Perbandingan Spesifikasi Honda ADV dan Yamaha Nmax

22 Jul 2019 18:10 1680 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan dilihat dari spesifikasinya secara umum.

Di dunia otomotif saat ini sedang ramai-ramainya pembahasan motor matik terbaru dari Honda yaitu Honda ADV 150cc.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, Honda ADV adalah motor matik berdesain sporty di kelas 150cc yang siap bersaing dengan saudaranya Honda PCX 150cc dan kompetitor terberat dikelasnya yaitu Yamaha Nmax 155cc.

Berbicara soal persaingan antara Nmax dan ADV, di sebuah grup komunitas Nmax di Facebook, Honda ADV ini sedang ramai diperbincangkan. Khususnya mengenai kelebihan dan kekurangan motor ini jika dibandingkan dengan Nmax sendiri.

Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah 5 perbandingan antara ADV dengan Nmax dari sudut pandang penulis sebagai pengamat kedua motor ini.

 

1. Windshield

Kelebihan pertama dari sisi bodi yang dapat penulis lihat dari ADV dibandingkan Nmax ini adalah tameng atau windshield yang bisa kita naik turunkan. Sekilas bagi sebagian orang mungkin windshield yang bisa naik turun itu tidak begitu penting, namun tentunya fitur ini tetap saja bisa jadi pembanding dari kedua motor ini.

 

2. Lampu Depan

Masih seputar bodi, lampu utama pada Honda ADV sudah menggunakan lampu LED yang pastinya jauh lebih terang ketimbang lampu bohlam pada Nmax. Selain itu juga, lampu LED juga unggul dari sisi efisiensi daya dimana biasanya lampu LED itu memiliki konsumsi daya lebih kecil dibandingkan dengan lampu bohlam.

Sedangkan lampu belakangnya sih sama-sama menggunakan LED.

 

3. Speedometer

Masih seputar bagian bodi, speedometer berbentuk persegi panjang pada ADV memang memiliki kelebihan seperti adanya temperatur udara serta tanggal dan bulan. Namun sayangnya, Honda ADV ini tidak memiliki Trip A dan Trip B seperti pada motor Nmax.

 

4. Sistem Keamanan

Seperti halnya pada Honda PCX 150, Honda ADV juga sudah mengadopsi sistem keyless sehingga untuk menjalankan motor, Anda tidak perlu colok kunci lagi ke leher motor. Selain itu juga, sistem keyless ini cenderung sulit dijebol, sehingga agak membuat mereka yang berniat jahat untuk mencuri motor ini mengurungkan niatnya.

Sedangkan pada Yamaha Nmax terbaru yang sudah dirilis, kuncinya masih menggunakan kunci mekanikal yang menurut penulis tidak begitu aman karena rawan yang namanya pencurian.

 

5. Mesin

Disini honda ADV sepertinya masih menggunakan mesin motor PCX yang 150cc. Artinya, dari segi mesin, Yamaha Nmax dengan mesinnya yang sudah 150cc serta punya fitur VVA (Variable Valve Actuation) jauh lebih unggul ketimbang ADV.

 

Bagaimana menurut kalian, apa perbandingan ini cukup? Atau masih ada yang kurang? Seperti dari segi harga yang banderol ADV itu 5 juta lebih mahal ketimbang Nmax. Atau mungkin kenyamanan atau positioning dari driver sendiri yang menurut penulis itu berbeda untuk setiap orangnya.

Oh iya, teman penulis sendiri yang merupakan pengguna Nmax menyarankan agar memasukkan ketersediaan suku cadang serta jumlah variasi yang bisa dipilih antara Nmax dan ADV. Namun untuk saat ini sepertinya hal tersebut tidak begitu diperlukan karena ADV sendiri baru saja dirilis. Jadi rasanya tidak adil membandingkan ketersediaan suku cadang motor yang baru rilis dengan motor yang sudah cukup lama rilis. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel