Menggandakan Uang dengan Investasi

10 Feb 2020 19:05 193 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Ahoy Plimbers ...

Salah satu cara untuk melipat gandakan uang adalah dengan investasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki uang sebesar 1.000.000 dan kamu menyimpan uang tersebut di dalam celengan, mungkin 5 sampai 10 tahun ke depan uang tersebut akan turun nilainya, ini dikarenakan inflasi (kemerosotan nilai mata uang yang menyebabkan naiknya harga barang barang). Namun jika kamu melakukan investasi, maka kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat lipat di 5 sampai 10 tahun ke depan dari saat kamu mulai berinvestasi.

 

Lihatlah data berikut yang diambil dari website Gold Price.

 

Menurut data di atas, harga emas di Indonesia 10 tahun lalu (tepatnya 2010) per gramnya sebesar 350.000 dan sekarang (tahun 2020) harga emas mencapai 700.000. Artinya kamu memiliki keuntungan sebesar 350.000 (dua kali lipat).

 

Selain investasi emas, ada juga investasi yang lain yang bisa kamu lakukan dan tentunya menguntungkan, antara lain:

1.  Investasi Properti

Investasi properti adalah salah satu investasi yang memiliki prospek bagus di masa depan. Hal ini dikarenakan harga properti cenderung meningkat sebesar 10 - 20% setiap tahunnya.

Ada berbagai macam properti yang dapat kamu investasikan, seperti rumah atau kos - kosan, apartemen, ruko, kios atau toko.

Misalkan rumah bisa diinvestasikan menjadi kontrakan bagi pasangan suami istri yang baru menikah sebesar 16 juta per tahun, artinya kamu bisa menghasilkan passive income per tahunnya tanpa harus bekerja.

Menurut saya, investasi properti ini merupakan investasi yang sangat menjanjikan untuk masa depan atau jangka panjang.

Namun, investasi properti seperti rumah ini harus di tempat yang strategis (seperti dekat dengan perbelanjaan atau pasar, transportasi, sekolah, kampus) agar mudah mendapatkan orang yang ingin tinggal di rumah tersebut.

 

2. Investasi Reksadana

Reksadana adalah wadah mengumpulkan uang investasi dari masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi ke berbagai instrumen investasi. Investasi Reksadana ini bisa dilakukan oleh pemodal kecil, dimulai dari 100.000 pun kamu sudah bisa investasi.

Investasi reksadana bisa dilakukan di banyak platform, salah satunya adalah di Tokopedia.

 

3. Investasi Saham

Saham merupakan surat berhaga yang menunjukan kepemilikan dari suatu badan usaha. Jika kamu memiliki saham di suatu perusahaan, itu artinya kamu adalah pemilik perusahaan tersebut. Tetapi, porsi kepemilikannya sesuai dengan investasi yang kamu lakukan pada perusahaan tersebut.

Saham itu sendiri adalah selembar kertas yang bertuliskan nama dan porsi investasi yang dilakukan. Misalkan kamu berinvestasi pada perusahaan tersebut sebesar 10%, maka jika perusahaan memiliki keuntungan 100.000.000, maka kamu akan mendapatkan 10% nya, yang berarti sama dengan 10.000.000.

 

4. Investasi Peer to Peer (P2P) Lending

Peer to Peer Lending adalah sebuah metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya mengajukan pinjaman untuk keperluan individu atau bisnis. Dimana investasi ini mempertemukan kedua belah pihak untuk bisa sharing profit terhadap suatu bisnis. Sebenarnya prinsip Peer to Peer Lending ini sama dengan saham, namun bedanya saham hanya bisa “memberikan pinjaman” sedangkan Peer to Peer Lending ini bisa memberikan pinjaman maupun meminjam.

 

So ...

Untuk kamu semua, mulailah berinvestasi dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik.

 

Sekian pembahasannya,

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 19
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel