Ini Dia Kelebihan dari Alat Pencukur Kumis dan Jenggot Elektrik

12 May 2020 16:20 300 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Masih belum move on dari alat cukur tradisional?

Mencukur kumis dan jenggot, adalah sebuah aktivitas yang pastinya hampir semua pria di dunia lakukan setiap beberapa hari sekali atau bahkan setiap hari demi menjaga penampilan mereka.

Berbagai merek alat cukur kumis & jenggot pun tercipta. Mulai dari merek yang sering kita lihat seperti Gillette hingga merek yang asing atau baru sekali ini kita lihat.

Bagi yang sangat mempedulikan penampilan, memilih alat pencukur terbaik dengan harga terjangkau dan memiliki tingkat safety yang tinggi pastinya menjadi prioritas. Seperti salah satunya menggunakan alat cukur elektrik.

Secara umum harga alat pencukur elektrik atau electric shaver itu rata-rata lebih mahal dibandingkan dengan alat cukur tradisional. Namun dari faktor usia pemakaian, pencukur elektrik biasanya memiliki masa penggunaan yang lama, khususnya pada blade atau pisaunya yang didesain memang untuk penggunaan jangka panjang. Bahkan sampai ada yang tidak perlu ganti pisaunya karena memiliki kemampuan untuk mengasah secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya kenapa alat cukur elektrik lebih direkomendasikan ketimbang alat cukur tradisional untuk sekarang ini, mari simak 4 kelebihan dari alat cukur kumis dan jenggot elektrik di bawah ini.

 

1. Kenyamanan

Walaupun yang namanya rasa nyaman itu berbeda bagi setiap orang ketika menggunakan alat cukur, terutama alat cukur elektrik. Satu hal yang kita tahu bahwa menggunakan alat cukur tradisional itu haruslah sangat hati-hati. Atau kalau tidak, butuh pengalaman yang banyak sebelum akhirnya bisa menggunakan alat cukur tersebut dengan ahli.

Berbeda ceritanya dengan electric shaver atau alat cukur elektrik yang bisa langsung digunakan, bahkan oleh mereka yang baru pertama kali mencukur kumis selama mereka terlebih dahulu mengacu pada manual atau petunjuk penggunaan alat pencukur elektrik tersebut yang kalau dibaca juga pasti akan sangat mudah dipahami.

 

2. Bisa Digunakan untuk Pencukuran Dry atau Wet

Ayah penulis pernah berkata bahwa di tahun 90-an alat cukur elektri itu tidak seaman sekarang. Apalagi dari segi fungsi juga memiliki keterbatasan seperti hanya bisa digunakan untuk pencukuran dalam keadaan kering.

Hal tersebut dikarenakan alat cukur elektrik pada masa itu belum memiliki ketahanan air. Sehingga banyak orang lebih memilih menggunakan alat tradisional karena hasil pencukuran dalam keadaan basah itu selalu lebih bersih dan lebih rapih.

Namun semuanya berubah ketika alat pencukur elektrik yang sudah memiliki sertifikat tahan air bahkan anti air muncul. Alat pencukur elektrik tersebut juga tidak kalah performanya dalam mencukur kumis dan jenggot.

 

3. Lebih Murah Secara Investasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga alat cukur elektrik itu hampir semuanya memiliki harga di atas alat cukur tradisional. Namun jika dilihat dalam penggunaan jangka panjang, maka alat cukur elektrik itu bisa dibilang lebih murah dibandingkan alat cukur tradisional.

Contoh saja sebuah alat cukur tradisional dengan performa yang baik itu memiliki harga sepuluh hingga lima belas ribu rupiah dengan masa pakai maksimal dua hingga empat minggu. Sedangkan sebuah alat cukur elektrik dengan performa baik bisa kita dapatkan dengan harga di bawah lima ratus ribu rupiah dengan masa pakai hingga lebih dari tiga tahun.

Jika kita bandingkan keduanya, maka jelas terlihat bahwa membeli alat cukur elektrik untuk jangka panjang itu lebih hemat dibandingkan dengan membeli alat cukur tradisional yang harus setiap beberapa minggu sekali ganti dengan yang baru.

 

4. Praktis dan Aman Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan pada nomor satu di atas, alat cukur elektrik itu sangatlah mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun selama mereka mengacu pada buku petunjuk yang disediakan.

Selain itu juga, waktu yang dibutuhkan untuk mencukur menggunakan alat cukur elektrik itu tidaklah lama seperti ketika kita menggunakan alat cukur tradisional yang memang membutuhkan fokus yang tinggi.

Tidak hanya itu, alat cukur elektrik ramah dompet yang dirilis pada tahun 2018 ke atas itu sudah memiliki sebuah fitur disebut skin protection yang mampu menjaga kulit dari timbulnya iritasi kulit atau bahkan hinggal luka seperti yang disebabkan oleh alat cukur tradisional karena kecerobohan kita.

 

Akhir Kata

Itulah 4 kelebihan alat cukur elektrik dibandingkan alat cukur tradisional. Walau memang hingga saat ini lebih banyak yang memilih alat cukur tradisional karena dari segi harga penggunaan jangka pendek memang murah dan tidak membutuhkan listrik juga. Tidak ada salahnya mencoba menggunakan produk hasil teknologi demi menghemat waktu dan merasakan keamanan dan kenyamanan yang tidak dimiliki produk tradisional. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel