Mau Kuliah di Australia? Inilah ke 6 Tips Agar Biayanya Lebih Murah!

19 Nov 2019 11:20 152 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terkenal dengan kualitas pendidikannya yang sudah diakui secara internasional, tak menutupi fakta bahwa biaya di Australia juga tinggi. Bagi yang tidak mendapatkan beasiswa, inilah tips-tips agar dapat menjalani kuliah di Australia dengan hemat. 

Melanjutkan studi atau kuliah di luar negeri pastinya memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dibandingkan kuliah di dalam negeri, tak heran hal ini menjadi impian hampir semua orang. Keuntungan tersebut antara lain kualitas pendidikan yang lebih baik, fasilitas belajar lebih lengkap, mendapatkan banyak relasi internasional, mengenal budaya baru, dan masih banyak lagi. 

Salah satu negara favorit yang menjadi tujuan mahasiswa Internasional adalah Australia, terlebih mahasiswa dari Asia karena jaraknya yang bisa dibilang lumayan dekat. Walaupun jumlah universitasnya tidak terlalu banyak, tapi rata-rata memiliki reputasi yang diakui secara internasional. Selain terkenal dengan dunia penelitiannya yang kuat, Australia juga memiliki kebudayaan yang beragam dan wisata alam yang lengkap. Wah, menarik sekali ya kalau bisa kuliah di Negeri Kanguru ini! 

Faktanya, standard hidup di Australia juga terkenal paling tinggi selain Amerika dan Eropa, termasuk biaya kuliah dan biaya hidupnya. Disana juga menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk mahasiswa internasional, namun pastinya jumlah beasiswa yang dibuka terbatas sehingga tidak semua bisa mendapatkannya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk tetap melanjutkan studi kesana dengan dana pribadi, inilah tips nya agar kamu bisa tetap irit budget.

 

1. Kamu Bisa Menggunakan Smart Rider untuk Menghemat Biaya Transportasi

Transportasi umum adalah alternative paling murah yang bisa kamu gunakan selama di Australia, selain transportasi yang disediakan oleh beberapa universitas tertentu disana. Di kota Perth, mahasiswa international akan mendapatkan Smart Rider, yaitu kartu transportasi sehingga kamu bisa mengakses bis, kereta api, bahkan ferry. 

 

2. Part Time di Australia Lumayan Lho untuk Menambah Uang Jajan

Di Australia, aturan untuk mahasiswa internasional bekerja part time adalah 20 jam/minggu. Gajinya pun lumayan untuk nambahin uang sakumu, sekitar AUD 15-25 per jam lho! Selain mendapatkan uang tambahan, part time yang sesuai dengan minatmu juga bisa dipakai untuk referensi di CV dan meningkatkan skill mu. 

 

3. Kota Perth Bisa dijadikan Pilihan untuk Biaya Lebih Hemat

Untuk biaya hidup, kota Perth lebih terjangkau daripada kota-kota besar yang lain di Australia, begitu pula dengan biaya kuliahnya. Jangan khawatir, walaupun relative lebih murah tapi universitas yang ada di Perth bahkan masuk ke dalam 8 universitas terbaik di Australia, yaitu University of Western Australia dan Curtin University. 

 

4. Cari Akomodasi yang Paling Terjangkau 

Biasanya universitas di Australia banyak yang menawarkan asrama tapi biayanya cenderung mahal. Begitu pula jika kamu juga memilih untuk menyewa apartemen sendiri. Solusinya untuk menekan biaya, kamu bisa tinggal di homestay bersama warga disana atau mencari teman untuk sharing kamar kost. 

 

5. Masak Makanan Sendiri Bisa Kamu Coba Agar Lebih Efisien 

Akan sangat boros bila kamu mengeluarkan biaya ekstra untuk makan diluar terus-terusan selama kuliah di Australia. Dalam 1 hari saja kamu bisa habis AUD 30 sampai AUD 100, sayang bukan? Lebih baik kalau kamu belajar memasak sendiri, selain lebih hemat biaya tentunya makanan yang di konsumsi juga lebih sehat. Sebagai tambahan, kamu wajib memiliki rice cooker dan microwave agar lebih praktis. 

 

6. Coba Hubungi dan Konsultasi dengan PPI di Australia 

Kamu pasti familiar kan dengan istilah PPI, yaitu Perhimpunan Pelajar Indonesia yang tersebar di banyak negara untuk para pelajar Indonesia yang belajar ke luar negeri? Tak terkecuali di Australia, bisa dibilang hampir semua kota disana juga terdapat cabang-cabang PPI yang cukup lengkap. Sebelum berangkat, kamu bisa coba menghubungi ketua PPI Australia dan berkonsultasi tentang biaya selama studi disana. 

 

Bagaimana setelah membaca tips-tips diatas? Semoga bisa membantumu untuk mempersiapkan dana selama kuliah di Australia, ya! Pastinya biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan bekal yang kamu dapatkan, karena lulusan Australia termasuk banyak dicari untuk pekerjaan yang menjanjikan. Jadi, tunggu apa lagi? Good luck untuk persiapan dan studimu selama disana!

 
Tags

About The Author

Calista Tambunan 9
Novice

Calista Tambunan

writing my opinion is my hobby

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel