Belajar String pada JavaScript

17 Sep 2019 09:57 431 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Yuk simak penjelasan lebih dalam tentang string pada javascript agar lebih memperluas ruang lingkup pelajaran kita tentang string di javascript.

Kali ini kita akan melanjutkan kembali tutorial tentang pembahasan javascript. Sesuai dengan judul dari tutorial ini, yaitu Belajar [removed] String Pada Javascript.

Kita akan belajar tentang pengenalan string pada Javascript.Artinya kita akan belajar mengenal tipe data string pada javascript meskipun sebelumnya kita telah membahasnya di Mengenal Variabel dan Tipe Data pada JavaScript.

Maka tidak ada salahnya kita angkat lagi judul ini, untuk sedikit lebih memperluas ruang lingkup pelajaran kita tentang string di javascript.

 

Pengertian Tipe Data String di Dalam JavaScript

Tipe data String di dalam JavaScript adalah tipe data yang terdiri dari kumpulan karakter yang berurutan. Atau di dalam penggunaan sehari-hari string adalah tipe data yang menampung nilai text atau kalimat.

kita akan mempelajari string sebagai dasar dalam mempelajari Objek. Objek selalu memiliki dua hal, yaitu Properti dan Metode.

Properti adalah data yang berhubungan dengan Objek. Sedangkan Metode adalah operasi yang melakukan sesuatu kepada Objek tersebut atau data (properti).

Sebagai contoh sederhana sebuah Objek, misalnya kipas angin. Kipas angin memiliki baling-baling, motor listrik, on/off switch, dan stop kontak. Itu semua adalah properti dari sebuah kipas angin. Sedangkan sebagai metode, kipas angin tersebut dapat memutar baling-baling dalam kecepatan tertentu.

Untuk membuat sebuah tipe data string, kita hanya tinggal menambahkan tanda kutip (bahasa inggris: ’quotes’) pada awal dan akhir dari text. JavaScript mendukung penggunaan tanda kutip satu ( ’ ) manupun tanda kutip ganda ( ’’ ). Didalam sumber bahasa inggris sering disebut sebagai single quote dan double quote.

Untuk mengenal tipe data string pada javascript lebih jauh lagi, kita akan mulai dengan melihat bentuk penulisan tipe data string javascript dan cara membuat nya.

Berikut adalah cara penulisan string pada [removed]

Var warna = “hitam”;

Var warna = ‘hitam’;

Seperti contoh penulisan string javascript di atas, terdapat 2 contoh variabel yang menyimpan data ber tipe data string.

untuk penulisan tipe data string, kita bisa menggunakan petik dua(“) atau petik satu(‘).

Saya kira di sini teman-teman sudah paham jika sudah pernah membaca artikel di atas atau artikel soal "Jenis-Jenis Data pada PHP" yang sudah kita bahas dan pelajari sebelumnya.

 

Penggunaan tanda petik di dalam string

Lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan tanda petik di dalam tipe data string?

Caranya adalah dengan membalik tanda petik. jika string di bungkus oleh petik dua, maka petik yang di gunakan di dalam string adalah petik satu. begitu juga sebaliknya, jika string di bungkus oleh petik satu, maka petik yang harus di gunakan dalam string adalah petik dua. contoh nya :

var kata = "hari ini adalah hari jum'at";

var kata = "nama saya 'diki'";

var kata = 'nama saya "diki"';

Cara penulisannya dan perbedaannya bisa teman-teman lihat pada contoh di atas.

Yuk kita lihat hasilnya jika di jalankan pada browser.

 

Oke sekian dulu  tutorial belajar string pada javascript kali ini.Tunggu update tutorial terbaru tentang javascript  selanjutnya.Jika ada yang belum paham bisa tinggalkan jejak komentar kalian di bawah ini.

 

Tags

About The Author

Rafi johari 25
Novice

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel