5 Langkah Mudah Mendaftar Kartu Prakerja

13 Apr 2020 11:30 273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kartu prakerja besutan presiden Jokowi sudah bisa daftar lho! Bisa untuk yang masih bekerja juga!

Masih ingat janji bapak presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab dipanggil pak Jokowi saat beliau kampanye?

Ya, deretan kartu yang diklaim akan memberikan manfaat yang besar bagi warga Indonesia. Salah satu diantaranya adalah kartu prakerja, yaitu kartu yang diperuntukkan untuk mereka yang belum memiliki pekerjaan dan juga sudah bekerja.

Dikebut demi mengatasi dampak virus COVID-19, kartu prakerja ini akan bisa dimanfaatkan terutama bagi mereka yang sudah menjadi korban keganasan Corona dari segi ekonomi untuk menyambung hidup.

Setiap orang yang berhasil terdaftar dan kemudian mendapatkan kartu prakerja akan mendapatkan honor atau insentif dengan total 1 juta rupiah dari sebelumnya hanya 650 ribu rupiah saja.

Bagi Anda yang sudah tidak bekerja ataupun masih bekerja, Anda sudah mulai daftar kartu prakerja dengan mengakses situs prakerja.go.id.

Untuk langkah daftarnya sendiri sangat mudah. Namun sebelum ke langkah-langkah awal, ada baiknya Anda siapkan smartphone dengan foto KTP Anda bagian depan saja dan juga Foto selfie Anda bersama KTP. Perlu diperhatikan bahwa foto KTP dan foto selfie ketika sedang memegang KTP haruslah jelas agar pendaftaran Anda dapat diterima.

Jika langkah di atas sudah Anda persiapkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai pendaftaran kartu prakerja presiden Jokowi.

 

1. Daftar menggunakan Email yang Anda Miliki

Perlu diketahui bahwa email yang digunakan untuk mendaftar ini adalah email yang masih aktif dan terverifikasi langsung menggunakan nomor smartphone Anda. Setelah email yang Anda gunakan sudah dipastikan milik Anda sendiri dan juga masih aktif, isi password dengan susunan kata dan huruf pilihan Anda. Setelah itu, dilanjutkan dengan menceklis “saya menyetujui syarat dan ketentuan….” kemudian klik pada tombol “Daftar”.

 

2. Verifikasi dan Login

Setelah mengklik daftar, sebuah email dari situs tersebut akan masuk ke email Anda. Disini yang harus Anda lakukan adalah login ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar kemudian cari surat elektronik atau email baru yang isinya adalah permintaan untuk verifikasi akun prakerja milik Anda. Setelah Anda menemukan email baru tersebut, klik “Verifikasi” untuk kemudian ditujukan ke tampilan login dari prakerja.go.id.

Di tampilan login, isi “Alamat Email” dan “Password” dengan email dan password yang sudah dibuat pada tahapan pertama di atas.

 

3. Verifikasi KTP, Data Diri dan Nomor HP

Pada langkah ketiga ini adalah langkah dimana Anda akan mengisi nomor KTP Anda, tanggal lahir, serta data diri lainnya. Untuk data-data disini, tentunya data yang Anda input tersebut haruslah valid atau benar adanya. Karena kalau sampai datanya salah, besar kemungkinan pendaftaran Anda akan ditolak dan Anda pun gagal mendapatkan kartu prakerja.

 

4. Mengikuti Tes Seleksi

Setelah pengisian data diri selesai, langkah selanjutnya adalah mengikuti sebuah tes kemampuan umum. Disini Anda sebaiknya mempersiapkan kalkulator, kertas satu lembar beserta pulpen agar nantinya ketika masuk bidang hitung-menghitung Anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk menyiapkan peralatan tersebut.

Setelah peralatan tempur siap, barulah Anda mulai tes seleksi tersebut. Jangan khawatir, soalnya hanya seputar kemampuan umum saja. Tidak ada soal berbahasa Inggris ataupun soal matematika dengan rumus-rumus yang membuat rambut Anda rontok.

 

5. Bergabung dengan Gelombang Tes Seleksi Selanjutnya

Selesai menjawab semua pertanyaan yang tersedia, Anda akan ditujukan ke halaman baru dimana Anda bisa bergabung dengan gelombang seleksi lanjutan yang Ada dengan tanggal yang belum diketahui. Karena terakhir penulis lihat, pendaftaran untuk gelombang satu baru berakhir pada tanggal 16 April 2020 mendatang.

Jadi, bergabung saja dulu dan tunggu kelanjutan seleksinya.

 

Penutup

Itulah tahapan-tahapan atau langkah-langkah mudah mendaftar kartu prakerja terobosan bapak presiden Joko Widodo. Sebagai informasi tambahan, kartu prakerja saat ini akan diproritaskan untuk mereka yang telah kehilangan pekerjaannya atau belum bekerja ketimbang mereka yang masih bekerja. Jadi, bagi Anda yang masih bekerja dan bingung kenapa pendaftaran Anda belum diterima, berarti pemerintah masih memprioritaskan mereka yang belum bekerja atau sudah tidak bekerja lagi. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel