4 Cara Agar Video Masuk Trending YouTube

5 Feb 2020 20:05 490 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut YouTube Creator Academy, trending adalah kumpulan video baru dan populer di negara penonton, ada yang bisa diprediksi tapi bisa juga mengejutkan.

Ahoy Plimbers ...

Siapa sih yang ngga tau platform untuk mengunggah dan nonton video, YouTube?

Pasti semua tau apa itu YouTube, dan bahkan banyak dari kita termasuk saya yang lebih suka  nonton video di YouTube dibanding nonton acara di televisi. Karena YouTube lebih fleksibel yang bisa nonton video dimana kan kapan saja, selagi terhubung dengan internet.

Sering kali jika kita tidak tau mau nonton video apa di YouTube, kita akan mencoba masuk ke menu trending dan menonton video yang sedang trending di negaranya (Indonesia).

Tapi tau kah kamu bagaimana video yang diunggah bisa trending di YouTube?

Sebelum masuk ke pembahasannya, sebenarnya trending itu apa sih?

Menurut YouTube Creator Academy, trending adalah kumpulan video baru dan populer di negara penonton, ada yang bisa diprediksi tapi bisa juga mengejutkan.

Jadi, saya simpulkan bahwa video yang masuk trending adalah video yang baru diupload dan disukai para penonton di negaranya.

 

Nah, sekarang lanjut ke pembahasan. Bagaimana video bisa masuk trending di YouTube?

 

Berikut faktor yang menjadikan video masuk ke jajaran trending di YouTube:

1. Watch Time (Durasi Tontonan)

Durasi tontonan adalah waktu yang digunakan untuk menonton sebuah video di YouTube. Ketika kamu menonton video dan kamu tidak melakukan skip pada video nya, itu berarti kamu memiliki ketertarikan terhadap video yang sedang kamu tonton atau bisa dikatakan video tersebut memiliki watch time yang tinggi dari satu penonton.

Dan apabila banyak yang tidak melakukan skip pada video tersebut, maka video terlah memenuhi satu faktor untuk bisa masuk ke jajaran trending di YouTube.

Itu sebabnya video lucu, video prank dan bahkan sempat video squishy yang masuk ke dalam trending di YouTube.

 

2. Peningkatan Interaksi

Interaksi disini bukan hanya menulis komentar di YouTube, tetapi ada banyak interaksi lainnya juga seperti view, subscribe, share, like dan bahkan dislike.

Jadi jika sebuah video memiliki interaksi yang tinggi maka akan bisa masuk ke dalam trending YouTube.

Karena YouTube tidak memilih video yang bagus (dari sisi editan, pembawaan yang asik, dll) untuk masuk trending, tetapi yang paling “disukai” oleh para penontonnya.

 

3. Judul yang Unik

Faktor ini juga yang akan menentukan banyaknya yang lihat dan berinteraksi karena dilihat dari judulnya saja sudah menarik para penonton untuk membuka videonya, seperti contohnya “HEBOH!!! Ternyata Ada Cara Mudah Untuk Panjat Tebing” yang padahal isinya hanya orang sedang tengkurap dibebatuan yang menyerupai tebing dengan kamera yang dimiringkan.

 

4. Jumlah View

Menurut Google (pemilik YouTube), jumlah views akan menentukan video yang diunggah akan masuk ke dalam trending. Tapi tidak terbatas pada jumlah view saja, melainkan lebih banyak kepada 3 faktor sebelumnya.

Menurut saya, faktor ini sebenarnya tidak menjamin video akan masuk trending dan bahkan ada yang jumlah view nya banyak sekitar 30.000.000 viewers dan tidak masuk ke dalam trending, tetapi jika viewers nya berada di luar platform YouTube dan kemudian mengklik videonya maka itu akan ada kemungkinan masuk trending (berarti faktor interaksi).

 

Oh iya, for your information, menurut Google, video yang ada dijajaran trending akan diperbaharui (update) setiap 15 menit sekali, maka dari itu video akan mengalami kenaikan, penurunan peringkat trending dan bahkan ada yang masih tetap berada di posisinya.

 

Sekian pembahasan mengenai bagaimana video yang diunggah di YouTube akan masuk ke dalam trending.

 

Salam dari Bandung.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 19
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel