Beberapa Cara Restart Smartphone Android Jika Gagal Pake Metode Biasa

28 Aug 2019 12:55 1226 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setidaknya ada empat alternatif restart yang penulis tahu.

Sesuai dengan judul artikel ini, melakukan restart dari perangkat smartphone bersistem android adalah hal yang mungkin sudah dikuasai oleh banyak orang.

Namun bagi Anda yang belum tahu, cara restart smartphone menggunakan metode yang umum adalah dengan menyalakan ulang smartphone dengan menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik. Lalu kemudian dilanjutkan dengan memilih pilihan “restart” ataupun “nyalakan ulang”. Setelah itu, smartphone Anda mati dan menyala kembali.

Sayangnya cara melakukan restart yang umum dilakukan tidaklah selalu berhasil ketika smartphone yang Anda miliki itu bermasalah. Seperti misalnya hang, ataupun tombol power yang tidak berfungsi ketika ditekan.

di bawah ini adalah 4 metode lain untuk melakukan restart smartphone atau tablet android Anda jika metode normal di atas tidak berfungsi.

 

1. Tidak ada Pilihan Restart atau Nyalakan Ulang

Salah satu masalah pada smartphone Android yang mungkin terjadi (walau kemungkinannya kecil) adalah tidak adanya pilihan untuk restart atau menyalakan ulang perangkat. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan seperti salah satunya software dari perangkat yang memang tidak menyediakan pilihan tersebut, atau mungkin karena software yang memang mengalami corrupt atau bug.

Karena restart adalah proses mematikan dan menyalakan ulang perangkat, maka jika tidak ada pilihan restart ataupun nyalakan ulang, Anda hanya perlu mematikan smartphone dan menyalakannya kembali menggunakan pilihan “turn off” atau “matikan perangkat” kemudian menyalakannya lagi dengan menekan dan menahan tombol power hingga perangkat menyala kembali.

 

 

2. Metode Hard Restart / Hard Reboot

Metode hard reboot adalah metode dimana Anda menyalakan ulang smartphone Anda dengan paksa. Metode ini adalah metode yang tidak boleh sering digunakan karena punya dampak negatif ke smartphone Anda.

Untuk sebagian smartphone, menekan dan menahan tombol Power dan tombol volume down secara bersamaan selama beberapa detik akan membuat smartphone Anda melakukan hard reboot atau restart secara paksa.

Namun ada beberapa smartphone seperti Samsung atau iPhone yang menggunakan metode berbeda dengan kebanyakan smartphone Android. Solusinya, Anda harus membaca buku manual yang biasanya tersedia di box smartphone Anda.

 

 

3. Melepas Baterai

Jika sudah melakukan dua hal di atas namun tidak berhasil, cara lain untuk melakukan restart yang bisa dikatakan sebagai metode jadul adalah dengan melepas baterai dan memasangkannya kembali. Setelah itu dilanjutkan dengan menekan dan menahan tombol power hingga smartphone menyala kembali.

Namun sayangnya, metode ini hanya berlaku bagi smartphone yang baterainya removable atau casing belakang dari smartphone bisa dilepas dengan mudah. Dengan kata lain, smartphone canggih atau kekinian yang sudah menggunakan lem untuk menempelkan backdoor-nya serta baterai yang agak susah untuk dilepas membuat metode ini tidak berlaku atau bisa dibilang agak susah diimplementasikan.

 

 

4. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge) Lewat PC Anda

Jika tombol power Anda rusak atau baterai yang tidak bisa dilepas. Jalan terakhir untuk melakukan restart adalah dengan menghubungkan perangkat smartphone Anda ke komputer dan menggunakan ADB untuk melakukan restart pada perangkat smartphone tersebut.

ADB sendiri adalah sebuah tool atau aplikasi yang disediakan pihak Google dengan berbagai macam fungsi dimana salah satunya adalah melakukan restart smartphone atau tablet Android Anda.

 

Setelah membaca semua dari nomor satu hingga nomor empat di atas, namun tidak ada yang bekerja. Maka jalan satu-satunya adalah dengan membawanya ke service center terdekat rumah Anda. Atau kalau tidak ada, Anda bisa bawa juga ke tempat servis HP langganan Anda atau yang terpercaya untuk melepas baterai dan memasangkannya kembali. –BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel