Bagaimana Guru BK Berperan Saat "New Normal?" Berikut Pembahasannya di Webinar UEU

6 Jul 2020 11:20 880 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Semoga instansi dan tenaga pendidikan untuk mampu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.

Universitas Esa Unggul meluncurkan Seri Webinar bertajuk peranan Guru BK Dalam Mempersiapkan Siswa Menengah Atas Memasuki Era "New Normal" , pada Selasa  (30/6/2020). Webinar ini sendiri ditujukan untuk guru Bimbing Konseling dan  insan pendidikan dari seluruh daerah di Indonesia. Seri Webinar ini diharapkan dapat menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang pembelajaran para guru pada masa pandemi Covid-19.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 353 Guru BK (Bimbingan Konseling) dari seluruh Indonesia ini, menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidang pendidikan seperti., Wakil Rektor Bidang Pembelajaran &Pengembangan Institusi UEU, Dr. Purwanto , SC,SP, M.Si., Ketua MGBK Jakarta, Dra. Ester Damanik, MPsi., MPd., Kon., Dosen Psikologi UEU, Veronica Kristiyani, S.Psi., M.Si., dan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Drs. Deni Vardiansyah, M.Si.

Dalam sambutan pembuka,Ketua MGBK Jakarta, Ester Damanik mengapresiasi kegiatan Webinar Universitas Esa Unggul karena dengan penyelenggaraan Webinar ini para Guru BK dapat saling bersilaturhami, dan meningkatkan skill serta pengetahuan dalam situasi Pandemi ini.

"saya dan semua rekan-rekan Guru Bimbingan Konseling seluruh Indonesia mengucapkan terima kasih karena Universitas Esa Unggul dapat memfasilitasi acara yang sangat luar biasa ini, apalagi dengan Webinar ini kami dapat bertemu dengan teman-teman dari seluruh daerah di Indonesia untuk bertukar informasi serta pengetahuan," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pembelajaran &Pengembangan Institusi UEU, Dr. Purwanto, SC,SP, M.Si menerangkan tantangan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan kedepan akan semakin berat, hal inilah yang mendasari instansi dan tenaga pendidikan untuk mampu bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.

Purwanto pun melanjutkan kedepan, tenaga pendidikan akan berubah perannya dari seorang "pemberi materi" menjadi "fasilitator" untuk anak-anak didiknya. Karena kedepan kita akan  Mengajarkan apa yang mereka butuhkan Bukan Mengajarkan apa yang kita bisa dan apa yang kita anggap penting. Apalagi dengan adanya wabah Corona yang menyerang masyarakat membuat, Guru BK sebagai sosok Guru yang memberikan Konseling kepada siswa sangat central perannya kepada siswa.

"Intinya kita harus membekali softskill kepada anak didik kita sebagai bekal mereka kedepannya, 5 softskill yang harus dimiliki di masa depan yakni Critical thinking & Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication dan Collaboration," tuturnya.

 

Testimoni dari Sejumlah Guru BK

Para peserta yang merupakan Guru Bimbingan Konseling dari seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua menyampaikan sejumlah testimoni terkait Webinar Universitas Esa Unggul. Salah satunya disampaikan oleh Guru BK MAN Jayapura. 

"Materinya sangat banyak sayang waktunya yang kurang..mudah-mudahan ada kegiatan berikut yang waktunya agak lama," tuturnya. 

Sementara itu sejumlah peserta juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Universitas Esa Unggul terkait Webinar ini,  seperti dari Arif Rahman dari SMK Muhammadiyah Lampung,  "Terimakasih atas materinya.. Salam dari Tanggamus Lampung,".

Kemudian adapula peserta yang berasal dari SMA Negeri 1 Muncang, Lebak banten, Yanuar Vista Winesda, S.Pd, yang mengucapkan "Terima kasih materinya bagus & sangat bermanfaat". Ucapan serupa juga datang dari Guru BK asal Palembang yakni, Ismi Jelita, "Terimakasih bapak/ibu narasumber atas materinyadari SMK Negeri 6 Palembang. dan Netty Siburiann yang berasal dari Pekanbaru, Riau, "Terimakasih Bapak/Ibu semuanya buat ilmu yang sudah disampaikan. dari SMK Dharma Loka Pekanbaru,."

Tags

About The Author

rasyid23 21
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel