Cerita Akbar, Mahasiswa FH UEU Raih Juara di ajang Legal Opinion Competition 2020

28 Jun 2020 08:25 823 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebuah kebanggaan tersendiri.

 

Kabar membanggakan kembali datang dari salah satu mahasiswa Universitas Esa Unggul yakni Akbar Apriansyah, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul yang meraih Juara III dalam Legal Opinion Competition pada The 9th Dies Natalis yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Binus University, Jakarta Barat, pada tanggal 10 Mei – 5 Juni 2019.

Dalam perlombaan tersebut Akbar bersaing dengan 33 mahasiswa/I Fakultas Hukum dari sejumlah Universitas di Indonesia. Pada proses perlombaan, di babak pertama akbar terlebih dahulu masuk kebabak penyisihan dengan kasus yang sudah ditentukan panitia selama 1 (satu bulan) dari tanggal 10 Mei-2 Juni 2020.

Akbar mengatakan selepas mengikuti tahap berkas, dirinya mengikuti babak penentuan peserta yang masuk final dan diumumkan pada tanggal 4 Juni. “Pada babak ini saya berhasil masuk ke final bersama 3 peserta lainnya, dalam babak ini kita diharuskan melakukan presentasi hasil legal Opinion kepada Dewan Juri melalui Video Conference Zoom,” terangnya.

Pada 18 Juni, Pengumuman terkait juara Legal Competition pun diumumkan, dan saat pengumuman Akbar berhasil meraih juara III dalam lomba Legal Opinion tersebut. Dirinya pun tidak menyangka, mendapatkan juara III dan menyisihkan sejumlah peserta yang merupakan perwakilan dari Universitas seluruh Indonesia.

“Bener-bener bersyukur mengikuti perlombaan ini, dan mampu mendapatkan juara dalam ajang ini, ini merupakan pengalaman yang berharga untuk meningkatkan pengetahuan saya,” terangnya.

Dirinya pun menceritakan bagaimana persiapan mengikuti perlombaan tersebut, selama 1 bulan Akbar menyiapkan konsep dan struktur untuk merampungkan Legal Opinion. Hal yang dihadapi oleh Akbar yakni dirinya menyusun LO dengan tidak didampingi oleh pembimbing yang lebih expert. Sehingga dirinya hanya mengandalkan pengalaman selama melakukan magang.

“Selama proses pembuatan LO semua itu based on experience yang mana sebelumnya aku sudah pernah membuat LO waktu semester 4 dan aku juga membuat LO saat magang dikantor hukum bulan januari kemarin. Jadi kurang lebih aku sudah tau sistematika penulisan LO, ditambah saaat lomba berlangsung aku mengikuti segala seminar yang berbau mengenai penulisan LO,” ujarnya.

Akbar pun berharap prestasi yang dapatkan olehnya tidak mengendurkan semangat untuk kembali meraih prestasi di sejumlah ajang bergengsi dan bagi teman-teman mahasiswa, harus dapat terus berprestasi dan berkreasi sesuai dengan bidang keilmuan.

“Mudah-mudahan prestasi ini mampu memberikan dorongan semnagat baik bagi saya maupun kepada seluruh mahasiswa UEU lainnya,” ucapnya.

Dalam ajang ini Akbar bersaing dengan mahasiswa yang berasal dari 7 Universitas di seluruh Indonesia yakni:

    Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
    Universitas Bina Nusantara, Jakarta
    Universitas Esa Unggul, Jakarta
    Universitas Airlangga, Surabaya
    Universitas Pancasila, Jakarta
    Universitas Katolik Indonesia Atmajaya, Jakarta
    STIH IBLAM, Jakarta

Tags

About The Author

rasyid23 22
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel