Mengapa India Dihuni Banyak Penduduk, Bahkan Digadang Menggeser Tiongkok?

3 Jun 2020 08:03 930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Diprediksi oleh PBB, India akan memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser China pada tahun 2027. Tidak lama lagi ya. Tapi skenario itu jika tidak terjadi suatu hal yang tidak diduga.

"Dulu desaku sepi, tapi sekarang padat penduduk seperti gang kelinci" ungkapan seperti itu nyata adanya memang. Kenyataan bahwa penduduk dunia semakin naik. Meski menurut berbagai pihak mengatakan pertumbuhan populasi belakangan mengalami perlambatan, namun tetap tumbuh. Nyatanya populasi manusia saat ini sejumlah 7,7 miliar jiwa. Dan diprediksi 2050 akan mencapai sekitar 10 miliar.

Dari jumlah populasi tersebut. Hanya 2 negara memiliki populasi diatas 1 miliar jiwa. Negara manakah tersebut? yang pasti bukan Indonesia. Melainkan Tiongkok dan India.

Sejauh ini kita tahunya Tiongkok menjadi negara terpadat populasinya di planet Bumi. Namun ternyata negeri Bollywood tampaknya mulai menyusul negeri Tirai Bambu tersebut.

Diprediksi oleh PBB, India akan memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser China pada tahun 2027. Tidak lama lagi ya. Tapi skenario itu jika tidak terjadi suatu hal yang tidak diduga.

Dan data sekarang memang menunjukan prediksi tersebut benar adanya. Saat ini jumlah penduduk Tiongkok dan India tidak terpaut jauh. Menurut data yang dirangkum Wikipedia (27 Mei 2020) Tiongkok masih memimpin tabel negara terpadat penduduk di dunia dengan 1.403.400.000 jiwa. Sementara India ada di peringkat dua berpenduduk 1.359.940.000 jiwa.

Bandingkan dengan data 2019 Menurut situs Geoba.se, Tiongkok memiliki 1.380.914.176 penduduk pada 2019. Sedangkan India memiliki penduduk sejumlah 1.311.559.168 pada 2019. Terlihat bahwa pertumbuhan populasi India mulai menyusul.

Lebih lanjut lagi PBB meramalkan sampai akhir abad kedepan, populasi India menjadi yang terpadat di dunia negara dengan hampir 1,5 miliar penduduk, diikuti oleh Cina dengan hanya di bawah 1,1 miliar, Nigeria dengan 733 juta, Amerika Serikat dengan 434 juta, dan Pakistan dengan 403 juta penduduk. Ya, Indonesia memang diprediksi jumlah penduduk tidak akan terlalu melonjak di masa depan. Dan perlu kamu tahu, ini bukanlah kabar buruk.

 

Lantas mengapa dengan India? Apa penyebab negeri Shahrukh Khan tersebut memiliki jumlah populasi terbesar?

Saat ini di dunia, hanya Tiongkok dan India yang memiliki populasi diatas 1 Miliar. Jauh meninggalkan negara lainnya.

300 tahun terakhir di India dan Tiongkok memang mengalami pertumbuhan penduduk mencapai 1 miliar populasi. Apa penyebabnya karena pertumbuhan penduduknya melaju dengan cepat dibanding negara lainnya?

Tidak juga. Karena laju pertumbuhan penduduk setiap negara relatif sama saja. Jika di India saat ini memiliki jumlah populasi yang banyak. Hal itu disebabkan karena sejak dulu negara tersebut sudah dihuni banyak penduduk. Sama halnya seperti Tiongkok dan juga Indonesia.

Misal seperti Indonesia, tentu kamu pernah baca sejarah kerajaan di Nusantara yang maju dan termasuk pusat perdagangan terkenal di dunia pada masanya. Dalam arti penduduknya sudah banyak sedari dulu. Di India juga kurang lebih sama. Sejak dulu memang di India sudah banyak penduduknya.

Jadi seumpama perdagangan saham disamakan dengan jumlah penduduk. Jika sejak awal kita punya saham dan investasi bernilai Rp. 1 miliar, sementara orang lain hanya Rp. 1 juta. Bila kondisi normal, maka yang dari awal sudah memiliki modal banyak maka menghasilkan keuntungan yang banyak pula. Kira-kira seperti itu persamaannya.

Jika memang sejak dulu di India sudah banyak penduduknya. Maka seterusnya akan tetap banyak penduduknya. Kecuali terjadi sesuatu yang tidak terduga.

 

Maka sekarang pertanyaannya, apa yang membuat India sudah ditinggal penduduk sejak dulu?

Banyak faktor sebenarnya yang membuat India dihuni banyak penduduk dibanding negara lainnya. Begitu juga dengan yang terjadi dengan Tiongkok.

Tapi dua hal berikut barangkali bisa menjelaskan "rahasia" padatnya penduduk di India, yakni, faktor wilayah dan pangan.

 

Pengaruh pangan dan luas wilayah.

Banyaknya penduduk suatu negara sebenarnya bukanlah keharusan bagi setiap negara. Ada negara yang luas tapi penduduknya tidak banyak, sebaliknya juga sama. Negaranya luas secara wilayahnya tapi penduduk sedikit.

Ketersedian pangan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang populasi yang banyak. Berbanding lurus dengan luas wilayah. Dalam kedua faktor tersebut, India memenuhi keduanya.

Secara keseluruhan negara-negara di Asia memiliki tanah yang subur dan bagus untuk bercocok tanam. Maka tidak heran, Asia menjadi benua terpadat populasi di dunia.

Di sejumlah negara di Asia juga ada yang bertanah subur. Namun karena luas wilayahnya kecil. Maka jumlah penduduknya tidak sebanyak India.

Begitu juga Rusia dan Kanada yang memiliki wilayah luas. Namun karena iklim yang kurang cocok untuk bercocok tanam. Maka penduduk di dua negara tersebut relatif tidak banyak.

Jadi seperti itulah jawaban dari pertanyaan mengapa India memiliki jumlah populasi salah satu terbanyak di dunia. Pertama karena memang sejak dulu wilayah India sudah dihuni banyak penduduk. Didorong faktor pangan dan luas wilayah yang memadai. Jika wilayah tersebut relatif damai dan tidak ada kondisi serius yang mengharuskan terjadinya eksodus penduduk.

Maka penduduk yang sudah lama mendiami wilayah India. Maka mereka seterusnya akan berada disitu dan beranak pinak. Seperti kita-kita sendiri saja,  jika sudah sejak lahir di Indonesia. Disini penghidupan memadai dan damai, maka mengapa harus pindah ketempat lain yang belum tentu lebih baik.
 

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 40
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel