5 monitor 24 inch Terbaik Harga 1 Jutaan Tahun 2019

23 Aug 2019 19:00 1744 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dipilih-dipilih monitor buat gaming, desain grafis ataupun nonton film.

Monitor adalah salah satu bagian penting dari sebuah satu kesatuan perangkat komputer yang tanpa adanya monitor, sebuah komputer tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan normal.

Dalam membeli sebuah monitor, preferensi setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang butuh monitor dengan refresh rate tinggi, ada yang lebih mementingkan tingkat sRGB, dan ada juga yang mementingkan desain dan fleksibilitas dari monitor itu sendiri.

Tapi dari banyak preferensi tersebut, satu hal yang pastinya sama bagi setiap orang. Yaitu mencari monitor dengan harga yang ramah di dompet.

Di bawah ini adalah 5 monitor berukuran 24 inch dengan harga maksimal 2 juta rupiah tapi sudah memiliki fitur dan mencakup hampir banyak preferensi setiap individu mulai dari desain yang cukup futuristik, refresh rate di atas 60 Hz dan juga punya tingkat sRGB yang tinggi.

 

1. LG 24MK600M

Dirilis pada tahun 2018, monitor berukuran 24 inch dari LG ini bisa dibilang worth for the money. Karena selain memiliki frame yang sangat tipis bak monitor kekinian dan sudah dibekali layar tipis bertipe IPS. Lalu, monitor LG 24MK600 ini juga sudah beresolusi full HD, dengan refresh rate 75hz, serta punya response time 5ms yang menurut penulis sudah cukup cepat untuk perpindahan antar warna pada monitor di bawah 2 juta. Oh iya, monitor ini juga cocok untuk gaming karena selain memiliki refresh rate yang tinggi, monitor ini juga sudah dibekali AMD freesync yang membuat pengalaman bermain game semakin mantap.

Tingkat kecerahan dari monitor ini terbilang biasa saja , karena hanya 250 nits. Tapi, untuk sRGB dari monitor ini sendiri, LG 24MK600 ini katanya memiliki 99 persen sRGB sehingga cocok untuk mereka para pekerja kreatif di bidang desain grafis.

Sedangkan untuk harganya, di toko daring penulis dapat menemukan harga monitor ini berkisar antara 1.8 hingga 1.9 juta rupiah.

 

 

2. HP 24f

Dari segi desain, paduan warna silver di bagian penyangga dan warna putih dibagian frame, monitor ini terlihat sangat futuristik bahkan pada awal melihatnya, penulis tidak menyangka bahwa frame-nya terbuat dari plastik karena terlihat menyatu dengan tiang penyangganya yang terbuat dari besi.

HP 24f memiliki layar bertipe IPS dengan resolusi full HD dan response time sebesar 5ms. Untuk bermain game, monitor ini menurut penulis sama bagusnya dengan nomor satu di atas karena sudah dibekali AMD Freesync dan juga memiliki refresh rate sebesar 75hz.

Sayangnya selain untuk menonton hiburan ataupun bermain game, monitor ini tidak bisa digunakan untuk desain karena tingkat sRGB-nya yang hanya 92.7 persen saja. Oh iya, satu kelebihan dari monitor ini yang dapat penulis banggakan adalah kecerahan layarnya yang bisa mencapai 300 nits.

Di toko daring, monitor ini terbilang cukup murah yakni hanya 1.7 hingga 1.8 jutaan saja.

 

 

3. Samsung C24F390FHEX

Bagi Anda pecinta monitor melengkung atau yang lebih dikenal dengan curved monitor, monitor ini mungkin sangat cocok dengan Anda. Selain karena punya desain layar yang melengkung, harganya juga cukup terjangkau.

Monitor Samsung C24F ini sudah dibekali layar beresolusi full HD dengan layarnya sendiri adalah layar berteknologi VA atau Vertical Alignment. Jenis layar ini memang tidak lebih bagus dari IPS, tapi teknologinya sendiri bukanlah yang terburuk diantara teknologi layar yang lainnya.

Satu-satunya kelemahan yang paling terlihat adalah di bagian response time dimana jika dibandingkan dengan layar IPS, layar VA ini terbilang lambat. Sedangkan untuk kelebihan dari panel ini sendiri terdapat kontrasnya yang tinggi sehingga ketika kita melihat warna hitam, maka warna hitam tersebut akan lebih hitam dibandingkan hitam-hitam yang lainnya. Tidak ada informasi mengenai tingkat sRGB dari monitor ini, tapi sih seharusnya tinggi karena color gamut untuk NTSC saja sudah 72 persen.

Monitor ini sangat cocok untuk menonton hiburan seperti film ataupun video musik dalam jarak 1.8 meter dari monitor. Kenapa jarak 1.8 meter sendiri adalah karena monitor ini punya lengkungan 1800R yang artinya jarak ternyaman untuk menonton pada monitor ini adalah 1800 milimeter dari layar atau 1.8 meter. Oh iya, walaupun monitor ini enak untuk menonton, sayangnya monitor ini tidak begitu cocok untuk gaming karena refresh rate yang hanya 60hz dan tidak ada dukungan AMD Freesync ataupun Nvidia Gsync sehingga kenyamanan dalam bermain game, khususnya game-game yang membutuhkan FPS stabil dan tinggi.

Harga dari monitor ini sendiri cukup murah yakni berkisar antara 1.4 hingga 1.6 jutaan saja.

 

(bersambung ke halaman 2)
Tags Komputer

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel