Melihat Peluang Lulusan Bioteknologi di Masa Pandemi, Dari Jurnalis hingga Peneliti..

11 Aug 2020 18:30 1149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tetap berjuang di masa COVID-19

Esaunggul.ac.id, Pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi membuat ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masif dilakukan oleh sejumlah perusahaan dan Indutri. Hal ini pun memunculkan permasalah baru, mulai dari pengangguran dan meluasnya kemiskinan. Namun tahukah kamu, ditengah pandemi dan ancaman PHK saat ini, terdapat jurusan yang menjadi primadona bagi intansi perusahaan dan pemerintah untuk merekrutnya, Jurusan ini ialah Bioteknologi.

Dalam membahas peluang Lulusan Bioteknologi di masa Pandemi, Prodi Biotek UEU menggelar Webinar yang menghadirkan pembicara, Preclinic & Research Manager PT Soho Industri Farmasi, Poppy Arifin, Rabu 22 Juli 2020. Poppy mengatakan saat ini, karir seorang Bioteknologi terbuka sangat lebar apalagi ditengah pandemi yang sangat membutuhkan uji praklinik terhadap uji coba suatu vaksin. 

"Mulai dari Instansi Pemerintahan, hingga swasta saat ini sangat membutuhkan peran Bioteknologi, uji vaksin, steam cell hingga Screening Herbal Extract untuk potential herbal medicine," terangnya. 

Dirinya melanjutkan selain menjadi seorang peneliti di bidang medis kesehatan, lulusan Bioteknologi pun dapat berperan dalam bidang pendidikan menjadi seorang dosen,  dalam bidang perkebunan meneliti kultur jaringan, di bidang pangan hingga menjadi seorang jurnalis di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"Jadi kalian para lulusan Bioteknologi ini dibentuk untuk mampu menganalisa dan bereksperimen, bukan hanya menjadi seorang peneliti di bidang medis, kalian pun mampu berkarir di bidang pangan, pertanian hingga menjadi seorang jurnalis, di media-media kesehatan, karena masyarakat membuthkan seorang jurnalis yang memiliki tulisan yang mendalam terkait bidang kesehatan," tuturnya.

Dirinya pun berharap nantinya lulusan Bioteknologi mampu berperan dalam semua kondisi yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga peluang yang didapatkan seorang bioteknologi di masa depan nanti bukan hanya menjadi seorang pekerja namun mampu berkontribusi untuk menghasilkan lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda Indonesia. 

Tags

About The Author

rasyid23 23
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel