Hati-Hati! Jangan Melakukan 7 Tindakan ini Di Dalam Kereta Api di Jepang

29 Aug 2019 18:25 1779 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak boleh karena dianggap tidak sopan, dan bahkan bisa kena sanksi.

Jepang adalah salah satu negara yang terkenal akan sifat orang-orangnya yang sopan dan juga alat transportasi utamanya yaitu kereta api.

Jika kalian pernah jalan-jalan ke Jepang, pasti sudah pernah yang namanya naik kereta api (bukan bullet train atau shinkansen ya!). Ketika masuk kereta tersebut, pastinya hal pertama yang kalian rasakan adalah rasa kagum.

Sebuah alat transportasi yang digunakan setiap hari dan dipenuhi oleh banyak orang terlihat bersih dan berisi orang-orang yang saling menjaga kesopanan dengan penumpang lainnya. Namun, tidak semua orang paham arti sopan santun atau bahkan menjaga norma kesopanan di Jepang. Masih ada saja mereka orang-orang “tersesat” yang sama sekali tidak peduli atau mungkin tidak tahu bahwa tindakan yang mereka lakukan di dalam kereta api itu adalah termasuk ke dalam tindakan yang tidak sopan.

Banyak tindakan yang bisa dikatakan sebagai “tidak sopan” ketika di dalam kereta api, dan 7 diantaranya yang akan penulis bahas di bawah ini adalah beberapa contoh yang terlihat biasa saja jika dilihat dari sudut pandang kita sebagai orang Indonesia, namun tidak demikian jika dilihat dari sudut pandang orang Jepang.

 

1. Duduk Mengambil Ruang yang Banyak

Salah satu tindakan yang dianggap tidak sopan dari sudut pandang orang Jepang yang pertama ketika berada di dalam kereta api adalah duduk tidak sesuai dengan ketentuannya. Contoh saja duduk santai dengan mengangkat kaki ke atas, dudul selonjoran dengan memanjangkan kaki atau bahkan tidur.

 

2. Berbicara dengan Suara Keras

Adalah salah satu tindakan lain yang dianggap tidak sopan ketika berada di dalam kereta api. Selain karena bisa mengganggu konsentrasi seseorang yang mungkin sedang membaca buku, berbicara dengan suara keras baik itu dengan teman sebelah ataupun lewat telepon bisa juga mengganggu mereka yang biasanya tidur di kereta api.

 

3. Berbicara Lewat Telepon Seluler

Pada nomor 2 di atas, berbicara dengan suara keras saja sudah termasuk hal yang melanggar norma kesopanan di Jepang. Ditambah lagi dengan berbicara lewat telepon juga adalah salah satu aturan yang setiap perusahaan kereta api di Jepang sering umumkan.

 

4. Menggunakan Make Up atau Bersolek

Banyak dari wanita tentunya ingin selalu tampil cantik di tengah kesibukan aktivitasnya. Tapi sayangnya, menggunakan make up di dalam kereta api dimana tersedia waktu senggang yang cukup banyak itu termasuk sebuah tindakan yang tidak sopan.

Alasannya, odor atau bau dari make up dan bubuk dari make up bisa saja menempel ke pakaian orang lain ketika seseorang menggunakan make up.

 

5. Meninggalkan Sampah di Kereta Api

Tidak hanya di Jepang, mungkin meninggalkan sampah di alat transportasi umum itu adalah tindakan yang di berbagai negara itu dilarang. Namun di Jepang, meninggalkan sampah di kereta api itu adalah tindakan yang dianggap sangat tidak sopan, apalagi sampai ketahuan petugas kereta api setempat bisa dikenakan sanksi.

 

6. Makan

Makan di kereta api bisa dibilang sebuah hal yang “abu-abu” di Jepang tergantung situasinya. Untuk perjalanan jauh, makan di kereta api itu sah-sah saja. Namun, makan ketika dalam perjalanan antar distrik, apalagi kereta sedang penuh itu merupakan tindakan yang tidak sopan di mata orang Jepang.

 

7. Menggunakan Parfum dengan Aroma Kuat

Bagi Anda yang suka menggunakan parfurm dengan aroma kuat karena dapat menunjukkan kepribadian Anda atau membuat Anda lebih percaya diri, maka janganlah sekali-kali melakukan hal tersebut di Jepang. Apalagi jika Anda setiap harinya naik kereta api untuk bepergian.

Hal tersebut dikarenakan orang Jepang memang tidak begitu suka dengan parfum yang memiliki aroma kuat. hal tersebut dikarenakan aroma parfum yang kuat dapat mengganggu pernafasan, apalagi ketika kereta api sedang penuh. Itulah mungkin alasan kenapa menggunakan parfum dengan aroma kuat dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan bagi seseorang yang sering naik kereta api di Jepang. -BB-

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel