Inilah Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang USB4

13 Nov 2019 13:05 465 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
USB4 adalah generasi USB terbaru yang kabarnya memiliki banyak peningkatan.

Sebuah inovasi dari teknologi yang hampir kita gunakan sehari-hari kembali datang. Sekarang inovasi tersebut hadir dari teknologi USB dimana kabarnya, generasi terbaru dari USB yaitu USB4 akan dirilis pada akhir tahun 2019 ini.

Secara umum USB4 ini menjanjikan beberapa peningkatan dari USB generasi sebelumnya yakni peningkatan kecepatan transfer data, manajemen yang lebih baik untuk kategori video, serta kompatibilitas dengan Thunderbolt 3 yang mungkin sudah diimpikan sebagian orang di luar sana.

Di bawah ini adalah semua yang perlu Anda ketahui soal teknologi atau lebih tepatnya generasi terbaru dari USB yaitu USB4.

 

1. Keunggulan USB4

Jika di atas sudah dijelaskan secara umum, maka di bawah ini adalah keunggulan yang lebih spesifik lagi dari USB4:

- Kecepatan transfer hingga 40Gbps; sebuah perangkat akan dapat menggunakan fitur yang setara kecepatan pada Thunderbolt 3 ini jika perangkat tersebut menggunakan kabel dua lajur.

- Kompatibilitas dengan Thunderbolt 3; menurut kabarnya sih hanya beberapa perangkat saja yang nantinya compatible dengan Thunderbolt 3. Jadi jangan berharap terlalu banyak

- Alokasi bandwidth lebih untuk video; tidak seperti generasi sebelumnya yang memprioritaskan pemindahan data biasa ketimbang data berupa video. Pemindahan video pada USB4 akan mendapatkan jatah bandwidth sendiri sehingga ketika melakukan pemindahan data video bersamaan dengan data lainnya, pemindahan video tidak akan dianaktirikan karena sudah mendapatkan jatah bandwidth sendiri.

 

2. USB4 Menggunakan Port Type-C

Sudah dapat dipastikan bahwa USB4 ini akan dapat bekerja ketika menggunakan USB Type-C. Atau dengan kata lain, jangan berharap bahwa USB4 ini akan menggunakan port dengan tipe USB A. hal ini tentunya tidak mengejutkan karena port Type-C adalah jenis port yang hingga sekarang merupakan port satu-satunya yang dapat menggunakan Power Delivery.

 

3. Sesuai dengan Thunderbolt 3

Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan, Intel kabarnya telah menyerahkan protokol Thunderbolt 3 ke pihak USB Promoter Group. Artinya, ada kemungkinan besar bahwa USB4 ini nantinya memiliki kompatibilitas dengan Thunderbolt 3.

Hal ini merupakan berita baik tentunya, khususnya bagi Anda pengguna laptop yang ingin memainkan game dengan menghubungkan VGA eksternal (eGPU) ke laptop. Tapi sayangnya, di luar sana hanya ada beberapa laptop saja yang mendukung Thunderbolt 3 dan memang hanya terbatas pada laptop-laptop yang menggunakan prosessor Intel saja.

 

4. USB4 Memiliki Tiga Kecepatan Berbeda

Walaupun secara teori USB4 ini memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, tidak semua dari port USB akan mampu mendukung fitur kecepatan maksimum tersebut. Contohnya seperti pada laptop kelas menengah ataupun smartphone kelas menengah ke atas, port yang digunakan mungkin saja port USB4. Tapi kecepatan dari port tersebut bisa saja antara 10 Gbps atau 20 Gbps dan bukan 40 Gbps.

 

5. Semua USB4 Mendukung Power Delivery

Sudah menjadi sebuah standar bahwa USB Type-C saat ini sudah mendukung kecepatan pengisian daya berjenis Power Delivery. Dan pada USB4 nantinya, kemampuan untuk mengisi daya menggunakan Power Delivery ini akan diadopsi sehingga semua USB4 nantinya sudah mendukung watt yang tinggi serta manajemen power yang baik.

 

6. Kenapa “USB4” dan Bukannya “USB 4” (dengan Spasi)?

Tidak seperti generasi sebelumnya, USB generasi terbaru secara resmi sengaja dieja tanpa spasi sebelum nomor versinya. Jadi, nantinya itu tidak akan ada USB 4.1, USB 4.2 dsb, melainkan USB4 10 Gbps, USB4 20 Gbps dan USB4 40 Gbps. Dimana setelah jenis USB diikuti dengan kecepatan dari USB4 tersebut.

Tags Teknologi

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel