3 langkah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Bekerja

24 Dec 2019 19:00 1411 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya untuk kerusakan karena software dan bukan hardware.

Bagi sebuah komputer keyboard adalah salah satu alat yang bisa dibilang sangatlah vital. Apalagi kegiatan sehari-hari yang dilakukan di depan komputer tersebut adalah kegiatan yang membutuhkan input dari keyboard.

Ketika keyboard rusak atau tidak bekerja, mungkin jalan tersingkat untuk dapat melanjutkan aktivitas mengetik adalah dengan menggantinya dengan keyboard baru. Hal tersebut bisa saja bagi komputer. Tapi sayangnya, pada laptop yang keyboard-nya menempel ke bodi laptop itu sendiri, mengganti keyboard adalah pilihan terakhir.

Namun jangan menyerah dulu, keyboard laptop yang mati itu mungkin saja bukan karena hardware yang bermasalah. Bisa saja 3 langkah memperbaiki keyboard laptop ini menjadi salah satu solusinya.

Sebelum ke langkah perbaikan, Anda bisa mengetes apakah keyboard memang tidak bermasalah dari keyboard-nya sendiri yaitu dengan mencoba memasuki mode BIOS ketika laptop baru dinyalakan. Kalau bisa memasuki mode BIOS dengan aman, berarti masalahnya bukanlah pada hardware keyboard itu sendiri.

 

1. Perbaiki File Sistem yang Error

Salah satu alasan kenapa keyboard tidak jalan bisa saja bersumber dari file sistem Windows di laptop Anda. Untuk meperbaikinya, cari “CMD” di menu start kemudian klik kanan dan pilih “run as administrator” atau “Open as Administrator”. Setelah itu ketik “sfc /scannow” tanpa tanda kutip untuk memulai perbaikan file sistem yang mungkin saja corrupt.

 

2. Install Ulang Driver Keyboard

Hal kedua yang harus dilakukan jika hal di atas masih belum menyembuhkannya adalah dengan menginstall ulang driver dari keyboard itu sendiri.

Caranya mudah, Anda pertama-tama hanya perlu mengetikkan “Device Manager” di kolom pencarian. Setelah itu buka menu tersebut dan cari menu “keyboards” dan temukan menu lanjutan “standard PS/2 keyboards”. Setelah itu pilih uninstall dan restart laptop Anda. Seharusnya Windows akan menginstall ulang driver untuk keyboard secara otomatis sesaat komputer dinyalakan ulang.

 

3. Uninstall Keyboard Lain

Ada sedikit kasus dimana biasanya jika memasang terlalu banyak menggunakan keyboard eksternal berbeda pada laptop akan membuat driver keyboard pada laptop tersebut menumpuk dan bentrok dengan keyboard laptop bawaan sendiri.

Oleh karena itu, solusi ketiga ini adalah dengan men-uninstall driver keyboard lain yang terpasang pada laptop. Caranya sama seperti nomor dua di atas, namun yang kali ini Anda cari adalah keyboard bernama “HID keyboard device” pada device manager.

Setelah men-uninstall semua driver tersebut, nyalakan ulang laptop Anda dan coba lagi apakah keyboard laptop sudah kembali bekerja dengan normal atau tidak.

 

Akhir Kata

Itulah solusi-solusi yang biasanya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit dari keyboard laptop yang biasanya tidak bekerja dengan normal atau bahkan tidak jalan sama sekali. Jika ketiga solusi di atas tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, ada kemungkinan besar bahwa keyboard pada laptop Anda itu memang bermasalah pada hardware dan bukan software-nya. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel