Baru Rilis!! Prosessor Intel Generasi Ke-10 Comet Lake

25 Sep 2019 08:40 562 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Baru juga sebulan rilis generasi ke-9, Generasi ke-10 sudah muncul.

Di kala “Si jago merah” untuk kategori komputer sedang mengganas, Intel yang juga adalah sebuah produsen prosessor komputer terkemuka di dunia dan sudah lama menjadi produsen prosessor nomor satu di dunia kini sedang gencar-gencarnya memproduksi prosessor andalannya yakni Core i3, Core i5 dan Core i7.

Buktinya, setelah sebulan merilis prosessor generasi ke-9, intel kembali merilis prosessor generasi ke-10 yang pastinya mengejutkan banyak pihak termasuk mereka yang setiap harinya bergelut dengan teknologi komputer.

Perlu diketahui, ada dua tipe prosessor Intel generasi ke-10 yang dirilis ke pasaran dimana dua jenis prosessor generasi ke-10 tersebut memiliki code name Ice Lake dan Comet Lake. Perbedaan antara keduanya dapat terlihat dari arsitektur yang dimiliki dimana Comet Lake memiliki arsitektur 14nm, sedangkan Ice Lake memiliki arsitektur 10nm. Dari sini saja sudah bisa dipastikan bahwa prosessor Ice Lake akan memiliki harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan prosessor Comet Lake.

Mengenyampingkan prosessor Ice Lake untuk bahasan selanjutnya, pada artikel kali ini penulis akan coba berfokus pada prosessor generasi ke-10 Comet Lake.

 

Comet Lake Hadir dengan Dua Seri Prosessor

Sama seperti kebanyakan prosessor generasi-generasi sebelumnya, prosessor Intel Generasi ke-10 Comet Lake juga memiliki beberapa tipe yakni seri U dan seri Y.

Kedua seri prosessor ini adalah seri prosessor yang akan ditanamkan ke laptop-laptop tipis yang biasanya menggembor-gemborkan ketahanan baterai yang tinggi. Seperti halnya pada prosessor seri U generasi sebelumnya, prosessor U adalah prosessor yang punya konsumsi daya rendah, namun sudah mendukung RAM LPDDR4x yang memang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan LPDDR3.

Sedangkan untuk prosessor seri Y adalah prosessor yang sama-sama memiliki TDP atau konsumsi daya rendah, malah jauh di bawah seri U. Sayangnya, konsumsi daya yang sangat rendah tersebut membuat prosessor seri Y ini punya spesifikasi yang tidak begitu dapat memenuhi kebutuhan banyak pengguna laptop sekarang ini. Contohnya saja dari dukungan RAM-nya yang hanya mendukung LPDDR3.

 

 

 U dan Y

Setelah tahu bahwa ada dua seri prosessor yakni seri U dan seri Y pada prosessor generasi ke-10 Comet Lake, maka Anda juga harus tahu bahwa untuk Intel Comet Lake seri U dan Y sendiri, masing-masingnya dirilis empat buah prosessor yang dari perbedaan spesifikasinya dapat dilihat secara jelas pada tabel di bawah ini.

 

 

Tanggal Mulai Dijualnya Laptop dengan Prosessor Comet Lake

Hingga saat ini, banyak berita mengenai kapan laptop-laptop dengan prosessor Comet Lake ini akan mulai dijual di pasaran. Ada yang bilang awal oktober mendatang, ada juga yang bilang akhir Desember hingga awal Januari.

Terus terang, belum ada info yang pasti soal kapan laptop dengan prosessor Comet Lake ini akan mulai dijual. Tapi yang pasti, harga dari laptop dengan Prosessor Comet Lake ini tidak akan lebih murah dibandingkan dengan laptop yang sudah menggunakan prosessor generasi ke-9. Apalagi jika dibandingkan dengan prosessor Ice Lake yang bisa dibilang seri “Flagship” dari prosessor intel generasi ke-10. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel