Terapkan E-Learning, Universitas Esa Unggul Sigap Hadapi Corona

17 Mar 2020 11:20 618 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Walaupun sedang ramai Corona, belajar harus tetap jalan.


Siaga Hadapi Penyebaran Corona, Universitas Esa Unggul Instruksikan Meliburkan Kuliah dan Maksimalkan E-Learning

Universitas Esa Unggul memberlakukan status Siaga Covid-19 atau Corona. Status tersebut tertuang dalam Surat Edaran No.26/R/UEU/III/2020, yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU

Dikeluarkanya Surat Edaran tersebut, untuk menanggapi perkembangan Virus corona yang statusnya berubah dari Public Health Emergency of International Concern menjadi Pandemi, oleh WHO dan mengikuti Instruksi Menteri Pendidikan tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan. 

Dengan Status Siaga yang diberlakukan oleh Universitas Esa Unggul berimbas pada kegiatan Akademik Sivitas UEU. Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU, menjelaskan Kebijakan awal yang diambil Kampus ialah meliburkan perkuliahan di 4 Lokasi Kampus yakni Kebon Jeruk, Bekasi, Citra Raya dan Gading Serpong. Kebijakan ini diambil mulai tanggal 16 Maret s/d 21 Maret 2020. 

Arief melanjutkan selama status Siaga ini, Metode pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan Belajar Mengajar di Universitas Esa Unggul akan memfokuskan pada metode E-Learning (Kuliah Online). Pemberlakuan Kuliah Online ini akan dimulai pada 23 Maret hingga batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. 

"Dekan dan Ketua Program Studi  bertanggung jawab penuh terhadap ketersedian bahan ajar dari setiap Dosen, bahan ajar yang dipersiapkan selama 5 pertemuan yang terdiri dari video, modul dan tugas, semua bahan dikumpulkan oleh dosen dalam bentuk Flashdisk atau Google Drive," Ujar Arief dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Aktivitas Akademik seperti Sidang Proposal, Skripsi dan Thesis  Arief melanjutkan diperbolehkan untuk tetap dilaksanakan sepanjang mematuhi protokol penyebaran Covid-19 dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. "Untuk aktivitas praktikum akan diatur selanjutnya setelah dinyatakan kondisi aman, bebas dari Covid-19." terangnya.

Arief pun berharap Pandemi Corona segera berakhir, sehingga kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Universitas Esa Unggul dapat berjalan kembali dengan baik. "Tentunya kita harus sama-sama bergandengan tangan untuk melewati fase ini, karena dengan dukungan dan pastisipasi semua pihak kita mampu mencegah serta mengurangi penyebaran virus," tutupnya.

Beberapa Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona telah dilakukan oleh Universitas Esa Unggul seperti menggelar Sosialisasi Pencegahan Virus, memaksimalkan pengukuran suhu tubuh kepada seluruh Sivitas UEU di setiap pintu masuk gedung kampus dan menyediakan Handsanitizer secara cuma-cuma di sejumlah tempat startegis kampus.

Tags

About The Author

rasyid23 21
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel