5 Fitur Unggulan Android 10 yang Sudah Sangat Dinanti Kehadirannya

21 Nov 2019 19:05 889 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fitur mana yang menjadi Andalan Anda?

Android 10 sudah di depan mata. Banyak vendor yang sudah merilis versi beta dari Android 10 dengan ROM custom-nya masing-masing. Bahkan di Pixel 4, Android 10 sudah tertanam menjadi sistem operasi utamanya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan berbagi informasi soal 5 fitur di Android 10 yang menurut penulis itu sangat bermanfaat dan baru bagi para pengguna Android.

Tanpa basa-basi lebih lanjut inilah 5 fitur di Android 10 yang bermanfaat dan baru bagi para pengguna Android.

 

1. Pembuatan QR untuk Wi-Fi

Sebelumnya, atau setidaknya hingga saat ini, seseorang yang ingin bergabung dengan jaringan Wi-Fi lokal biasanya sibuk menanyakan password Wi-Fi dari jaringan tersebut.

Tapi dengan hadirnya Android 10, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan karena Anda yang sudah terhubung ke sebuah Wi-Fi lokal akan dapat membuat QR Code yang nantinya berfungsi sebagai password yang harus di-scan oleh mereka yang ingin bergabung dengan jaringan Wi-Fi yang sama.

Fitur ini sudah tersedia di Android 10 di bagian pengaturan Wi-Fi.

 

2. Undo atau Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Home Screen

Fitur yang satu inidapat  mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja ikonnya terhapus. Sehingga bagi Anda yang tidak tahu aplikasi apa yang ikonnya terhapus di home screen dan bingung bagaimana mencari aplikasi tersebut diantara puluhan hingga ratusan aplikasi yang terpasang pada smartphone atau tablet Anda, fitur ini akan sangat berguna.

 

3. Kontrol Lokasi Anda

Nama fitur ini adalah “location control”, yaitu sebuah fitur yang mampu mengatur hak akses lokasi dari sebuah aplikasi. Karena hingga Android Pie saat ini, sebuah aplikasi dapat hak akses penuh terhadap lokasi perangkat Anda baik ketika aplikasi tersebut tidak digunakan atau sedang digunakan.

Dengan fitur ini, nantinya Anda akan dapat menentukan kapan sebuah aplikasi dapat mengakses lokasi Anda. Singkatnya, fitur ini akan lebih menjaga privasi Anda.

 

4. Kontrol Notifikasi yang Lebih Baik

Ketika sebuah notifikasi muncul pada perangkat Anda, hanya ada dua pilihan yang tersedia yakni memperbolehkan notifikasi untuk muncul atau tidak dan pergi ke pengaturan tambahan.

Dengan hadirnya Android 10, fitur pada notifikasi yang asalnya dua tersebut bertambah satu lagi dimana Anda dapat membuat notifikasi yang muncul pada perangkat Anda itu muncul dengan nada dering, muncul hanya dengan getaran saja, atau muncul tanpa adanya getaran dan nada dering.

 

5. Dark Mode

Adalah satu-satunya fitur yang penulis tunggu-tunggu pada perangkat Android. Dengan fitur dark mode ini, tampilan tema secara keseluruhan pada smartphone Anda akan berubah menjadi gelap, atau setidaknya dominan di warna hitam.

Fitur ini tentunya sangat berguna sekali bagi Anda yang memiliki smartphone dengan layar AMOLED, OLED ataupun Super AMOLED. Karena fitur tema berwarna gelapnya ini membuat baterai pada smartphone Anda bertahan lebih lama.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel