PeduliLindungi, Aplikasi Penghenti Penyebaran COVID-19

16 Apr 2020 11:30 1036 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk gunakan aplikasi ini sebagai wujud partisipasi kita membantu pemerintah menghentikan penyebaran COVID-19.

Disaat penyebaran COVID-19 di Indonesia yang kurvanya semakin hari semakin meningkat, pemerintah melakukan berbagai cara untuk menghentikan penyebaran virus yang hingga saat ini obatnya belum ditemukan tersebut.

Dari berbagai cara seperti sosialisasi untuk tetap tinggal di rumah, memakai masker ketika keluar rumah, dan penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah, pemerintah juga menggunakan media internet untuk menyebarkan aplikasi yang fungsinya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan seseorang serta memberitahu ketika seseorang masuk ke zona merah atau zona aman COVID-19.

Nama aplikasi tersebut adalah PeduliLindungi.

Aplikasi yang dapat Anda temukan di Google PlayStore dan App Store Apple ini adalah aplikasi yang menggunakan bluetooth dan layanan GPS pada smartphone Anda untuk melacak atau melakukan pinpoint pada lokasi dimana Anda berada saat ini kemudian memberikan informasi jika Anda mendekati zona merah yaitu zona tempat ditemukannya PDP atau mereka yang positif terinfeksi virus COVID-19.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dipastikan akan lebih waspada dengan wilayah yang Anda akan masuki tersebut. Apakah sudah menggunakan perlengkapan seperti masker atau belum. Kemudian setelah keluar dari zona tersebut apakah Anda langsung mencuci pakaian Anda serta mencuci tangan Anda. Atau apakah Anda tidak jadi masuk ke wilayah tersebut karena Anda tidak memiliki perlengkapan yang pas dan tidak ingin mengambil resiko untuk memasuki wilayah red zone tersebut.

Selain memberi tahu Anda ketika Anda berada dekat dengan red zone COVID-19 ataupun sedang berada di Zona aman dari COVID-19. Aplikasi PeduliLindungi juga akan memberi tahu Anda ketika Anda sudah terlalu lama di keramaian. Dimana terlalu lama di pusat keramaian berarti potensi Anda untuk tertular semakin tinggi.

Cara menggunakan Aplikasi ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi Link di bawah ini kemudian mengunduh aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi tersebut dan lewati langkah-langkah yang ada pada layar smartphone Anda.

 

PeduliLindungi untuk Android: Klik disini!

PeduliLindungi untuk App Store Apple: Klik disini!

 

Untuk mengetahui aplikasi ini aktif atau tidak, Anda hanya perlu memperhatikan jendela notifikasi Anda. Apakah ada tulisan seperti pada tangkapan layar di bawah ini atau tidak. Jika ada maka aplikasi tersebut bekerja dengan normal. Namun jika tidak ada, coba matikan ulang smartphone Anda. Jika masih belum ada juga, Anda bisa coba mengunduh ulang dari toko aplikasi di atas dengan sebelumnya melakukan penghapusan aplikasi terlebih dahulu.

 

Sekian saja pembahasan singkat mengenai aplikasi yang menurut pemerintah dapat mengurangi bahkan menghentikan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Yuk berpartisipasi! -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel