Yakin Kamu Berpikiran Rasional? Cek 10 Cirinya Ini

30 Dec 2019 12:30 318 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memang benar manusia dikenal memiliki perasaan yang kuat. Tapi berpikir rasional disini maksudnya berpikir yang seimbang. Dari segi perasaan dan kenyataan atau logis. Sebagian orang di dunia ini memiliki pikiran yang rasional dan logis. Apakah kamu salah satunya?

Dijaman serba edan ini. Penting memiliki pikiran yang rasional. Cara berpikir yang rasional dan logis berdasarkan kenyataan bukan cuma perasaan.

Memang benar manusia dikenal memiliki perasaan yang kuat. Tapi berpikir rasional disini maksudnya berpikir yang seimbang. Dari segi perasaan dan kenyataan atau logis. Sebagian orang di dunia ini memiliki pikiran yang rasional dan logis. Apakah kamu salah satunya? Seperti dilansir dari Liputan6.com (22/12/2019) berikut 10 Ciri Seseorang yang Memiliki Pikiran Rasional:

 

1. Bertanya dahulu sebelum melakukan sesuatu

Bila disuruh melakukan sesuatu yang salah atau tidak sesuai dengan pikiranmu. Idealnya kamu akan bertanya "mengapa". Sebagai reaksi wajar manusia yang butuh alasan logis untuk melakukan sesuatu hal. Ini sebagai bentuk pikiran rasional yang kamu miliki.

 

2. Lebih berpikir tentang masa depan dibanding masa lalu

Rasionalitas itu erat kaitannya dengan kenyataan. Dan kenyataan adanya dimasa sekarang dan masa depan. Pikiran rasional berorientasi pada masa depan.

Masa lalu digunakan sebagai pengalaman dan pembelajaran. Orang yang selalu ingin belajar, tentu juga selalu menatap kedepan. Karena mereka belajar dari masa lalu agar lebih baik dimasa depan.

Jika kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk memikirkan tujuan dan masa depan dari peristiwa masa lalu, maka kamu seorang pemikir rasional.

 

3. Mengutamakan sebab-akibat dari sebuah perbuatan

Orang yang berpikir rasional tidak mau terlalu gegabah dalam setiap mengambil keputusan. Mereka selalu berpikir sebab-akibat dari perbuatan yang akan dilakukannya. Sebagai bentuk meminimalisir kesalahan dalam melangkah.

 

4. Menjalankan sesuatu sesuai rencana

Bila kamu memiliki pemikiran yang rasional. Kamu akan menolak melakukan sesuatu yang belum jelas rencananya. Realitas aja sih, buat apa melakukan sesuatu yang tidak jelas tujuannya.

 

5. Tidak sulit mencapai target

Dari sejumlah sifat-sifat orang yang berpikiran rasional. Menjadi modal yang cukup untuk memudahkan bila kita ingin mencapai suatu target. Disiplin dalam menyusun rencana dan berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu menjadi kuncinya.

 

6. Mudah mendapatkan informasi

Berpikir rasional membuat seseorang cenderung lebih mudah mendapat informasi. Komitmen untuk mau belajar membuat mereka atau kamu yang berpikir rasional menjadi lebih mudah mengenal hal baru.

 

7. Gak gampang kalah sama emosi

Kerasionalitas pikiran biasanya diuji oleh emosi. Seberapa kuat kamu mengatur emosi sehingga tetap berpikir rasional, menjadi ukuran kamu memiliki pikiran yang rasional.

Kamu tidak membiarkan emosi membuat pikiran menjadi kacau dan tidak objektif. Kamu adalah seorang pemikir yang sangat rasional sehingga kamu dapat menyingkirkan emosi serta melakukan apa yang perlu dan benar dilakukan.


8. Suka bermain catur

Tidak mutlak memang bahwa orang yang berpikir rasional suka catur atau sebaliknya. Tapi setidaknya, permainan catur yang mengandalkan strategi dan pemikiran yang matang. Sangat cocok dan hanya mereka yang memiliki wawasan luas yang dapat memaksimalkan permainan ini. Dan mereka yang berpikir rasional tentunya tidak akan menghabiskan waktu sia-sia untuk bermain catur secara berlebihan.

 

9. Jarang memikirkan satu hal terlalu lama

Pikiran yang dinamis membuat tidak ada ruang untuk terpaku pada satu hal saja. Pikiran rasional mendorong seseorang untuk maju kedepan. Tidak tertahan oleh masa lalu dan memikirkannya terlampau lama.

 

10. Menyimpan rencana dan melaksanakan dengan baik

Tanda seseorang memiliki pikiran rasional yang terakhir ialah mereka yang pintar menyiapkan rencananya dengan baik. Demi menjalani aktivitas sehari-hari dan mencapai target.

Setiap rencana perlu disusun dengan baik. Banyak orang yang kesulitan mengatur jadwalnya setiap hari karena tidak disiplin mengatur rencananya.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 38
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel