkan adalah gaun pesta yang dikenakan ketika berkunjung ke suatu pesta yang dilakukan pada waktu malam hari dimana pemilihan bahan yang utama adalah memperhatikan tekstur lebih halus dan lembut. Buat mode busana yang tampil mewah cenderung berkesan glamour. Pilih warna – warna yang terang atau lebih mencolok dengan tambahan berupa hiasan yang bersifat lebih mewah.

4/ Busana pesta pada waktu malam hari yang resmi 

Busana pesta malam hari yang resmi merupakan salah satu jenis busana / gaun pesta yang wajib dikenakan ketika menghadiri pesta – pesta yang bersifat resmi. Mode yang dipilih biasanya sederhana berlengan tertutup sehingga yang memakai terlihat rapi dan sopan tanpa meninggalkan kesan mewah.

5/ Busana pesta malam gala

Gaun pesta malam gala merupakan salah satu jenis busana pesta yang dikenakan pada waktu malam hari untuk kesempatan menghadiri pesta – pesta yang digelar pada waktu malam hari. Busana yang dipilih adalah memakai mode terbuka, glamour, dan berkesan mewah. Contohnya adalah Backlees / model punggung terbuka, Busty Look / dada terbuka, Decolette Look / leher terbuka dan lain sebagainya.

 

Tips Memilih Busana Pesta

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips yang berhubungan dengan bagaimana cara memilih busana pesta yang pas untuk dikenakan pada sebuah pesta, antara lain sebagai berikut :

  • Disarankan untuk menyesuaikan dengan jenis acaranya.

  • Ketahui terlebih dahulu dimana tempat acara pesta tersebut digelar.

  • Perhatikan untuk pesta yang digelar di dalam ruangan dimana anda bisa lebih bebas untuk berekspresi yang tak terbatas pada waktu siang atau malam hari karena terlindung oleh bangunan.

  • Perhatikan acara seperti garden party.

  • Sesuaikan rancangan gaun pesta dengan konsep acara yang akan dihadiri.

Perlu mengetahui bagaimana cara memilih kain yang cocok untuk sebuah gaun pesta yang erat hubungannya dengan tips memilih gaun pesta sehingga anda merasa nyaman dan penuh percaya diri mengenakannya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang tips memilih busana pesta. Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel