Cara Mudah Membuat Brosur pada Microsoft Word

30 Oct 2019 17:10 1293 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ternyata Microsoft Word itu fungsinya bukan hanya untuk mengetik saja.

Bagi Anda yang pernah atau masih menggunakan Microsoft Word hingga sekarang, apa yang biasa Anda lakukan ketika membuka software yang biasa dipakai untuk mengetik tersebut?

Kebanyakan orang tentunya akan menjawab “mengetik”; baik itu mengetik tugas, mengetik naskah ataupun mengetik artikel seperti yang penulis lakukan saat ini.

Jika Anda adalah bagian dari “kebanyakan orang” tersebut, maka Anda dipastikan belum tahu salah satu fitur atau fungsi Microsoft Word lainnya, yaitu membuat brosur. Membuat brosur di Microsoft Word itu sangatlah mudah. Yang pertama Anda harus lakukan adalah membuka “file” yang letaknya di kiri atas jendela MS Word Anda, kemudian pilih “new” dan pilih / ketik “brochure”.

Setelah Anda mengetikkan “brochure”, akan ada banyak templates yang bisa dipilih dengan berbagai desain. Setelah memilih template yang ingin Anda gunakan, Akan muncul jendela baru dimana Anda bisa mengklik “create” untuk membuat brosur kustom kreasi Anda.

Di bawah ini adalah bagaimana cara membuat brosur dengan mudah setelah langkah pemilihan brosur di atas.

 

1. Penyesuaian Layout

setelah mengklik “create” seperti langkah di atas, sebuah jendela baru akan muncul seperti halnya ketika Anda akan membuat dokumen baru, yaitu sebuah kertas atau kanvas kosong.

Setelah dokumen baru ini muncul, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan penyesuaian layout dari dokumen ini. Bergantung dari jenis brosur yang ingin dibuat, layout landscape ataupun portrait bisa dipilih lewat menu / tab Page Setup”.

 

2. Penyesuaian Margin

Setelah selesai dengan layout baik itu portrait ataupun landscape, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti margin default-nya. Letak margin sendiri ada disebelah layout jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Margin terbaik sejauh ini yang bisa penulis rekomendasikan untuk membuat brosur adalah margin “narrow” dimana setiap sisinya memiliki jarak 0.5 inch dari ujung kertas. Atau jika ingin ukuran sesuai keinginan, Anda bisa mengaturnya sendiri dengan memilih “custom margin”.

 

3. Pembagian Kolom

Sebuah brosur itu kan biasanya berbentuk lipatan, dan umumnya, lipatan tersebut biasanya dibagi tiga. Dengan menggunakan pembagian kolom pada MS Word, Anda akan dapat menentukan berapa kolom yang ingin dipakai pada brosur Anda. Tergantung pada berapa lipatan juga brosur Anda nantinya.

 

Selesai pada langkah tiga di atas, sebetulnya semua prosedur untuk membuat sebuah brosur sudah selesai. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan disini adalah bergantung pada kreativitas Anda, seperti gambar, copywriting dan font yang digunakan.

Jadi bagaimana? Sudah mengerti cara membuat brosur pada aplikasi Microsoft Word? Memang sih tidak sebebas ketika menggunakan Adobe Photoshop. Tapi menurut penulis sendiri sudah cukup bagus untuk membuat brosur dengan kualitas yang standar. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel