Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 6, Wajib Baca Sebelum Beli!

13 Nov 2019 19:05 1709 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Agak sedikit telat rilisnya, tapi sepertinya masih layak untuk dipinang.

Mungkin dari teman-teman pembaca yang sekaligus merupakan seorang gadget enthusiast bertanya-tanya, kemana sih Asus selama ini di Indonesia? Sejak perilisan smartphone flagship Asus Zenfone 5z di tahun lalu, Asus hingga saat ini belum merilis smartphone flagship lagi.

Sebetulnya Asus tidak kemana-mana. Buktinya, lusa besok atau tepatnya pada tanggal 15 November 2019, Asus akan mulai menjual produk smartphone flagship terbarunya di Indonesia yaitu Asus Zenfone 6 yang jika dilihat dari rekam jejak Asus mengeluarkan smartphone flagship dari dulu, ini adalah smartphone pertama yang punya fitur kamera flip.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah 5 spesifikasi kunci yang perlu Anda ketahui sebelum meminang Asus Zenfone 6.

 

1. Layar

Tidak seperti kebanyakan smartphone flagship sekarang yang sudah menggunakan layar AMOLED, OLED, ataupun Super AMOLED, Zenfone 6 buatan asus ini masih menggunakan layar IPS yang mampu mereproduksi warna hingga 16 juta warna.

Layar pada Asus Zenfone 6 ini memiliki bentang layar 6.4 inch dengan screen-to-body ratio mencapai 83.8 persen. Sedangkan untuk resolusinya, Zenfone 6 juga masih menggunakan resolusi 1080 x 2340 atau Full HD+ dengan rasio 19.5:9 seperti kebanyakan smartphone menengah dan flagship berlayar lebar sekarang ini.

Layar IPS yang kabarnya tidak kalah vibrant dengan AMOLED ini dibalut oleh jenis kaca smartphone terkuat saat ini yaitu Gorilla Glass 6 yang kabarnya walau memiliki tingkat ketahanan terhadap goresan yang sama dengan Gorilla Glass 5, kaca ini kabarnya mampu bertahan hingga 15 kali drop tests, lebih banyak dua kali lipat dari Gorilla Glass yang hanya mampu bertahan 7 hingga 8 kali saja.

Menjadi perbatasan antara bagian depan dan belakang, di tengah-tengah Asus Zenfone 6 diperkokoh dengan pondasi berupa frame yang terbuat dari Aluminium.

Ke bagian belakang, disini kita hanya akan menemukan modul kamera, fingerprint scanner dan lapisan kaca Gorilla Glass yang tidak diketahui versinya. Tapi karena ini smartphone Asus Flagship, pastinya bagian belakang juga menggunakan Gorilla Glass yang punya ketahanan tinggi, bisa Gorilla Glass versi 4 ataupun versi 5.

 

2. Chipset

Masuk ke bagian otak penggerak dari Asus Zenfone 6, smartphone ini ditenagai oleh chipset flagship terbaru dari Qualcomm pada tahun 2019, yaitu Snapdragon 855. Bagi Anda yang sudah banyak menyaksikan ulasan tentang smartphone flagship yang juga ditenagai chipset ini, pasti sudah tahu dong seganas apa Snapdragon 855.

Bagi yang belum tahu, Chipset Snapdragon 855 itu terdiri dari CPU octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) serta GPU Adreno 640 yang saat ini merajai benchmark GPU untuk platform Android.

Dengan kata lain, baik untuk bermain game ataupun kerja multitasking yang berat, chipset Snapdragon 855 dijamin mampu memberikan kinerja yang memuaskan.

 

3. RAM dan Memori Internal

Jika melihat informasi di pasar global, Zenfone 6 ini memiliki tiga varian jika dilihat dari kapasitas RAM dan memori internalnya, yaitu 6/64GB, 6/128GB dan 8/256GB.

Belum ada informasi lebih lanjut yang mana yang akan dirilis di Indonesia. Bisa semuanya, atau mungkin hanya satu atau dua varian saja. Tapi yang biasanya laku di Indonesia itu adalah yang RAM-nya besar dan minimal memiliki penyimpanan sebesar 128GB.

Berbicara soal memori penyimpanan, bagi Anda yang menganggap 128GB atau 256GB itu kurang besar; jangan khawatir karena pada Zenfone 6, sudah tersedia slot memori eksternal dedicated. Sehingga selain dapat memuat dua buah kartu SIM, Zenfone 6 juga punya slot untuk MicroSD sendiri yang mendukung hingga 1TB.

 

 

bersambung ke halaman-2

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel