Apa itu Motherboard?

14 Oct 2020 16:50 971 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Motherboard berfungsi sebagai konektor dari satu perangkat ke perangkat lain.

Pengertian Motherboard : 

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.

 

Desain Motherboard : 

Sebuah Komputer desktop pada umumnya memiliki mikroprosesor, memori utama, dan komponen penting lainnya yang terhubung ke papan induk. Komponen lain seperti penyimpanan eksternal, pengontrol untuk tampilan video dan suara, dan perangkat periferal dapat dipasang ke papan induk sebagai kartu plug-in atau melalui kabel; dalam mikrokomputer modern, semakin umum untuk mengintegrasikan beberapa periferal ini ke papan induk itu sendiri.

 

Sejarah Motherboard :

Sebelum penemuan mikroprosesor, komputer digital terdiri dari beberapa papan sirkuit cetak dalam kotak kandang kartu dengan komponen yang dihubungkan oleh bidang belakang, satu set soket yang saling berhubungan. Dalam desain yang sangat tua, kabel tembaga adalah koneksi terpisah antara pin konektor kartu, tetapi papan sirkuit tercetak segera menjadi praktik standar. Unit pemrosesan sentral (CPU), memori, dan periferal ditempatkan pada papan sirkuit tercetak individual, yang dihubungkan ke bidang belakang. Bus S-100 yang ada di mana-mana pada tahun 1970-an adalah contoh dari jenis sistem bidang belakang ini.

 

Fungsi Motherboard

(-) Motherboard memiliki papan sirkuit, dan pada papan sirkuit ini dirancang dengan jalur yang berbeda, yang dikenal sebagai buses. Fungsi motherboard melalui jalur tersebut berguna untuk mentransfer data ke semua komponen komputer.

(-) Fungsi motherboard yang berikutnya yaitu mengatur dalam mengedarkan daya untuk bagian-bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.

(-) Fungsi motherboard yang selanjutnya adalah sebagai pusat komunikasi ke seluruh komponen komputer yang terhubung, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.

(-) ROM (Read Only Memory) terpasang pada motherboard. ROM yang disimpan pada praprogram dikenal sebagai BIOS (Basic Input / Output System). Dan melalui BIOS ini fungsi motherboard memberikan bantuan untuk proses booting saat menyalakan daya komputer Anda.

(-) Fungsi motherboard yang terakhir yaitu memungkinkan menghubungkan berbagai komponen komputer langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Yaitu menghubungkan langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.

 

Bagian-bagian Motherboard : 

(-) Socket CPU

Socket CPU atau Processor Socket ini salah satu bagian dari motherboard. Ada dua tipe socket yang biasa digunakan, yaitu LIF dan ZIF. LIF sendiri ialah socket model lama singkatan dari Low Insertion Force. Sedangkan ZIF merupakan socket model baru. ZIF sendiri merupakan singkatan dari Zero Insertion Force. Sedangkan pada prosesor AMD menggunakan istilah sendiri yaitu socket A

(-) Konektor Power Supply Unit

Konektor power supply unit ialah sebuah pin yang menyambungkan antara motherboard dan juga power supply pada sebuah komputer. Selain itu, terdapat dua jenis konektor power supply, yaitu AT dan ATX.

(-) BIOS atau Basic Input-Output System

BIOS sendiri merupakan program dasar yang selalu digunakan antara sistem operasi dan juga motherboard. BIOS sendiri terdapat pada ROM atau Read Only Memory. BIOS inilah yang mengatur bagaimana suatu komponen bisa bekerja dengan terhubung pada motherboard.

(-) North bridge controller

Fungsi dari north bridge controller sendiri ialah untuk menghubungkan antara socket CPU, Slot RAM dan juga slot AGP. Selain itu, letak dari north bridge controller ini pun dekat dengan prosessor, sehingga north bridge controller merupakan salah satu komponen penting yang ada pada motherboard.

(-) South bridge controller

Untuk south bridge controller memiliki fungsi untuk mengatur kerja paeripheral yang ada di komputer. Seperti IDE controller, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, LAN, Modem dan fungsi lainnya.

(-) slot RAM

Sama seperti namanya, bagian pada motherboard ini berfungsi untuk menyisipkan atau meletakkan RAM. Pada motherboard baru, mereka akan menggunakan jenis DDR3.

(-) CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS ini adalah baterai yang ada pada motherboard. Baterai ini memiliki fungsi untuk memberikan daya pada sebuah memori di motherboard yang memiliki fungsi sebagai setting konfigurasi.

(-) Slot IDE dan SATA

IDE sendiri merupakan singkatan dari Integrated Device Electronic. Slot IDE sendiri memiliki fungsi untuk mendukung perangkay harddisk ataupun floppy disk.
Sedangkan SATA atau Serial Advance Tecnology Attachment berguna untuk menghubungkan serial ATA.

(-) Slot PCI

Slot ini kepanjangan dari Peripheral Component Interconnect. Fungsi dari slot PCI ini ialah untuk menyisipkan Add-on Card LAN ataupun sound bahkan TV Tunner.

(-) Slot AGP

Accelerated Graphics Port merupakan slot untuk memasukan AGP Card yang berfungsi menampilkan grafis pada layar komputer. Letak dari slot AGP ini pun bersebelahan dengan slot PCI.

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 15
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel