Laptop ROG STRIX III, Laptop Gaming ROG "MURAH" dari Asus

17 Jul 2019 14:55 2065 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Strix III seri G kabarnya punya harga yang murah jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Di bulan Juli 2019 ini, Asus kembali menggebrak dunia komputer untuk segmen laptop gaming-nya, yaitu dengan kehadiran beberapa laptop lini Strix terbaru yaitu Strix III dengan varian G, Hero dan SCAR. Serta lini Zephyrus yang juga merupakan lini laptop tipis premium Asus dengan varian yang tersedia adalah M dan S.

Untuk varian G dari Strix III, Asus merilis 6 SKU yang masing-masingnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, khususnya dari prosessor dan VGA yang ditanamkan.

Berikut ini adalah spesifikasi dari 6 SKU laptop gaming ROG dari lini Strix III siap menggetarkan rekening bank kalian, khususnya para gamer yang suka lampu er-ji-bi.

 

1. ROG Strix III – G (SKU G531GD-I505G1T)

Adalah SKU termurah dari varian Asus Strix G dan semua laptop Asus yang baru dirilis tanggal 11 Juli 2019 kemarin. Tidak begitu sesuai ekspektasi, laptop yang awalnya penulis kira akan menggunakan GTX 1060 ataupun 1650 ini ternyata masih menggunakan GTX 1050 dengan video RAM 4GB yang juga tanpa kehadiran gelar “Ti”.

Untuk prosessornya sendiri sih terbilang kekinian dan sesuai ekspektasi karena sudah menggunakan prosessor intel Core i5-9300H yang performanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Core i7-7700HQ.

Hal lainnya yang sesuai dengan dugaan penulis adalah kehadiran storage atau ruang penyimpanan yang ternyata tidak menggunakan SSD. Tapi sekali lagi, ini laptop murah, jadi penulis juga sudah menduga kalau penyimpanannya tidak akan menggunakan SSD.

Yang tidak penulis duga adalah penggunaan SSHD dan bukannya hard disk biasa sebagai penyimpanannya. Nice one Asus! Untuk laptop gaming ROG termurah saat ini, menggunakan SSHD adalah pilihan yang tepat, karena terus terang hard disk saat ini sudah tidak mumpuni lagi digunakan di laptop-laptop yang sering kerja romusha.

Untuk RAM sendiri, laptop ini sudah menggunakan RAM berkapasitas 8GB DDR4 dengan kecepatan 2666 Mhz, yang menurut penulis adalah kapasitas minimal sebuah laptop gaming di tahun 2019 ini. Jika kurang, pemilik laptop ini tentu masih bisa melakukan upgrade RAM hingga 32GB.

Berlanjut ke panel layar, ROG Strix 3 G531GD ini sudah dibekali dengan panel IPS berukuran 15.6 inch yang memiliki resolusi maksimal 1920 x 1080 pixels atau bisa dibilang resolusinya sudah full HD. Dan seperti kebanyakan laptop ROG lainnya, layarnya sudah punya anti-glare sendiri sehingga tidak perlu pasang anti-glare lagi untuk bergabung sebagai member “anti silau-silau club”.

Kelebihan lain dari panel layarnya itu adalah kemampuan untuk memancarkan warna hingga 72% NTSC dan 100% sRGB.

Kelebihan lainnya atau hal baru lainnya yang dapat dilihat dari seri Strix III G ini adalah pada bagian bawahnya yang dilengkapi dengan lampu “disco” RGB. Jadi, ketika kalian sedang bermain game di luar, lampu tersebut akan menarik perhatian disekitar, baik mereka yang mengagumi, mereka yang iri, dan mereka yang punya niat maling laptop kalian (hati-hati ya guys!).

hal lain yang akan kalian dapatkan ketika membeli ROG Strix III ini adalah Windows 10 Home tipe SL (Single Language). Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi memikirkan budget untuk membeli Windows 10 ori ataupun mengunduh Windows 10 bajakan dari internet.

Oh iya, beralih ke soal harga, laptop ini dibanderol dengan harga 14 juta kurang seribu atau tepatnya senilai Rp. 13,999,000.

 

 

2. ROG Strix III – G (SKU G531GD-I705G6T)

Ini adalah SKU atau model kedua termurah dari laptop gaming ROG Strix III varian G setelah nomor 1 di atas.

Yang membedakan laptop gaming ROG ini dengan laptop ROG di atas adalah layarnya yang sudah memiliki refresh rate 120 Hz dan prosessor yang sudah menggunakan Core i7-9750GH. Selain itu sih semuanya sama saja baik dari desain ataupun spesifikasi lainnya.

Laptop ini memiliki harga resmi 17 juta kurang seribu (Rp. 16,999,000)

 

 

(bersambung ke halaman berikutnya...)

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel