Cara Mengatasi Invalid IMEI pada Xiaomi Redmi Note 3G dan Tips Sebelum Membeli Xiaomi

28 Aug 2019 17:40 1228 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Wajib dibaca bagi Anda calon pembeli smartphone Xiaomi dan para mifans.

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik dari Tiongkok. Xiaomi didirikan pada tahun 2010. Meskipun termasuk perusahaan baru, xiaomi telah dikenal luas dan banyak orang yang menggunakan produknya.

Xiaomi memiliki banyak produk dimana salah satu produk Xiaomi adalah ponsel tipe Redmi Note 3G. Ponsel tipe ini memiliki beberapa kelebihan. Namun, tidak jarang juga ditemui permasalahan pada Redmi Note 3G yang membuat penggunanya tidak nyaman.

Permasalahan yang terjadi pada ponsel bisa disebabkan karena kerusakan dari pabrik atau ada perilaku dari pengguna terhadap ponsel.

Apabila pengguna melakukan flashing pada Redmi Note 3G atau memodifikasi ROM, masalah yang akan mengikuti adalah nomor IMEI menjadi invalid. Nomor IMEI merupakan nomor identitas dari ponsel.

Jika IMEI invalid, maka ponsel tidak bisa terhubung dengan SIM Card. Akibatnya, ponsel tidak bisa menangkap sinyal dan tidak bisa digunakan. Hal ini akan terlihat dari hilangnya bar sinyal dan munculnya tulisan “Invalid IMEI” di layar atas.

Untuk mengembalikan nomor IMEI menjadi valid, pengguna bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat. Sebelum memulai, persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan PC untuk membuat IMEI, kabel data untuk mengirim IMEI dari PC ke SD Card atau memori internal, dan aplikasi untuk mengembalikan IMEI yang invalid. PC tidak diperlukan jika sudah ada backup IMEI. Selain itu, ponsel harus sudah di-root agar bisa diperbaiki.

 

Berikut adalah langkah untuk mengembalikan nomor IMEI

  1. Menjalankan aplikasi

  • Langkah ini bisa dilewati jika sudah ada backup nomor IMEI. Jika belum, ekstrak aplikasi yang akan digunakan. Salah satu contoh aplikasi tersebut adalah Mobileuncle MTK IMEI Write Tools. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di internet.
  • Buka open folder pada aplikasi Mobileuncle MTK IMEI Write Tools  yang telah diinstall.
  • Dalam folder aplikasi tersebut akan ada file bernama Êã»-Õ-ÕÊ++³ÍãθMTKÍÃ-_+·IMEI¦«¦+¦ñ¥¯v1.2.exe dan pilih Run as Administrator.
  • Pada windows yang muncul, tekan tombol Y.
  • Selanjutnya masukkan IMEI 1 dan 2 kemudian tekan enter. Dari situ akan muncul file IMEI.bak.
  • Pindahkan file tersebut ke SD Card atau memori internal ponsel.

 

 

1. Menyisipkan IMEI

Unduh aplikasi Mobileuncle MTK Tools di ponsel. Install dan buka aplikasi tersebut. Saat pertama membuka aplikasi akan muncul peringatan perizinan. Pada tampilan pertama akan muncul beberapa pilihan, pilih IMEI Backup Restore (MTK). Selanjutnya pilih Restore IMEI from SDCARD atau menyesuaikan tempat menempatkan IMEI.bak. Terakhir, klik OK.

 

2. Setelah proses selesai

Selanjutnya restart ponsel. Setalah ponsel menyala kembali, tulisan Invalid IMEI akan hilang. Untuk lebih pastinya, cek melalui *#06#. Jika berhasil, nomor IMEI 1 dan 2 akan muncul.

Langkah ini bisa diterapkan tidak hanya di Xiamoi. Pada Android yang menggunakan chipset MTK juga bisa diatasi dengan langkah-langkah tersebut jika menghadapi permasalahan yang sama.

Xiaomi mengizinkan penggunanya untuk memodifikasi ROM mulai dari root sampai mengganti.

 

Oleh karena itu, berikut adalah tips yang bisa dipertimbangkan jika ingin membeli Xiaomi:

  1. Membeli Xiaomi di distributor resmi akan mempermudah untuk ke service centernya. Jika membeli di distributor lain dan ada permasalahan, service center Xiaomi biasanya tidak mau melayani.
  2. Jika tidak ingin mendapatkan masalah, biarkan sistem Android ponsel apa adanya. Abaikan notifikasi update sistem yang muncul.
  3. Sebaliknya, jika hobi untuk memodifikasi Android, langkah pertama yang dilakukan adalah Root Android. Selanjutnya, install TWRP atau CWM. Fungsi kedua aplikasi ini berfungsi untuk memulihkan Android. Terakhir, jangan lupa untuk backup IMEI dan backup ROM.

 

 

 

Tags Xiaomi

About The Author

John putra cahaya 10
Pensil

John putra cahaya

Seorang yang fanatik dengan teknologi dan berniat ingin membagikan pengalaman seputar teknologi.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From John putra cahaya