Terlalu Lama Melihat Monitor Terkadang Bikin Pusing atau Mata Gatal?

20 Aug 2019 12:20 901 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Gerakan 20-20-20, sebuah metode untuk mencegah mata lelah karena lama menatap monitor.

Mata adalah salah satu indera yang sangat penting bagi manusia. Karena tanpa indera ini, manusia tidak akan bisa melihat sesuatu, dunianya akan dipenuhi kegelapan yang bisa kita rasakan ketika kita memejamkan mata.

Maka dari itu mari kita doakan sejenak mereka yang tidak bisa melihat baik itu sejak lahir ataupun karena suatu hal yang menimpa mereka.

Bagi kita yang masih bisa melihat, merawat indera penglihatan kita adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Apalagi bagi Anda yang sangat sering berada di depan komputer, biasanya pasti ada gejala-gejala seperti mata gatal, terasa terbakar, pandangan menjadi buram dan bahkan sampai mengalami sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut sebenarnya adalah gejala yang sudah umum, khususnya bagi Anda yang setiap harinya selalu dihadapkan dengan monitor komputer untuk waktu yang cukup lama. Bahkan di luar negeri gejala-gejala ini sudah punya nama sendiri yakni “Computer Vision Syndrome”.

 

Cara Penyembuhan

Sebetulnya, cara penyembuhan untuk gejala-gejala di atas itu cukup mudah yakni dengan mengistirahatkan mata Anda untuk sementara waktu. Tapi bagi sebagian orang, apalagi mereka yang setiap harinya dikejar deadline atau ekstra sibuk sehingga memaksa mata untuk tetap berhadapan dengan layar monitor, mengistirahatkan mata sejenak adalah hal yang tidak mungkin dilakukan.

Nah disinilah metode yang disebut dengan gerakan 20-20-20 menjadi solusinya.

Sesuai dengan namanya, gerakan 20-20-20 ini adalah gerakan yang dilakukan dengan melibatkan angka 20. Detilnya sebagai berikut.

Ketika Anda menatap layar monitor selama 20 menit, alihkan tatapan mata Anda ke sebuah objek, mau itu benda, tanaman, ataupun manusia tidak masalah. Selama objek tersebut tidak bergerak.

Pastikan objek yang Anda lihat itu setidaknya memiliki jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari Anda. Andai tidak bisa memastikan pun setidaknya tebak-tebak sajalah.

Setelah itu mengunci objek mana yang akan Anda pandangi, maka berhitunglah sampai 20 dengan tempo sama dengan detakan detik pada jam.

Dengan setiap 20 menit mengalihkan pada pandangan ke sebuah objek dengan jarak 20 kaki dan memandang objek tersebut dalam waktu 20 detik, mata Anda akan memiliki kesempatan untuk beristirahat dan sekaligus dapat mencegah gejala-gejala dari Computer Vision Syndrome terjadi pada Anda.

Untuk meningkatkan efek dari gerakan 20-20-20 ini, ada baiknya objek yang Anda lihat itu memiliki warna hijau. Karena faktanya, mata kita itu lebih enak memandang warna hijau ketimbang warna lain. Apalagi sebuah riset menyatakan bahwa warna hijau, khususnya hijau tua itu membuat mata rileks ketika dipandang. Dengan kata lain, ada baiknya setiap 20 menit sekali, Anda menolehkan pandangan Anda ke luar ruangan ataupun di dalam ruangan dan menatap objek yang jaraknya kurang lebih 20 kaki selama 20 detik.

Atau jika Anda tidak begitu sibuk, ada baiknya juga Anda berjalan-jalan ke luar ruangan Anda. Terserah Anda mau kemana, yang penting Anda tidak duduk terus di depan komputer. Karena selain akan membuat mata Anda lebih rileks, Anda juga akan membebaskan tubuh Anda dari posisi duduk terus-terusan. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel