7 Perbedaan Mutlatk Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 F

9 Oct 2019 18:25 1083 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebelum beli, mari lihat perbedaannya dulu biar tidak salah beli.

Baru kemarin Oppo merilis dua seri terbaru dari lini Reno yaitu Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 F. Dua-duanya adalah smartphone yang mengusung “kreativitas” dimana kreativitas disini maknanya yang pasti berhubungan dekat dengan fotografi.

Sebetulnya, Tipe Oppo Reno2 ini ada tiga seperti yang sudah dirilis di India yaitu seri Reno2, Reno2 F, dan Reno2 Z. Tapi sayangnya yang masuk ke Indonesia hanya Reno2 dan Reno2 F saja. Padahal terus terang, Reno2 Z itu adalah salah satu smartphone yang penulis tunggu-tunggu karena dari chipset Helio P90 yang tertanam tersebut digadang-gadang memiliki performa mendekati Qualcomm Snapdragon 855.

Ya, mari kita lupakan saja seri Reno2 Z dan kita bahas perbedaan antara Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 F yang baru saja rilis di Indonesia kemarin dengan harga yang lumayan terpaut cukup jauh.

 

 

1. Tipe SIM Slot

Pada Oppo Reno2 yang juga adalah seri yang lebih tinggi dibandingkan dengan Reno2 F, slot SIM yang dimilikinya adalah hybrid. Jadinya, Anda harus memilih antara slot kedua menggunakan kartu SIM kedua atau diganti dengan kartu microSD.

Pada Oppo Reno2 F ini malah cenderung lebih baik. Dikatakan seperti itu karena model SIM slot yang digunakan pada smartphone ini bertipe triple slots, dimana dua slot untuk kartu SIM dan satu slot lagi untuk kartu microSD.

 

 

2. Perlindungan Kaca

Pada Reno2 F, kaca yang digunakan untuk melindungi keseluruhan bodinya adalah gorilla glass 5. Sedangkan pada Reno2, kaca yang digunakan adalah kaca generasi terbaru yaitu gorilla glass 6. Secara perlindungan, penulis tidak bisa begitu membedakan kedua jenis kaca tersebut. Bahkan setelah menonton channel JerryRigEverything, penulis malah melihat kedua jenis kaca tersebut sama saja.

Namun sumber lain seperti AndroidAuthority, Gorilla Glass 6 katanya memiliki ketahanan lebih terhadap bantingan dimana katanya dua kali lebih mampu survive ketika menghadapi bantingan.

 

 

3. Chipset

Bisa dibilang, chipset pada kedua smartphone Oppo terbaru ini biasa saja. Dari segi performa Snapdragon 730G yang tertanam pada Oppo Reno2 bisa dibilang masih kalah dengan Helio G90T yang tertanam pada Redmi Note 8 Pro.

Tapi mungkin secara efisiensi baterai, Snapdragon 730G ini jauh lebih unggul karena arsitekturnya sudah 8nm. Sedangkan pada Helio G90T masih 12nm.

Untuk Reno2 F sendiri, chipset yang tertanam pada smartphone tersebut adalah Helio P70, yang juga bisa kita temukan pada smartphone Vivo V15, Oppo F11 Pro dan Realme 3. Bukan sebuah chipset yang menarik bagi penulis untuk ditanamkan pada sebuah smartphone seharga 5 jutaan.

 

 

4. Pengaturan Kamera

Jika Anda menonton launching event Oppo Reno2 dan Oppo Reno2 F kemarin, Anda pasti sudah tahu kalau kedua smartphone tersebut memiliki jumlah kamera yang sama, khususnya pada kamera bagian belakang.

Walau sekilas terlihat sama, ternyata ada beberapa perbedaan yang dapat ditemukan jika Anda menelitinya lebih dalam lagi seperti apertur dari lensa wide-nya, resolusi kamera telephoto-nya, dan ketidaktersediaan OIS pada Reno2 F.

 

 

5. Fitur Dolby Atmos

Yang cukup mengejutkan bagi penulis adalah ketidaktersediaan Dolby Atmos pada Oppo Reno2 yang sekaligus menjadi seri termahal dari Reno2. Sedangkan pada Reno2 F, dan Reno2 Z yang tidak hadir ke Indonesia, fitur untuk “mempercantik” suara musik ini sudah tertanam pada kedua smartphone tersebut.

Ataukah penulis salah? Dan memang Dolby Atmos juga sudah ada pada Oppo Reno2? Mungkin bisa konfirmasi lewat kolom komentar bagi yang tahu.

 

 

6. Generasi Bluetooth

Pada Oppo Reno2 F, generasi bluetooth yang digunakan masih generasi atau versi 4.2. Sedangkan pada Oppo Reno2, bluetooth yang digunakan sudah 5.0 dimana dari performa dan efisiensi baterai, bluetooth 5.0 tentunya jauh lebih unggul dibandingkan bluetooth 4.2.

 

 

7. Harga

Yang ini sih sepertinya sudah jelas; beda spesifikasi tentu beda harga. Dari yang penulis lihat pada acara peluncuran kemarin, Oppo Reno2 dibanderol dengan harga 7.9 jutaan atau lebih tepatnya 8 juta kurang seribu. Sedangkan Oppo Reno2 F dibanderol dengan harga 5,3 jutaan atau lebih tepatnya 5.4 juta kurang seribu.

Untuk Anda yang berminat meminang kedua smartphone ini, Anda sudah mulai dapat melakukan pre-order mulai dari tanggal 8 kemarin hingga tanggal 17 Oktober 2019 mendatang.

Bagi yang melakukan pre-order sendiri, Oppo tidak ragu-ragu memberikan bonus yang tentunya berbeda untuk tiap smartphone yang dipesan. Untuk Oppo Reno2 sendiri, Oppo memberikan bonus berupa headset bluetooth bernama Oppo Enco Q1. Sedangkan yang memesan Oppo Reno 2F, Oppo memberikan bonus wireless speaker yaitu JBL Go. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel