Dorong Peningkatan Kecerdasaan Spasial di Tengah Pandemi, Universitas Esa Unggul Gelar Program Kemitraan Masyarkat

4 Nov 2020 13:50 1526 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Melalui Pemberian materi tersebut seluruh siswa yang mengikuti telah mencapai kemajuan yang berarti, siswa mampu mendeskripsikan objek rumah tinggal dengan lengkap sangat jelas dan dapat diindra oleh para pembaca.

Tim Dosen Universitas Esa Unggul yang terdiri dari Irma Damayantie, M.Ds S.Ds (Dosen Prodi DKV), Khusnul Fatonah, S.Pd, M.Pd (Dosen PGSD) dan Jerry Maratis, S.Ft., M.Fis (Fisioterapi) menggelar Program Kemitraan Masyarakat di  SMPN 220 Jakarta,  Sabtu, 15 Agustus 2020, yang dilaksanakan secara daring.

Irma Damayanti salah satu Dosen UEU yang mengikuti kegiatan ini mengatakan acara PKM ini dilaksanakan pada pukul 10.00 – 14.00 WIB dan dibagi menjadi dua part yakni pada pukul 10.00 – 11.30 WIB merupakan tahap penyajian materi dan tugas, sedangkan pada pukul 13.00 – 14.00 WIB akan dilakukan tahap penyegaran dan evaluasi.

“Saat hari pelaksanaan kegiatan, 6 siswa dari SMPN 220 mengikuti melalui Zoom Meeting dan sisanya mengikuti melalui WAG. Materi pertama diberikan oleh saya sendiri mengenai Pengantar Desain Ruang Interior, berisikan materi elemen dan prinsip desain, serta gambar-gambar desain ruangan.” ucapnya.

Dirinya pun melanjutkan Materi lanjutan disampaikan oleh Khusnul tentang Teks Deskripsi yang juga memuat tips dan trik membuat karangan tersebut. Setelah materi selesai disajikan, lanjut Irma para siswa di WAG dan Zoom Meeting diberikan waktu sekitar 1 jam 30 menit mengerjakan tugas. Jeda waktu juga digunakan untuk  istirahat, sholat, dan makan siang.

Irma menambahkan Tahap berikutnya dimulai pukul 13.00 WIB dengan senam peregangan yang dipandu oleh Jerry setelah para siswa mengumpulkan hasil karangan dan siap untuk dievaluasi. Hasil karangan deskripsi yang telah dievaluasi oleh tim dosen Universitas Esa Unggul kemudian dibahas satu per satu oleh Ibu Khusnul.

“Melalui Pemberian materi tersebut seluruh siswa yang mengikuti telah mencapai kemajuan yang berarti, siswa mampu mendeskripsikan objek rumah tinggal dengan lengkap sangat jelas dan dapat diindra oleh para pembaca,” ujarnya.

Dengan kegitan ini, lanjut Irma, Siswa mampu mendeskripsikan objek rumah tinggal dengan lengkap, sangat jelas, dan dapat diindra oleh pembaca. Siswa mampu menulis karangan deskripsi dengan memperhatikan unsur kohesi dan koherensi antar paragraf. Siswa mampu menulis lebih dari dua  paragraf deskripsi. Siswa cukup mampu menggunakan kalimat yang efektif dalam karangan deskripsi dengan kesalahan tata bahasa satu-tiga kesalahan.

“Tim PKM mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMPN 220 Jakarta yang telah membantu terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini,  Harapan ke depannya dari tim PKM Universitas Esa Unggul ini dapat berkesempatan menjalin mitra dengan pihak-pihak lain dalam program pengabdian kepada masyarakat yang berbeda” tutupnya. 

 

Tags

About The Author

rasyid23 28
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel