Pentingnya Berkomunitas Untuk Mengembangkan Diri

17 Feb 2020 10:03 131 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi dan umumnya memiliki ketertarikan pada satu atau beberapa bidang yang sama.

Ahoy Plimbers ...

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi dan umumnya memiliki ketertarikan pada satu atau beberapa bidang yang sama.

Menurut seorang ahli, Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur dan tetap dari individu – individu yang melaksanakan peran – perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

 

Secara umum, komunitas ini terdiri dari 3 jenis, antara lain:

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Komunitas ini terbentuk karena kesamaan minat pada setiap individu yang berada di dalamnya. Dan komunitas ini biasanya memiliki jumlah anggota yang sangat banyak.

 

2. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Komunitas ini terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Biasanya komunitas ini dibangun oleh anak - anak perantauan, baik yang sedang menempuh studi maupun yang sedang bekerja di luar daerah asal, supaya bisa meredam rasa rindu terhadap kampung halaman.

 

3. Komunitas Berdasarkan Komuni

Komunitas ini terlahir karena adanya keinginan dan kepentingan bersama. Dengan kata lain, komunitas ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

 

Tujuan dari komunitas ini adalah sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, lebih open minded ketika melihat atau merasakan sesuatu.

 

Tentunya terbentuknya komunitas ini memiliki manfaat yang amat banyak, antara lain:

  • Sebagai sarana informasi. Dengan bergabung komunitas, tentunya kamu dapat menambah wawasan lebih banyak terkait dengan minat atau bidang ilmu yang sedang/ingin kamu dalami. Karena dalam komunitas juga penyebaran informasinya tentang sesuatu sangatlah cepat.
  • Menjalin hubungan antar anggota. Tentunya menambah relasi antar anggota bisa membawa kamu melesat lebih jauh. Maksudnya, ketika kamu memiliki suatu usaha, kamu bisa memasarkannya ke komunitas tersebut dan jika anggota yang lain tertarik dengan produk kamu, pastilah akan menyebarkannya ke sanak famili, maupun teman – teman lainnya.
  • Saling mendukung satu sama lain. Saling mendukung disini tentunya saling mendukung untuk bisa menguasai tentang sesuatu, membantu memasarkan usaha yang dimiliki oleh anggotanya atau bahkan membantu memberikan informasi dan dukungan untuk melanjutkan studi.
  • Menciptakan ide – ide baru. Karena seringnya berdiskusi antar anggotanya, maka bisa terciptalah ide yang spektakuler.
  • Kemampuan yang dimiliki semakin berkembang dan karakter semakin terbentuk, hingga konsisten dalam melakukan sesuatu.

 

Di daerah saya (Bandung), ada banyak komunitas, antara lain:

  • Untuk yang berminat dibidang sejarah indonesia, ada komunitas bernama Asakun
  • Komunitas tentang keindahan kota Bandung, ada komunitas bernama Aleut
  • Untuk penggemar light saber (Star Wars), ada komunitas bernama Urban Jedi
  • Komunitas teknologi, khususnya developer android, ada komunitas bernama ADB (Android Developer Bandung)
  • Untuk yang senang dengan Internet of Things, ada Makestro cetusan perusahaan Dycode
  • Dan masih banyak lagi, bahkan ada komunitas para pencari lowongan pekerjaan juga.

 

Ada juga komunitas online, sehingga kamu bisa bergabung dan bertanya tentang apapun yang terkain topik dari komunitasnya. Ada banyak grup yang dibangun, baik itu di platform Facebook, Telegram, bahkan Whatsapp.

 

So ...

Untuk kamu yang ingin mengembangkan bakat dan minat yang kamu punya, segeralah bergabung dengan komunitas yang ada disekitar daerah kalian terlebih dahulu, sering - sering untuk melakukan meetup, agar bisa berdiskusi face to face.

Jangan diem - diem bae, langsung kuy hehe

 

Sekian pembahasannya,

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 19
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel