Tips Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

22 Jan 2020 09:30 220 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan mempersiapkan dengan matang, maka kamu akan lebih mudah untuk menggapai pekerjaan yang kamu inginkan

Ahoy Plimbers ...

Berbicara tentang bagaimana sih cara untuk mendapatkan pekerjaan? Tentunya harus adanya persiapan setidaknya dasar dasar dari bidang pekerjaan yang akan kamu masuki nantinya.

Disini saya akan memberikan tahapan apa saja kah yang harus ditempuh ketika ingin menjadi seorang pegawai disebuah perusahaan.

Hal pertama yang harus kamu persiapkan menghadapi dunia kerja, tentunya skill atau kemampuan.

Kemampuan disini bersifat bebas.

Maksudnya gimana?

Carilah passion.

Ikutilah kata hati kamu, apa yang membuat kamu nyaman mengerjakannya dan apa yang ingin kamu kerjakan. Jadi kamu tidak harus mengikuti teman disekeliling kamu untuk memiliki kemampuan yang sama, yang penting kamu memiliki rasa keinginan yang lebih untuk mengerjakan sesuatu tersebut dan itu yang dinamakan dengan passion.

Terus bagaimana cara kita tahu apa yang menjadi passion kita?

Misalnya jika kamu yang suka dengan bidang teknologi, kamu harus mencari teknologi yang seperti apa yang kamu sukai, karena bidang teknologi itu luas, ada yang membuat aplikasi, membuat web, membuat robot, atau membuat yang lainnya.

Kamu bisa mencoba semuanya terlebih dahulu. Dengan kamu mencobanya maka kamu bisa mengetahui teknologi manakah yang kamu sukai atau nyaman dalam mengerjakannya.

Untuk kamu yang memiliki passion dibidang teknologi, berikut adalah website terpopuler untuk menemukan passion kamu dibidang teknologi:

 

Website gratis untuk teknologi belajar secara online

1. Udacity
2. Code Avengers
3. David Walsh Blog
4. Tuts+
5. SitePoint
6. HTML5 Rocks
7. Hack.Pledge()
8. Agupieware
9. Crunchzilla
10. Dash General Assembly
11. CodeAcademy
12. Infinite Skills
13. Lynda
14. CodeHS
15. Udemy

 

Website yang paling populer untuk belajar meningkatkan skill khususnya dibidang teknologi

1. Treehouse
2. Khan Academy
3. Code School
4. EDX
5. CourseEra
6. CodeWars
7. FreeCodeCamp
8. GitHub
9. The Odin Project
10. MIT OpenCourseWare

 

Nah, setelah kamu mendapatkan apa yang menjadi passion kamu, langkah selanjutnya adalah buat projek sebanyak banyaknya dimulai dari projek yang sederhana (Misal: dibidang teknologi membuat aplikasi, buatlah aplikasi kalkulator, dll) agar bisa menjadi portofolio kamu juga untuk melamar kerja dan cobalah mengikuti berbagai sertifikasi/lomba agar kemampuan yang kamu miliki itu diakui oleh orang lain.

Setelah dirasa kamu memiliki kemampuan yang cukup dibidang tersebut, cobalah membangun dokumen resume dan CV (Curriculum Vitae) kamu.

Apa sih itu resume dan CV itu?

Curriculum Vitae atau bisa disebut ‘Riwayat Hidup’ adalah sebuah dokumen yang berisikan tentang detail diri kamu, seperti informasi pribadi (nama, alamat, kontak, dll), pengalaman baik itu prestasi yang pernah diraih, pengalaman kerja, mengikuti sertifikasi. Biasanya bisa dua halaman atau lebih, pokoknya yang lengkap deh...

Resume adalah ringkasan dan gambaran singkat tentang diri kamu, atau bisa dikatakan sebagai iklan (promosi) mengenai diri kamu biasanya hanya satu halaman. Resume juga harus disesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar nantinya (Misal: melamar sebagai Android Developer, maka tunjukanlah yang pernah kamu dapatkan yang tentunya berhubungan dengan Android Developer).

 

Website untuk membuat resume atau CV

1. Canva
2. KickResume
3. Visual CV
4. Zety
5. Free Resume Templates
6. NovoResume
7. MyPerfectResume
8. Resume Genius
9. Pongo
10. Creddle

 

Setelah kamu membuat CV dan resume, cobalah untuk mencari tempat magang untuk mengetahui bagaimana sih rasanya bekerja dan apakah kemampuan yang kamu miliki sudah sesuai dengan standar yang ada di perusahaan atau belum sembari membangun pengalaman kerja sebagai pemagang yang nantinya bisa dicantumkan di CV dan Resume kamu.

 

Website untuk mendapatkan tempat magang

1. LinkedIn
2. Indeed
3. Internships
4. Glassdoor
5. Idealist
6. Absolute Internship
7. LookSharp
8. Intern Queen
9. Internship Programs
10. Alma Mater

Nah, setelah kamu melakukan semuanya, cobalah untuk melamar pekerjaan yang benar benar real (Full Time) dan kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena semuanya telah kamu coba.

 

Website yang paling sering dikunjungi untuk mencari pekerjaan

1. Indeed
2. LinkedIn
3. Dice
4. Glassdoor
5. Idealist
6. Career Builder
7. LinkUp
8. Google for Jobs
9. Monster
10. US Jobs

 

Sekian dulu...

Akhir kata, carilah passion mu, berpijaklah pada passion itu agar kamu bisa melompat lebih tinggi (mendapatkan yang kamu inginkan).

Tags

About The Author

Yusri Yusron 19
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel