Artificial Intelligence vs Machine Learning

16 Jan 2020 18:30 1156 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbeda tapi tetap sama

Ahoy Plimbers ...

Ada yang tau tentang Machine Learning (Mesin Pembelajar)?

Atau ada yang tau tentang Artificial Intellegence (Kecerdasan Buatan)?

 

Karena pada artikel ini kita akan mengupas tentang keduanya.

 

Artificial Intellegence dan Machine Learning adalah istilah yang saling berkaitan satu sama lain di dunia komputer.

Berdasarkan sejarah, komputer pertama kali dibuat atau diciptakan manusia agar bisa membantu meringankan pekerjaan manusia.

Komputer itulah yang disebut dengan Artificial Intellegence,

Sedangkan Machine Learning pada dasarnya adalah sebuah proses dari komputer yang dapat belajar sendiri berdasarkan pengalaman atau data. Tanpa adanya data, maka komputer tidak bisa “pintar” atau tidak bisa belajar apa – apa.

 

Artificial Intellegence

Yap, sesuai dengan namanya “Kecerdasan Buatan”.

Secara artian, AI atau kecerdasan buatan ini dapat disimpulkan menjadi sesuatu yang tidak dapat ditemukan (tidak ada) atau dengan kata lain adalah sesuatu yang dirancang oleh manusia dari sumber - sumber alami.

AI bersifat permanen yang artinya kecerdasannya bisa digunakan secara berulang ulang.

AI bersifat konsisten dan teliti yang dimana kecerdasarnya tidak dapat berkurang.

 

Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan menciptakan AI ada 3 hal, yaitu:

1. Tujuan utama membuat mesin menjadi lebih pintar. Awalnya komputer dibuat untuk mengetik, seiring berjalannya waktu kini komputer bisa digunakan hal yang lain, seperti bermain game, editing, dan lain sebagainya.

2. Tujuan ilmiah memahami tentang apa itu kecerdasan. Dengan berkembangnya teknologi membuat AI itu lebih bisa membantu manusia serta memecahkan masalah secara efektif, efisien dan juga lebih teliti.

3. Tujuan entrepreneurial yaitu membuat mesin menjadi lebih bermanfaat. Membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ringan dan memberikan hasil secara maksimal.

 

Machine Learning

Machine Learning merupakan masih bagian dari Artificial Intellegence yang dimana dapat belajar tanpa harus adanya campur tangannya manusia karena Machine Learning belajar dari data yang diterimanya.

Sebagai contoh dari ML ini adalah program catur yang ada di Windows kamu, yang dimana program tersebut mempelajar gerakan yang dilakukan oleh pengguna yang memainkannya. Jika pengguna memajukan salah satu prajurit, maka program catur tersebut akan mencari jalan yang efisien agar tidak kalah saat permainan dan tentunya berdasarkan data yang penggunanya berikan.

Contoh lain ada pada aplikasi Instagram dan juga Twitter.

Dimana saat kamu menelusuri tentang sesuatu di explore Instagram maka setelah beberapa saat kemudian, jika kamu membuka explore lagi, maka konten yang kamu cari sebelumnyalah yang akan kamu dapatkan dibarisan paling atas.

Begitu pun dengan Twitter, misal kamu melakukan penelusuran tentang sesuatu, maka jika kamu mengaktifkan Trends for You, di trending lima besar kamu akan mendapatkan sesuatu hal yang sama terkait dengan pencarian kamu selama ini di Twitter atau yang paling dominan kamu cari selama bermain Twitter itu.

Dan sekarang YouTube pun begitu.

 

Adapun perbedaan yang paling utama antara keduanya, antara lain:

1. AI bertujuan untuk meningkatkan peluang keberhasilan sedangkan ML berfokus pada peningkatan efisiensi.

2. AI memecahkan permasalahan yang kompleks, sedangkan ML belajar dari data untuk bisa memaksimalkan kinerja mesin.

3. AI berbicara tentang menentukan keputusan, sedangkan ML memungkinkan sistem untuk belajar hal – hal baru.

4. AI akan membuat sistem untuk meniru manusia dan melakukan respon sesuai perilaku yang telah diberikan itu, sedangkan ML hanya terlibat untuk menciptakan algoritma untuk memperlajari tentang sesuatu tersebut secara mandiri.

Tags

About The Author

Yusri Yusron 28
Novice

Yusri Yusron

Mahasiswa
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel