Perbedaan Komputer dengan Laptop

14 Oct 2020 12:50 218 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Komputer dan laptop merupakan alat yang biasa digunakan oleh para programmer untuk memprogram sebuah aplikasi atau website.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Sistem di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang ada.

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

 

Perbedaan secara umum : 

(-) Laptop hanya mampu untuk mengubah beberapa komponen yang berada didalamnya. Sedangkan komputer mampu untuk mengubah semua komponen yang berada didalamnya.

(-) Laptop dapat digunakan dimana saja. Sedangkan komputer harus berdiam ditempat.

(-) Laptop memiliki baterai sehingga tidak harus selalu terhubung dengan aliran listrik. Sedangkan komputer tidak memiliki kemampuan tersebut.

(-) Laptop memiliki daya yang lebih rendah. Sedangkan komputer dengan spesifikasi besar membutuhkan daya yang lebih tinggi.

(-) Laptop memiliki semua komponen untuk menjalankan perangkat. Sedangkan komputer membutuhkan komponen lainnya seperti mouse dan keyboard untuk melakukan operasi.

 

Perbedaan Harga/Biaya : 

Jika dilihat dari segi biayanya laptop dan komputer mempunyai perbedaan harga yang cukup mencolok, walaupun keduanya itu mempunyai spesifikasi yang sama. Harga laptop bisa jauh lebih menguras biaya jika dibandingkan dengan komputer walaupun spesifikasi yang dimiliki laptop dan komputer tersebut sama.

 

Perbedaan dari segi ergonomi : 

Desain laptop yang kompak membatasi pergerakan kita dalam menggunakannya. Kita tidak bisa menjauhkan atau mendekatkan keyboard atau mouse. Hal ini akan jauh lebih mudah dilakukan saat menggunakan komputer dekstop, sehingga mendukung kenyamanan pemakai.

 

Perbadaan dari segi energi listrik : 

Laptop menggunakan energi listrik jauh lebih sedikit daripada komputer. Laptop memiliki baterai sehingga bisa digunakan tanpa harus mencoloknya dengan listrik. Anda bisa mencharger kembali saat daya baterai habis. Sedangkan komputer hanya bisa menggunakan dengan dicolokan langsung ke listrik rumah.

 

Pebedaan kinerja : 

Jika berbicara tentang kinerja serta kemampuan dari laptop dan juga komputer, maka komputerlah yang akan jauh lebih unggul daripada dengan laptop. Mengapa? Karena komputer memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan laptop. Nah kapasitas yang dimaksud adalah hardisk, RAM, VGA, Processor, dan juga komponen-komponen komputer lainnya.

 

Perbedaan perakitan : 

Jika dilihat laptop dan komputer memiliki sistem perakitan yang berbeda. Jika ingin mempunyai pc atau personal computer tentu saja kita musti merakit lebih dulu pc tersebut agar dapat dipakai, berbeda dengan laptop yang di desain simple dan mudah dibawa kemana saja. 

 

Perbedaan kepraktisan : 

Dalam urusan kepraktisannya, laptop lah yang lebih unggul daripada komputer. Laptop didesain dengan body yang simpel dan juga praktis, serta komponen yang terdapat di laptop didesain dalam keadaan yang tidak terpisah-pisah atau menyatu. Sehingga laptop lebih mudah dibawa kemana-mana dan dipakai kapan saja. Sedangkan komputer mempunyai komponen yang di desain sevara terpisah, sehingga akan sangat repot jika membawanya kemana-mana. Serta penggunaannya yang harus terdapat sumber listrik.

 

Kesimpulan : 

 Kesimpulan dari ulasan perbandingan laptop dengan komputer di atas hanya satu. Yaitu, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya tidak bisa saling menggantikan, namun bisa saling melengkapi.

 

About The Author

Defa M 15
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel