Mengenal Teknologi Nirkabel Wi-Fi Direct

20 Dec 2019 13:31 399 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teknologi yang mampu memindahkan file dengan sangat cepat.

Ketika pertama kali kita mengenal komputer, mungkin kita sudah tahu bahwa ada cara memindahkan file di dalam komputer tersebut ke komputer lainnya dengan melakukan beberapa langkah seperti memindahkan file dari komputer ke hard disk eksternal ataupun flash disk, kemudian dilanjutkan dengan memindahkan file yang sudah dipindahkan ke media eksternal tersebut ke komputer tujuan.

Namun hal tersebut sekarang ini sudah mulai ditinggalkan berkat adanya teknologi wireless atau nirkabel. Dari yang asalnya kita membutuhkan media eksternal untuk memindahkan file tersebut, kini kita bisa langsung memindahkan file antar komputer hanya dengan sambungan nirkabel seperti bluetooth dan Wi-Fi.

Penggunaan bluetooth untuk memindahkan file semakin kesini ternyata semakin ditinggalkan juga. Pasalnya, kecepatan transfer yang dimiliki bluetooth sangat terbatas, sedangkan ukuran file dari tahun ke tahun semakin besar. Disinilah solusi memindahkan file menggunakan Wi-Fi hadir di tengah-tengah kita dan mulai menggantikan bluetooth untuk memindahkan file-file berukuran besar.

 

Memindahkan File Menggunakan Wi-Fi?

Biasa juga dikenal dengan sebutan Wi-Fi direct, cara pemindahan file menggunakan Wi-Fi ini tidak menggunakan koneksi internet sama sekali atau dengan kata lain, kita masih bisa tetap memindahkan file menggunakan Wi-Fi direct meskipun internet di tempat kita sedang tidak terhubung atau sedang down. Namun tetap, sebuah router yang dapat bekerja dengan normal dibutuhkan sebagai media penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Walaupun sekilas mirip dengan pemindahan file menggunakan bluetooth, teknologi pemindahan yang ada pada Wi-Fi direct ini bisa dibilang lebih canggih karena beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain, teknologi yang berbeda, kecepatan yang jauh lebih tinggi, dan juga enkripsi AES-256 bit.

 Mengenal cara kerja kerja Wi-Fi direct, teknologi transfer file ini menggunakan standar berbeda dalam menjalankan fungsinya. Standar tersebut antara lain teknologi Wi-Fi itu sendiri yang terpasang pada kedua perangkat yang ingin dihubungkan, serta sebuah layanan yang fungsinya untuk kedua perangkat tersebut bisa saling menemukan satu sama lain.

Data yang terkirim antara kedua perangakat pun terbilang aman karena seperti halnya Wi-Fi yang terkunci oleh sistem keamanan enkripsi WPA2, keamanan kedua perangkat juga sama-sama terlindungi oleh sistem keamanan yang sejenis.

 

Perangkat yang Mendukung Wi-Fi Direct

Hingga saat ini, Wi-Fi direct tidak tersedia pada perangkat dengan sistem operasi iOS sekarang ini. Sedangkan pada Android, sistem operasi ini sudah bisa dijalankan di beberapa perangkat smartphone dan tablet Android merek dan model tertentu saja.

Berdasarkan informasi yang beredar, teknologi Wi-Fi direct ini konon lebih efektif jika digunakan oleh perangkat dengan merek yang sama. Contohnya saja ketika penulis mencoba melakukan screen cast ke televisi Samsung Smart TV dengan menggunakan Samsung Galaxy S9+, screen cast tersebut dapat bekerja dengan normal tanpa masalah. Tapi ketika penulis coba menggunakan smartphone Asus untuk menghubungkan ke televisi, sering adanya kegagalan menghubungkan ke televisi.

Satu kekurangan yang mungkin ada dari Wi-Fi direct adalah tidak bisanya teknologi ini digunakan untuk smart device seperti Google Home dan sejenisnya. Karena perangkat tersebut sudah memiliki jaringan Wi-Fi sendiri sehingga Wi-Fi direct tidak dibutuhkan. Dan Wi-Fi direct sendiri memiliki sedikit masalah pada keamanannya ketika kita mencoba untuk menyalakan mode “terhubung otomatis”.

 

Perbedaan Wi-Fi dan Wi-Fi Direct

Sekilas, Wi-Fi itu dianggap sebagai bapak atau pendahulunya Wi-Fi direct karena sama-sama mengandung kata “Wi-Fi”. Memang tidak salah sih, karena Wi-Fi direct sendiri adalah hasil kawin silang dari teknologi Wi-Fi dengan teknologi bluetooth.

Dan yang menjadi pembeda terjelas antara Wi-Fi dan Wi-Fi direct itu ada pada sistem keamanannya dimana sebagian jaringan Wi-Fi hanya bisa menjalankan enkripsi WEP saja yang tidak begitu aman dan mudah diretas. Sedangkan pada Wi-Fi direct, teknologi ini sudah mendukung keamanan enkripsi WPA2 paling baru. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 59
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel