GRATIS!! Memulai dan Memasarkan Usaha Kamu di Google My Business

18 Feb 2020 09:35 158 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di era digital sekarang ini, sebelum melakukan pembelian produk, menggunakan jasa atau mendatangi toko secara langung, pasti calon konsumen melakukan riset terlebih dahulu (baik itu riset tentang perbandingan harga, kualitas maupun kuantitas)

Ahoy Plimbers ...

Apakah kamu pernah mencari mini market terdekat di Google ketika sedang bepergian?

Kalau kamu pernah melakukannya, pasti kamu pernah melihat tampilan seperti ini,

Tampilan di atas merupakan hasil penelusuran paling atas ketika kamu mengetikan “mini market terdekat” di Google.

Atau kamu pernah mencari “tempat makan terdekat”, maka hasil penelusuran kamu yang paling atas adalah tempat makan yang paling dekat berdasarkan lokasi kamu sekarang, seperti ini tampilannya:

 

Bayangkan jika kamu memiliki sebuah usaha makanan, dan kemudian orang orang mencarinya di Google, dan hasil penelusuran paling atas adalah usaha makanan punya kamu.

Pasti sangat senang kan? Apalagi saat orang orang langsung memesan makanan yang ada di restoran kamu.

Nah, untuk bisa menjadikan hasil penelusuran yang paling atas adalah usaha kamu, kamu bisa memanfaatkan produk dari Google secara GRATIS, bernama Google My Business atau Google Bisnisku.

 

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku adalah produk Google yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap tentang bisnisnya. Informasi tersebut dapat berupa nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, jam operasional, website, foto perusahaan hingga review dari konsumen terkait dengan perusahaan.

 

Manfaat dari Google Bisnisku

Jika target pasar kamu adalah lokal (terdekat), maka Google Bisnisku ini sangat membantu memasarkan usaha kamu dan bisa menunjang kesuksesan usaha kamu juga, karena banyak sekali orang yang menjadikan Google sebagai sumber informasi. Adapun manfaat dari Google Bisnisku, antara lain:

1. Menyediakan Informasi yang Valid

Di era digital sekarang ini, sebelum melakukan pembelian produk, menggunakan jasa atau mendatangi toko secara langung, pasti calon konsumen melakukan riset terlebih dahulu (baik itu riset tentang perbandingan harga, kualitas maupun kuantitas) dan menggunakan Google sebagai sumber informasi yang terpercaya. Maka dari itu, informasi usaha kamu yang disimpan di Google Bisnisku harus valid.

 

2. Memberikan Informasi yang Lengkap dan Aktual

Selain valid, informasi yang lengkap dan aktual juga diperlukan oleh para konsumen, seperti nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon dan lain sebagainya.

 

3. Bisnis Kamu Muncul di Google Maps

Dengan mendaftarkan usaha kamu di Google Bisnisku, maka usaha kamu akan muncul di Google Maps, yang dimana nantinya calon konsumen dapat mengikuti arahan dari Google Maps untuk sampai di tempat usaha kamu.

 

4. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis Kamu

Selain muncul di Google Maps, usaha kamu juga akan muncul di sebelah kanan hasil pencarian Google ketika calon konsumen mengetikan nama usaha kamu, seperti berikut ini,

Dan ketika calon konsumen mencari produk berdasarkan kata kunci, maka usaha atau produk kamu akan muncul di hasil penelusuran barisan atas, seperti berikut,

 

5. Mendapatkan Review dari Konsumen

Review dari konsumen itu sangat penting untuk menunjang kesuksesan usaha kamu, karena 70% calon konsumen yang melakukan riset suatu produk, akan lebih percaya kepada konsumen lain yang telah membeli atau menggunakan produk dari usaha kamu.

 

6. Menjadi Media Komunikasi dengan Konsumen

Tidak hanya review konsumen, Google Bisnisku juga menyediakan fitur untuk tanya jawab antara pemilik usaha dan calon konsumennya maupun antara calon konsumen dengan konsumen lainnya.

 

7. Menjadi Alat Analisis Konsumen

Analisis ini sangat diperlukan bagi usaha kamu, karena bisa mengetahui perbandingan dengan jenis usaha yang serupa, interaksi dengan konsumen dan lain sebagainya yang tentunya bisa dipantau untuk meningkatkan kesuksesan usaha kamu.

 

Jadi...

Untuk kamu yang memiliki usaha, tidak ada salahnya mendaftarkan usaha kamu di Google Bisnisku karena ini GRATIS :)

 

Sekian pembahasannya,

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 19
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel