Mengenal Lebih Jauh Art Therapy 'Bukan Main

4 Mar 2020 17:20 137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terapi yang sangat bermanfaat untuk anak muda zaman sekarang.
Art Therapy 'Bukan Main' Esa Unggul menggelar acara Training of Trainer di Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane),  Tangerang, 29 Februari - 1 Maret 2020. Art Therapy Esa Unggul  merupakan Organisasi Semi Otonom ( Orsitom) yang dibentuk oleh mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul yang berada di bawah naungan (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas) BEMF.

Salah satu anggota Art Therapy, Febry Fadhlan mengatakan sejumlah kegiatan menarik dilakukan dalam acara Training of Trainer diantaranya  Konseling Kelompok, Olah Tubuh, Raga dan Vocal, Panggung Teatrikal, Rekonstruksi Cerita , Evaluasi Program  rencana giat , Trauma Healing : Aku, kamu, dia, dan Mati dan Pelantikan anggota baru Art Therapy.

Mahasiswa semester 4 ini pun menjelaskan tujuan diadakanya kegiatan ini yakni untuk menambah wawasan peserta mengenai Art Therapy Theater Healing, karena masih banyak orang yang tidak tahu atau kekurangan informasi terkait Art Therapy. Selain itu, Acara ini digelar untuk membantu seseorang mengungkapkan secara terbuka terkait masalah-masalah yang sedang dialami terutama masalah mental.

" Kegiatan Art Therapy ini kami selenggarakan untuk membantu seseorang mengekspresikan perasaannya maupun emosinya, selain itu membantu agar para peserta dapat  berkreasi, berinovasi dan berpikir kreatif.  Mereka juga diajarkan untuk memiliki kerjasama, sikap memiliki dan empati serta Belajar membangkitkan semangat juang untuk terus hidup dengan jalan yang makin harmoni, selaras, adaptif dengan lingkungan," ucapnya.

Dirinya berharap dari kegiatan ini para peserta Art Therapy mampu membangkitkan kembali potensi-potensi yang ada di dalam diri mereka, dengan mengungkapkan dan mengekspresikan secara terbuka masalah-masalah yang terjadi, "Mudah-mudahan kegiatan ini mampu bermanfaat bagi para peserta terutama dalam menanggulangi masalah yang terjadi di hidup mereka, sehingga dapat terhindar dari gangguan mental," tutupnya.

Art therapy merupakan metode terapeutik menggunakan pembuatan seni, hubungan profesional pada individu yang memiliki pengalaman yang menyakitkan dan traumatis, atau individu yang memiliki tantangan dalam hidupnya. Art Therapy focus pada pengembangkan minat dan menyalurkan bakat mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul dalam  bidang seni, mental, dan memperkaya kehidupan sehari-hari dan mencapai penigkatan rasa kesejahteraan.

Alhasil Art Therapy 'Bukan Main' merupakan bentuk teater terapi yang didedikasikan untuk melayani kelompok-kelompok masyarakat baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar terlepas dari beban trauma psikologis dengan cara-cara yang menghibur, meringankan hati, dan tidak dipenuhi dengan nasihat yang menggurui. Masing-masing peserta akan menjadi guru bagi peserta yang lain dengan saling membuka pengalaman hidup terdalamnya dengan tujuan saling menguatkan, belajar membangkitkan semangat juang untuk terus hidup dengan jalan yang makin harmoni, selaras, adaptif dengan lingkungan sekeras apapun.    
Tags

About The Author

rasyid23 17
Novice

rasyid23

Pria Biasa yang menyukai suasana senja, penulis dan mantan wartawan.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel