5 Rekomendasi Kerja Online & Bisnis Untuk Pelajar

27 Apr 2020 15:40 492 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut 5 rekomendasi kerja online dan juga bisnis yang cocok untuk pelajar, yuk simak selengkapnya!

Sebagai seorang pelajar tentunya kita ingin mendapatkan uang tambahan. Semoga dengan uang tambahan tersebut harapannya kita bisa meringankan beban orang tua. Selain itu uang tambahan tersebut tentunya bisa kita gunakan untuk kegiatan kita sendiri yang lebih bermanfaat. Salah satu usaha yang dapat  menghasilkan uang untuk pelajar adalah dengan cara membuka usaha kecil-kecilan maupun bekerja secara freelance di platform online.

Bekerja secara online maupun mulai usaha sejak dini membantu kita melatih skill untuk lebih mandiri dan terhindar dari  keterpurukan di masa yang akan datang.  Tidak bergantung lagi kepada orang lain untuk bisa melanjutkan hidup.

Seperti kata pepatah yaitu "Berdiri diatas kaki sendiri" yang artinya kita harus berusaha sendiri sesuai dengan kemampuan yang kita miliki tanpa bergantung dengan kemampuan orang lain.

Nah bagi Anda yang masih bingung pekerjaan seperti apa sih yang cocok untuk pelajar.  

 

Berikut ini 5 rekomendasi usaha dan kerja online untuk pelajar:

1. Menjadi graphic designer/video maker

5 Rekomendasi Kerja Online & Bisnis Untuk Pelajar

Yang bagus dan cocok untuk pelajar adalah jadi seorang graphic designer maupun video maker.

Saat ini sedang gencar-gencarnya platform internet marketing yang memanfaatkan jasa dari seorang grafik desainer maupun video maker.

Anda bisa melatih skill sebagai seorang graphic designer sekaligus membuat portofolio dengan cara mencari job online pada situs-situs freelance yang ada di Indonesia.

Seperti freelancer.com, sribulancer.com, project.co.id, situs freelance lainnya yang membuka lowongan graphic designer maupun video maker.

Tentunya sebelum anda memulai untuk melamar pekerjaan tersebut Anda harus bisa dan menguasai skill tersebut,  sehingga klien tidak ragu bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk project yang dimiliki klien.

Anda harus memperlihatkan kelebihan yang anda miliki dengan menyajikan karya yang telah anda buat sebelumnya.

Jadi bagi Anda yang berniat melamar bekerja online sebagai profesi desainer sebaiknya buat terlebih dahulu portofolio yang menarik dari original buatan sendiri.

 

2. Menjual pulsa dan paket data

Rekomendasi pekerjaan untuk belajar yang kedua adalah menjual pulsa maupun paket data, jika anda sedang bingung mencari hal apa yang harus dikerjakan untuk menambah uang saku.  

Anda bisa menjajal bisnis menjual pulsa maupun paket data ini, ada beberapa online marketplace yang memudahkan Anda berjualan pulsa.

Yang bisa anda manfaatkan untuk menjual paket data ke orang lain antara lain Mitra Tokopedia, Mitra Bukalapak dan aplikasi lainnya yang menyediakan pulsa maupun paket data dengan harga murah.

Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut.

Selain menjual pulsa dan paket data, Anda juga bisa menjual berbagai jenis produk digital seperti voucher game, tagihan listrik atau PLN, serta produk digital lainnya.

Jika anda tinggal di desa hal ini merupakan kesempatan atau peluang bagus bagi anda untuk dikerjakan.

 

3. Berjualan online di marketplace

5 Rekomendasi Kerja Online & Bisnis Untuk Pelajar

Rekomendasi pekerjaan online untuk pelajar yang ke-3 adalah dengan cara berjualan online di marketplace.  Menjadi seorang seller di marketplace merupakan hal yang bagus untuk pelajar. Namun sebelum anda memulai berjualan marketplace Anda harus mengetahui tiga jenis seller terlebih dahulu.

  • Produsen

Jenis penjual di marketplace yang pertama ini adalah produsen, produsen merupakan penjual yang melakukan produksi sendiri terhadap produk yang akan dijual.

Sebagai contoh misalkan berjualan produk  fashion, Anda harus melakukan produksi sendiri termasuk menyiapkan berbagai alat maupun mesin untuk melakukan produksi tersebut, termasuk karyawan, serta operasional yang lainnya.

Namun bagi belajar menjadi seorang produsen tidaklah memungkinkan, kecuali Anda disupport oleh orang tua yang memiliki banyak modal, maka anda bisa menjadi seller dengan jenis produsen ini. Jika Anda belum memiliki pengalaman dan belum paham akan apa-apa Anda bisa berjualan dengan jenis reseller.

 

  • Reseller

Nah yang kedua ini adalah reseller, reseller atau menjual kembali merupakan cara yang praktis dan dari segi keuntungan  lumayan menjanjikan, menjadi seorang reseller tidak membutuhkan modal yang besar seperti menjadi seorang produsen.

Karena dengan uang dengan nominal di bawah Rp. 1.000.000 pun anda sudah bisa menjadi reseller. Sebagai contoh anda mengambil barang  atau produk  ke supplier  dengan kuantitas tertentu, misalkan 5 lusin, nantinya anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah Jika Anda membeli langsung secara eceran di supplier tersebut.

Kelebihan dari seorang reseller adalah Anda bisa mengatur sendiri jalur distribusi atau pengiriman yang anda kehendaki.

 

  • Dropshipper

Jenis seller yang ketiga dan merupakan jenis seller yang paling mudah karena modal yang minim adalah dropshipper. Dropshipper adalah seorang penjual yang  bisa dibilang hanya menjual foto saja kepada konsumen.  Kenapa bisa disebut seperti itu?  Karena seorang dropshipper tidak memiliki stok secara fisik gudangnya sendiri. 

Cara kerja dari seorang dropshipper adalah pertama harus mencari supplier, kemudian dropshipper memajang foto-foto dari supplier tersebut,  tentunya anda harus melakukan editing terhadap foto tersebut, sehingga terdapat perbedaan antara produk yang Anda jual dengan produk milik supplier di mata customer.  

Kemudian jika ada pembeli yang melakukan order ke akun seller Anda, kemudian anda mengalihkan informasi order tersebut ke supplier, Anda menalangi produk tersebut terlebih dahulu atau Anda yang membayar ke supplier. Kemudian supplier Anda yang akan mengirimkan produk tersebut ke ke alamat customer, tentunya dengan nama anda sendiri maupun nama toko yang Anda buat.

 

4. Menjual foto

5 Rekomendasi Kerja Online & Bisnis Untuk PelajarPekerjaan yang bisa dilakukan secara online untuk pelajar yang keempat adalah menjual foto.  

Jika anda memiliki modal kamera maupun smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi, Anda bisa mencoba untuk menjajal pekerjaan ini.  Anda bisa bebas memotret berbagai macam objek yang ada di sekitar Anda,  tentunya Anda harus memperhatikan berbagai komposisi pada photo tersebut sehingga menghasilkan foto yang menarik  dan bagus.  Sehingga diharapkan foto anda tersebut bisa memiliki kesempatan untuk terjual lebih besar.

Rekomendasi menjual foto secara online diantaranya adalah shutterstock.com, 123RF, istockphoto, dan situs yang lainnya.

 

5. Menjadi blogger/youtuber

Menjadi seorang blogger atau youtuber

Hal yang kelima adalah menjadi seorang blogger maupun youtuber,  jika anda merasa memiliki waktu luang yang begitu banyak Anda bisa mencoba bekerja secara online menjadi seorang blogger maupun youtuber.  

Jika anda hobi menulis dan menuangkan ide-ide kreatif melalui tulisan, menjadi seorang blogger merupakan pilihan yang tepat.

Namun bagi Anda yang mumet melihat tulisan, menjadi seorang youtuber dengan menunjukkan karya-karya video Anda yang terlihat kreatif dan inovatif merupakan pilihan alternatif.  

Menjadi seorang blogger maupun youtuber tidak semudah yang seperti anda bayangkan, Anda harus memahami berbagai hal-hal teknis yang berkaitan dengan blogger dan youtube, seperti sedikit skill bahasa pemrograman bagi blogger, search engine optimization, algoritma google, dan juga teknik menulis yang baik, terstruktur, dan minimal sesuai dengan EYD.

Nah itulah 5 rekomendasi  pekerjaan maupun bisnis yang bisa anda kerjakan secara online, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya.

Sekian dari saya Ngurah Zena, terima kasih.

Tags

About The Author

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika 9
Novice

I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika

Hai saya Ngurah Zena, saya adalah seorang blogger pemula yang gemar akan sharing ilmu, khususnya dibidang bisnis, finansial, dan juga seputar teknologi. Saya juga menjadi Seller di marketplace dengan nama toko "Rocket Bali", toko tersebut bisa kamu temukan di tokopedia, shopee, bukalapak, maupun lazada ya. Di toko tersebut saya menjual produk fashion dengan nuansa pantai, lebih tepatnya Tropical Shirt dengan brand Rocket Bali, yuk langsung meluncur ke salah satu merchant saya dan order produk limited edition dari Rocket Bali.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From I Gusti Ngurah Zena Sudiatmika