Tutorial Cara Penulisan dan Penggunaan Javascript

2 Sep 2019 12:30 1329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah pengenalan JavaScript pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita langsung praktek.

Cara Penulisan Dan Penggunaan Javascript – Selamat datang di tutorial javascript dasar berbahasa indonesia. ini merupakan tutorial javascript part 2. di mana pada part 1 kita telah membahas tentang pengertian dan pengenalan javascript. silahkan teman-teman membaca tutorial javascript pada artikel saya sebelumnya soal "Pengertian, Pengenalan dan Sejarah JavaScript.

Seperti yang telah di jelaskan bahwa javascript berfungsi untuk membuat interaksi pada halaman website atau aplikasi yang di bangun berbasis website. jadi di tutorial javascript ber-episode ini akan di jelaskan dari dasar tentang javascript. dan kemudian di harapkan dapat memberikan manfaat kepada teman-teman dan orang banyak. baiklah silahkan langsung saja simak penjelasan tentang belajar javascript part 2 : cara penulisan dan penggunaan javascript berikut ini.

 

Cara Penulisan Syntax JavaScript

Kita mulai dengan cara penulisan syntax javascript yang baik dan benar. dan adapun pengetahuan dasar yang harus kita ketahui dari javascript adalah sebagai berikut.

  • Di simpan dengan ekstensi .js.
  • Syntax javascript yang di sisipkan pada halaman HTML di tulis di dalam tag script.
  • Syntax javascript bisa di letakkan di bagian element tag head atau tag body.
  • Javascript bersifat case sensitive.
  • Di setiap akhir baris harus di tutup dengan titik koma/semicolon ( ; ).

syntax javascript bisa di gunakan dengan 2 cara teman-teman. yaitu dengan cara di sisipkan pada halaman HTML langsung, dan 1 lagi dengan cara menyimpan file javascript dengan ekstensi .js. dan kemudian menginclude nya pada halaman HTML. agar lebih spesifik akan kita bahas satu persatu.

 

Menggunakan Javascript Secara Internal

Penulisan javascript secara internal adalah dengan cara menyisipkan langsung syntax javascript di dalam HTML. jika teman-teman menggunakan cara ini maka syntax javascript nya harus teman-teman letakkan di antara tag script pembuka dan tag /script penutup. dan meletakkannya bisa di dalam tag head, bisa juga di dalam tag body. buat sebuah file HTML untuk membuat contoh penggunaan Javascript secara internal. bisa file html bisa juga php. karena javascript mampu berjalan di antara keduanya. di sini saya hanya membuat file html saja sebagai contoh. buat sebuah file html dengan nama belajar.html.

belajar.html

     

 

coba perhatikan pada contoh di atas. terdapat sebuah element div yang kita beri id=”nama”. dan kemudian kita memberikan sentuhan javascript di sana dengan perintah berikut. Belajar Javascript Part 2 : Cara Penulisan Dan Penggunaan Javascript

   document.getElementById("nama")[removed] = "Nama Saya Rafi Johari";

document adalah syntax wajib di javascript, dan fungsi getElementById() berfungsi untuk memerintahkan mendapatkan element yang ber id sesuai dengan yang ada di dalam parameter fungsi getElementById() itu sendiri. penulisannya harus si perhatikan ya teman-teman besar kecil nya. karena javascript bersifat case sensitive. dan innerHTML berfungsi untuk menuliskan html. jadi secara lengkap intruksi yang kita serukan adalah kita menyerukan untuk menulisakan “Nama Saya Rafi Johari” di element yang ber id “nama”. jika di jalankan pada browser. maka hasilnya sebagai berikut.

   

 

Menggunakan Javascript Secara External

Setelah membahas cara penulisan javascript secara internal, atau dengan cara menyisipkan langsung syntax javascript pada html, maka di sini kita akan membahas cara lainnya untuk menggunakan javascript, yaitu dengan cara menggunakan javascript secara external. caranya buat lah dua buah file, yaitu :

  • belajar.html
  • belajar.js

di file belajar.html kita akan menuliskan syntax HTML nya saja. dan pada belajar.js kita akan menuliskan syntax javascript nya pada file belajar.js. dan cara agar kedua file ini terhubung adalah dengan cara menghubungkannya dengan syntax berikut. Belajar Javascript Part 2 : Cara Penulisan Dan Penggunaan Javascript.

Belajar..html

   

Belajar.js

   

dan jika di jalankan maka hasilnya akan sama.

Oke teman-teman sekian lah tutorial Belajar Javascript Part 2 : Cara Penulisan Dan Penggunaan Javascript. pada tutorial ini kita telah belajar tentang bagaimana penulisan javascript dan bagaimana cara menggunakannya.

 

Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel