Mengenal Fungsi Insert, Update, dan Delete pada Codeigniter

25 Jul 2019 12:30 3819 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan singkat.

 

Pada ulasan kali ini author akan menjelaskan tentang insert,update dan delete melajutkan ulasan kemarin karena kemarin kita baru sampai dengan selecting data yaa..jika belum paham dengan apa itu selecting data bisa melihat bahasan sebelumnya atau jika ingin  mengetahui lebih dengan codeigniter atau barangkali ada yang baru bergabung dengan artikel saya bisa melihat semua tulisan saya ko wkwk itung-itung sekalian promosi aja hehehe... Langsung saja ke dalam pokok bahasan ya?

 

  • Insert Data  


Pertama saya akan menjelaskan tentang  apa itu insert data dalam codeigniter. Jadi selain pengambilan data seperti tutorial sebelumnya, Archive record juga menyediakan fungsionalitas untuk meng-insert data. Untuk meng-insert sebuah data kita hanya  memerlukan dua parameter saja yaitu nama tabel dan data yang akan di masukkan.


Data yang akan di insert atau di masukkan harus berupa format array assosiatif ataupun object. Hayoo sudah pada tau belum apa itu array assosiatif dan object, kalo belum tau mari simak penjelasan dengan baik-baik. Array assosiatif  adalah  array yang tidak menggunakan angka sebagai kunci di setiap nilainya. Jika tidak ditentukan kunci dari sebuah elemen di array, PHP akan otomatis memberikan kuncinya berupa angka dan Objek merupakan perwujudan dari class, setiap object akan mempunyai attribute dan method yang di miliki oleh class-nya. Objek adalah entitas dasar saat runtime. pada saat kode program di eksekusi, objek berintraksi satu sama lain tanpa harus mengtahui detail data atau kodenya  meskipun berasal dari class yang berbeda.


Interaksi antar objeck ini di lakukan menggunakan satu message. Object memilki suatu siklus hidup,yaitu di ciptakan,dimanipulasi,dan di hancurkan.
Jadi Objek bisa  digambarkan sebagai benda, makhluk hidup , tempat, dan sebagainya yang ada didunia nyata, yang penting bagi suatu aplikasi objek mempunyai attribut dan method.


Kita ambil contoh analogi dimana Class sebagai rumah ,di dalam rumah terdapat manusia dan benda-benda tersebut bisa di katakan sebagai objek.


Adapun keuntungan menggunakan active record adalah  menginsert data atau menambahkan data selain sederhana untuk di gunakan,adalah method ini secara built-in  disertai  dengan fungsi untuk penanganan escaping, jadi query ini sudah bisa dikatakan aman dari kesalahan. Contohnya:

$data=array('nama_field1'=>'isi_field1',
'nama_field2'=>'isi_field2' );
$this->db->set($data);
$this->db->insert('nama_tabel');

Atau 
$this->db->set('nama_field1','isi_field1');
$this->db->set('nama_field2','isi_field2');
$this->db->insert('nama_tabel');


Dari query di atas akan menghasilkan hasil yang sama juga,dalam dunia coding  pasti banyak cara  banyak jalan bagaimana cara logika kita saja untuk memahami syintak-syintak tersebut. Saya tidak menyarankan anda untuk menalar setiap syintak-syintak dalam dunia pemrograman,ya bayangkan saja memang kalian bisa menalar semua syintak atau query dengan berbagai macam bahasa kalo author si taluk alias ga sanggup wkwkwk jadi lebih baik kita memahami setiap syintak-syintak tersebut dari pada kita harus menalarnya .

 

  • Update Data


Selain fungsi select dan insert Codeigniter juga tentu menyediakan fungsi untuk update.Adapun penggunaan atau penulisan syintak-syintak nya tidak jauh berbeda dengan fungsi insert data. Contoh :

$this->db->set('nama_field1','isi_field1');
$this->db->set('nama_field2','isi_field2');
$this->db->update('nama_tabel');

Query di atas akan menghasilkan  query " update nama_tabel set nama_field1=isi_field1,set nama_field2=isi_field2" . Adapun cara yang lebih sederhana yakni menggunakan array assosiatif :
 

$data=array('nama_field1'=>'isi_field1',
'nama_field2'=>'isi_field2' );
$this->db->where('kalian ingin mengedit berdasarkan apa');
$this->db->update('nama_tabel',$data);

Nah mungkin kalian belum paham apa maksud saya menulis "kalian ingin mengedit berdasarkan apa" kalimat ini di tunjukan untuk kita ingin mengedit nya berdasarkan apa nah biasanya saya sendiri mengisi kalimat ini dengan field yaang saya jadikan sebagai primary key pada tabel saya misalkan saya sendiri sering mengisi nya dengan kode atau id dari tabel tersebut karena mereka bersifat primary key atau unik data nya tidak boleh sama dengan yang lain. 

 

  • Delete Data

Fungsi yang tersedia selanjutnya yaitu fungsi delete pada codeigniter. Kalian semua pasti sudah tau apa fungsi dari yang satu ini, ya seperti kalian sering mendelete kenangan bersama mantan pacar kan wkwk ,Untuk melakukan delete data pada Codeigniter kita dapat menggunakan perintah berikut ini : 
 

$this->db->where('id');
$this->db->delete('nama_tabel');

Nah untuk penulisan where pada edit bisa di lakukan seperti ini jadi saya mengisi dengan id karena id merupakan data primary key pada tabel saya.

Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel