5 negara dengan Positif Covid-19 Tertinggi di Dunia

17 Mar 2020 20:10 971 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Indonesia tidak ada dalam list ini. Tapi bukan berarti bisa bersantai-santai.

Virus Covid-19 dan penyebarannya hingga sekarang.

Sudah menjadi rahasia umum kalau Virus Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona adalah sebuah pandemic yang di Indonesia ini meresahkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Selain penyebarannya yang bisa dibilang sangat cepat, virus Covid-19 juga hingga saat ini belum ada obatnya dan hanya mengandalkan imunitas atau ketahanan dari tubuh kita.

Di Indonesia sendiri, bisa dibilang saat ini kita termasuk beruntung karena walaupun belum ada lockdown sama sekali dari pemerintah pusat, penyebaran virus di Indonesia terbilang kecil. Mulai dari jumlah kasus yang hingga saat ini diketahui sebanyak 134 kasus positif corona, 5 meninggal dan 8 sembuh.

Dikatakan penyebaran di Indonesia termasuk kecil karena ada 5 negara yang jumlah kasusnya hingga puluhan ribu. Data-datanya bisa dilihat di bawah ini yang dilansir dari Roylab Stats.

 

 

1. China, Mainland

Negeri tirai bambu ini adalah negeri dimana virus Covid-19 ini muncul untuk pertama kalinya. Awalnya, hanya di China saja yang ramai soal virus ini. Namun, lama-kelamaan virus ini mulai ramai diperbincangkan karena mulai banyak yang positif terjangkit virus ini selain di China.

Hingga saat artikel ini dibuat, ada 80,860 kasus positif Corona di China, dimana 67,816 diantaranya berhasil sembuh. Sedangkan 3,213 lainnya meninggal dunia.

Walaupun jumlah yang positif banyak, tingkat kesembuhannya pun cukup tinggi. Hal ini membuat China dan negara-negara lainnya yakin bahwa mortality rate dari virus ini cukup rendah dibandingkan penyakit-penyakit lainnya.

 

 

2. Italia

Negeri tempat dimana menara Pisa berdiri ini adalah negara yang terjangkit Covid-19 kedua terbesar setelah China. Hal ini dikarenakan hubungan di sektor pariwisata antara China dan italia meningkat sesaat sebelum Covid-19 mulai muncul.

Meningkatnya sektor pariwisata kedua negara tersebut menyebabkan banyaknya turis China yang masuk ke Italia dan sebaliknya. Keluar masuk turis inilah yang menyebabkan penyebaran Covid-19 di Italia sangat cepat. Apalagi pada waktu itu belum ada yang namanya thermal scanner di bandara-bandara.

Hingga saat ini, ada 27,980 kasus positif Corona dengan jumlah kematian akibat virus tersebut adalah sebanyak 2,158 jiwa dan yang sembuh sendiri sebanyak 2,749. Jumlah kematian yang terbilang sangat banyak jika dibandingkan dengan China.

Kewalahan dengan peningkatan kasus positif Corona yang signifikan, Italia pun akhirnya menerapkan sistem lockdown ke lokasi-lokasi yang menjadi pusat penyebaran Covid-19.

 

 

3. Iran

Dengan jumlah kasus positif hingga sekarang ini sebanyak 14,991 jiwa, salah satu negeri di timur tengah ini menempati peringkat ke-3 terbanyak untuk negara-negara yang memiliki tingkat penyebaran Covid-19 tertinggi di dunia.

Iran memiliki keunikan tersendiri soal penyebaran Covid-19 ini. Menurut informasi yang beredar di internet, kebanyakan warga yang terjangkit Covid-19 ini untuk pertama kalinya adalah mereka para pejabat-pejabat pemerintahan senior di negeri tersebut.

Jumlah kematian di Iran yang diakibatkan oleh Covid-19 ini adalah 853 jiwa. Sedangkan mereka yang sembuh mencapai 4,996 jiwa.

 

 

4. Spanyol

Negara selanjutnya yang menjadi negara dengan tingkat penyebaran Covid-19 tertinggi pada peringkat ke-4 adalah sebuah negara yang dikenal dengan julukan negeri matador.

Dengan pusat penyebarannya di kota Madrid, hingga sekarang ini setidaknya ada 9,437 kasus positif Covid-19, dengan jumlah kematian mencapai 342 orang dan sembuh sebanyak 530 orang. Saat ini, Spanyol pun menerapkan lockdown di beberapa wilayahnya untuk menahan penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat.

 

 

5. Korea Selatan

Negara selanjutnya yang menjadi pusat penyebaran Covid-19 dengan jumlah kasus pada peringkat ke-5 adalah Korea Selatan. Negara yang bertetanggaan langsung dengan China ini bisa dibilang menjadi negara yang cepat tanggap dalam penyebaran virus Corona ini karena dari total kasus hingga sekarang yang mencapai 8,236 kasus, 1,137 diantaranya berhasil sembuh dan 81 diantaranya meninggal dunia.

Kasus Covid-19 di Korea Selatan ini cukup memukul perekonomian negara tersebut karena dua dari sumber penghasilan utama negara tersebut (pariwisata dan hiburan) menjadi sepi seketika.

 

 

Akhir Kata

Itulah kelima negara di dunia yang hingga saat ini menjadi negara-negara dengan penyebaran virus corona atau Covid-19 tertinggi di dunia. Indonesia mungkin saat ini belum berada pada list 5 besar tersebut. Hal ini tentunya bergantung pada kita sebagai penduduk Indonesia dengan gaya hidupnya. Serta pemerintah yang menuntun dan mengatur agar Covid-19 tidak masuk ke Indonesia dengan mudahnya. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel