Perkembangan Teknologi di Indonesia

16 Sep 2020 08:20 137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi setiap manusia teknologi merupakan sebuah alat yang sangat membantu mempermudah pekerjaannya. Selain itu dengan adanya teknologi maka informasi akan dengan cepat tersebar.

Teknologi adalah sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah barang atau komponen yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. dengan adanya teknologi manusia akan lebih mudah dalam melakukan suatu pekerjaan.

Di zaman modernisasi ini perkembangan teknologi semakin cepat setiap hari selau ada sebuah teknologi canggih yang dibuat. Modernisasi sendiri adalah perubahan menuju ke arah yang lebih baik atau lebih maju, dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan teknologi seperti Handphone dan PC. 

Teknologi di Indonesia sudah bisa dikatakan teknologi yang maju, banyak sekali pengguna teknologi mulai dari yang tua hingga yang muda. Di zaman modernisasi ini manusia sangat bergantung pada teknologi. Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat.

 

1. Teknologi informasi pertama di Indonesia adalah Radio

Teknologi pertama yang ada di Indonesia adalah radio. Radio di indonesia bermula sejak pendiriannya pada tanggal 11 September 1945 dan Abdulrahman Saleh seabgai pemimpin umum RRI yang pertama. Pada saat itu radio di Indonesia (waktu itu bernama Nederlands Indie - Hindia Belanda) adalah Bataviase Radio Vereniging (BRV) di Batavia (Jakarta dulu).

 

2. Munculnya kehadiran stasiun radio lain

Munculnya stasiun lain membuat banyak orang mulai menggunakan radio sebagai alat informasi dan hiburan. Munculnya badan-badan radiosiarn lainnnya seperti Nederlandsch Indische Radio Omroep Masstchapyj (NIROM) di Jakarta, Bandung, dan Medan. Solossche Radio Vereniging (SRV) di Solo, dan masih banyak lagi.

 

3. Posisi radio perlahan mulai digantikan Televisi

Televisi di Indonesia dimulai saat TVRI sebagai stasiun televisi pertama yang ada pada tanggal 17 Agustus 1962. dengan siaran tentang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia dari halaman istana Merdeka, Jakarta. tetapi pada saat itu jarang orang yang memiliki televisi karna harganya yang mahal.

 

4. Dluncurkannya satelit setelah adanya televisi

Satelit yang pertama kali adalah satelit palapa yang diluncurkan pada tanggal 8 Juli 1967 oleh roket Amerika Serikat. nama Palapa sendiri diambil dari "Sumpah Palapa" yang pernah dicetuskan oleh Patih Gajah Mada dari Majapahit pada tahun 1334. RRI menyebarkan stasiun televisi di berbagai kota, Mulai dari Yogyakarta, Medan, Makassar, dan kota lainnya.

 

5. Munculnya stasiun televisi swasta 

Karena ditakutkan memberi informasi hanya pada satu jalur saja, maka munculah stasiun-stasiun televisi swasta. Pada tanggal 24 Agustus 1989, Presiden Soeharto meresmikan TV swasta pertama, yang dikelola oleh PT Rajawali Citra Televisi di Indonesia (RCTI), di Jakarta. Setelah itu hadirlah SCTV, ANTV, Indosiar dan lainnya.

 

6. Masuknya internet ke Indonesia

Sejarah internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Pada saat itu internet digunakan dengan semangat kerjasama, kekeluargaan dan gotong royong. Berbeda dengan perkembangan internet di indonesia yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya. Penggunaan awal internet di Indonesia tang memanfaatkan CIX (inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan WHOIS ARIN dan APNIC , protocol internet (IP) pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206/24) dan itu didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Namun pada saat itu banyak orang yang belum menggunakan internet. 

Pada tahun 1994, muncul perusahaan bernama IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya, yang diakui sebagai perusahaan ISP komersial pertama di Indonesia dan mulai dari sana orang-orang mulai tahu. Akses awal di IndoNet awalnya menggunakan mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX.

 

Untuk kedepannya tidak ada yang tahu bagaimana perkembangan teknologi di Indonesia, yang jelas semakin hari maka akan semakin canggih juga teknologi yang dihasilkan.

Tags Teknologi

About The Author

Defa M 15
Novice

Defa M

Nama lengkap saya adalah Defa Mulya Pratama, saya berada di kelas 12 yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel