Solusi Mudah iPhone dan iPad Gak Bisa Landscape atau Portrait

24 Aug 2019 10:40 4136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Solusi keempat biasanya paling tokcer.

Produk buatan Apple baik itu iPad ataupun iPhone adalah perangkat elektronik yang bisa dikatakan perangkat yang mendekati sempurna. Bahkan sampai lagu “Sempurna” yang dinyanyikan Andra and The Backbone saja tidak sesempurna judulnya (menurut penulis).

Salah satu problem yang penulis hadapi atau mungkin beberapa dari Anda pengguna iPhone ataupun iPad hadapi adalah masalah orientation yang tidak bisa berubah dari landscape ke portrait atau sebaliknya secara otomatis.

Masalah ini memang jarang terjadi, tapi baru saja terjadi pada penulis ketika membuka WPS Office dan mengetik artikel.

Berdasarkan hasil riset penulis, masalah ini mempunyai tingkatan-tingkatan tertentu mulai dari yang mudah diperbaiki, hingga perlu beberapa langkah sampai melakukan reset.

 

Oke, tanpa menampilkan curhat berlebih lagi, inilah cara bagaiman mengatasi iPhone atau iPad yang posisi orientation-nya terkunci pada satu posisi saja, baik itu landscape ataupun portrait.

 

1. Mematikan Orientation Lock

Ketika iPhone atau iPad Anda terkunci di satu posisi orientasi, maka jangan panik dulu. Karena mungkin orientation dari perangkat Anda itu terkunci.

Cara untuk mengeceknya adalah dengan mengusap sudut kanan atas layar kemudian cek apakah yang ditandai di gambar di bawah itu menyala merah atau putih. Kalau menyala merah, berarti orientation-nya memang terkunci. Tapi kalau putih, maka silahkan menuju ke langkah selanjutnya.

 

 

2. Restart Aplikasi yang Orientation-nya Terkunci

Langkah kedua untuk menyembuhkan penyakit orientation lock adalah dengan membuka kembali aplikasi setelah menghentikannya. Untuk mematikan aplikasi secara keseluruhan adalah dengan membuka app switcher.

Untuk iPhone ataupun iPad yang masih menggunakan tombol home, caranya adalah dengan menekan tombol home tersebut dua kali dalam tempo yang cepat.

Sedangkan untuk iPhone ataupun iPad yang kekinian (tidak memiliki tombol home) maka cara untuk membuka app switcher adalah dengan mengusap layar ke atas dari bagian bawah kemudian menahannya sampai muncul kumpulan aplikasi yang terbuka (jika Anda membuka beberapa aplikasi).

Setelah app switcher terbuka, sentuh dan geser ke atas aplikasi yang ingin Anda tutup. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga akhirnya membuka kembali aplikasi. Setelah aplikasi terbuka, cobalah kembali apa aplikasi tersebut sudah bisa berputar-putar secara otomatis ke mode portrait atau landscape?

Jika sudah berhasil, maka selamat beraktivitas kembali. Tapi jika belum, mari menuju solusi berikutnya.

 

 

3. Restart iPhone atau iPad Anda

Solusi ketiga ini mungkin sudah pernah lakukan sebelum melakukan kedua solusi di atas. Jika sudah, Anda bisa langsung ke solusi keempat tanpa harus membaca poin ini. Tapi jika belum, maka sesuai judul untuk poin nomor 3 ini adalah dengan melakukan restart perangkat.

Untuk perangkat iPhone ataupun iPad dengan tombol home ataupun tanpa tombol home, cara untuk melakukan restart adalah dengan menahan tombol di bagian pinggir dengan volume up sampai muncul slider untuk mematikan perangkat.

Setelah perangkat dimatikan, nyalakan kembali setelah beberapa saat dan coba buka berbagai aplikasi yang bisa menggunakan mode portrait atau landscape.

 

 

4. Reset Semua Pengaturan

Ini adalah langkah kedua terakhir sebelum akhirnya melakukan reset perangkat ke pengaturan pabrik. Dengan melakukan reset pengaturan ini, Anda akan me-reset pengaturan seperti wifi ataupun pengaturan jaringan.

Langkah keempat ini sendiri sangatlah cocok untuk mengobati perangkat Anda ketika perangkat Anda terkena bugs ataupun masalah yang dikarenakan software. Penulis sendiri berhasil memecahkan masalah penulis dengan langkah keempat ini.

 

Jadi bagaimana? Sudah dicoba keempat langkah di atas? Kalau masalah Anda masih ada, coba periksa aplikasinya apa memang mendukung mode landscape dan portrait atau tidak? Trus coba juga buka aplikasi lain apakah berjalan normal atau tidak?

Kalau masih tidak bisa juga, mau tidak mau Anda harus me-reset perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Tapi sebelumnya jangan lupa back up data Anda dulu ya! –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel