Hobby di Tengah Pandemi

12 May 2020 14:15 253 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam kondisi seperti ini, tentunya membuat kita memikirkan berbagai hal baru hingga melakukan berbagai aktivitas baru. Dan tentunya tetap pada slogan Di Rumah Aja.

Di tengah pandemi Covid yang belum terlihat titik terangnya, mungkin kebanyakan kita sudah mulai bosan di rumah aja. Entah dimana ujung dari pandemi ini akan berakhir, atau kapan pandemi ini akan selesai. Beberapa orang kehilangan pekerjaannya, ada juga yang disuruh untuk bekerja di rumah. Kita dipaksa untuk beradaptasi dengan suasana baru seperti ini.

Dalam kondisi seperti ini, tentunya membuat kita memikirkan berbagai hal baru hingga melakukan berbagai aktivitas baru. Dan tentunya tetap pada slogan Di Rumah Aja.

Beberapa waktu lalu, mulai muncul trend minuman kopi yang disebut dengan Dalgona Coffe. Tentu kita tahu, salah satu faktor munculnya trend tersebut karena adanya pandemi ini. Kita dituntut untuk kreatif menikmati waktu-waktu yang kita lewati, meskipun diam rumah.

Bagi kalian yang bingung, ingin melakukan aktivitas apa selama pandemi ini. Nah, berikut ada beberapa referensi hoby menyenangkan yang bisa kalian lakukan meskipun tetap berada di rumah.

 

Membangun Taman Mini

Bercocok tanam bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan walau dari dalam rumah. Manfaatnya pun banyak sekali, mulai dari sekedar mengisi waktu luang hingga mempercantik bagian di rumah, misalkan halaman rumah. 

Dengan membangun mini taman dan menanam berbagai tanaman, bisa menjadi Stress Reliever di tengah pandemi Covid-19 ini. Terlebih lagi, jika kalian menanam berbagai sayuran sederhana seperti kangkung, bayam, ataupun tomat. Hasilnya pun bisa kalian olah menjadi masakan dan bisa dimakan. Bagaimana, menarik bukan?

 

Membuat Aquascape

Aquascape merupakan seni menata tanaman di dalam aquarium ataupun kotak akrilik. Masih dalam topik bercocok tanam, namun aquascape sangat berbeda dengan pembahasan sebelumnya. Untuk kegiatan yang satu ini, bisa dibilang sangat menyenangkan. 

Melihat keindahan aquascape, tentu sangat bisa mengurangi stress yang kita rasakan. Pun juga bisa mengistirahatkan mata dengan melihat landscape pemandangan yang indah dalam sebuah kotak akrilik.

Membangun aquascape bisa dibilang mudah, hanya saja membutuhkan ketelitian dan konsistensi. Dengan begitu sangat cocok jika dijadikan hobby baru untuk menikmati diamnya kita di rumah.

 

Belajar Editing Foto Dan Video

Dengan banyaknya waktu luang selama ini, mungkin belajar editing foto dan video bisa menjadi salah satu kegiatan positif yang sangat bermanfaat. Pun juga, bisa menjadi aset dan pengembangan skill untuk kalian. Sehingga, setelah selesai masa pandemi kalian akan memiliki kemampuan baru yang bernilai ekonomi.

Pasalnya, semakin hari juga semakin banyak usaha di bidang digital yang membutuhkan kedua kemampuan ini. Banyak kursus online yang membuka kelas seputar editing foto maupun video. Mulai dari kelas-kelas gratis di Youtube, hingga versi berbayar di Udemy ataupun platform lainnya. 

 

Belajar Memasak

Munculnya trending tentang Dalgona Coffe beberapa waktu lalu, tentu tak lepas dari hal-hal yang berbau "masakan". Meskipun bentuknya adalah minuman, barang satu ini lahir dari hasil kreatifitas dan inovasi masyarakat di tengah-tengah pandemi ini.

Dengan belajar memasak, tentu juga akan melatih skill baru untuk kalian. Tidak hanya berlaku untuk para wanita saja, namun para pria juga perlu mencobanya. Melalui masakan, kalian bisa mengekspresikan apa yang menjadi ide dan pikiran kalian. 

Kalian bisa mulai dengan membuat cemilan atau makanan ringan hingga makanan berat. Terlebih lagi bagi umat Islam, saat ini sedang berada di bulan Ramadhan. Dimana momentum ini sangat cocok untuk mengisi waktu ngabuburit kalian. 

 

Membaca Buku

Aktifitas membaca buku mungkin sangat mainstream dilakukan. Namun, kita tak bisa memungkiri bahwa dengan membaca buku kita bisa mendapatkan pengetahuan baru, wawasan baru, pola pikir baru, hingga sudut pandang baru.

Maka dari itu, dengan banyaknya waktu luang seperti sekarang ini kalian bisa memulai hobby baru ini. Jangan hanya terhalang dengan kalimat "wah aku ga suka baca", "wah tebel banget bukunya" dan lain sebagainya. Tapi mulai aja dulu, selanjutnya ikuti alurnya dan rasakan manfaatnya. Mulailah dengan bahan bacaan yang ringan. Seperti halnya novel, karya-karya dari Tere Liye, Okky Madasari, Eka Kurniawan, dan lain sebagainya bisa menjadi opsi untuk mengawali hobby yang super keren ini. 

 

Membuat Podcast

Bagi kalian yang suka bercerita, suka ngobrol, hingga suka ghibah sekalipun, cobalah beberapa platform podcast seperti Spotify ataupun yang lainnya untuk mengeskpresikan suara, ide dan keresahan kalian. Dengan begitu kalian tetap bisa berbagi hal-hal yang bermanfaat. Mulai dari hal yang receh ataupun humor hingga hal-hal positif seperti motivasi self development

Dengan podcast ini tentu kalian bisa menjangkau orang-orang yang belum tentu kalian kenal. Siapa tahu, dengan konsisten berbagai melalui podcast, suaramu dan dirimu akan lebih dianggap. Dan momentum sekarang ini adalah moment yang tepat untuk kamu memulai.

Itulah 6 hobby positif dan super duper keren yang bisa kalian lakukan dari dalam rumah. Harapannya, setelah selesai pandemi ini kita mampu memiliki minimal satu skill baru. Sehingga dengan banyaknya waktu luang yang ada, tidak terlewati begitu saja.

Tips utama dari semua itu adalah, Mulai Aja Dulu. Dan nikmati proses serta alurnya.   

 

About The Author

Ade Rizki 7
Novice

Ade Rizki

Seorang yang dinamis dan suka berpetualang. Hobby membaca, menulis, dan naik gunung. Mari berteman :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ade Rizki