5 Makanan ini Hanya Dapat Anda Temukan di Jepang Ketika Musim Dingin

27 Jun 2019 08:20 457 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada juga yang ditemukan di berbagai musim, tapi punya rasa yang berbeda.

Mari berbicara soal Jepang.

Sudah menjadi rahasia umum, berbagai aneka hidangan asal Jepang banyak disukai para penikmat kuliner mancanegara. Selain karena memiliki rasa yang lezat, hidangan asal Jepang juga biasanya memiliki bentuk yang unik serta cantik.

Selain itu, hal menarik lainnya dari hidangan-hidangan di Jepang adalah ketersediannya. Maksudnya disini, ada beberapa hidangan lezat yang biasanya hanya tersedia di musim-musim tertentu saja.

Dan di bawah ini adalah 5 kuliner asal Jepang yang hanya tersedia di musim dingin saja. Jadi, jika Anda berencana untuk pergi liburan atau mengerjakan urusan lainnya ke Jepang ketika musim dingin, ada baiknya Anda mencoba kuliner musim dingin berikut ini.

 

 

1. Hot Pot

Adalah sebuah menu hidangan utama di Jepang yang biasanya dihidangkan di musim gugur dan musim dingin (tapi kebanyakan sih dimakan di musim dingin).

Hot Pot di Jepang dikenal dengan nama Nabemono. Berasal dari kata “nabe” yang berarti pot dalam bahasa Inggris, serta “mono” yang berarti “things” dalam bahasa Inggris, digabungkan menjadi satu yaitu “Nabemono” yang maknanya sendiri adalah berbagai hal yang dimasukkan kedalam sebuah pot atau panci.

Maka terciptalah sebutan Hot Pot dalam bahasa Inggris.

Isi dari nabemono ini sendiri biasanya terdiri dari sayuran, daging, mie, dan berbagai jenis jamur yang sebagian besarnya hanya ada di Jepang saja.

Nabemono sendiri di Jepang itu bermacam-macam, nama-nama dari jenis nabemono yang ada di Jepang antara lain, Chanko Nabe, Ishikari Nabe, Motsu Nabe, Mizore Nabe, dan Nabe lainnya yang tidak bernama karena merupakan improvisasi pembuatnya.

 

 

2. Kueh Beras Mochi

Biasa dikenal dengan nama rice cakes oleh bule barat, dan disebut dengan nama Mochi oleh orang jepang. Yaitu sebuah kue yang dibuat dari beras jepang yang lengket.

Mochi dibuat secara tradisional yaitu dengan memukul-mukul adonan kue mochi pada sebuah wadah berbahan kayu dengan sebuah palu yang berbahan kayu juga hingga adonan tersebut mengenyal.

Pada zaman dulu, kue mochi ini biasanya dihidangkan sebagai sajian untuk dewa yang kemudian nantinya dipotong dan dibagikan ke warga setelah upacara seserahan tersebut selesai.

Dan sekarang ini, kue mochi biasanya disajikan di acara-acara atau festival-festival tertentu di Jepang. Namun, Anda juga akan tetap dapat menikmatinya di hari-hari biasa, khususnya di musim dingin dimana Anda dapat menikmatinya dalam keadaan hangat baik itu dimakan secara langsung atau dicampur bersama mie ramen ala Jepang.

 

 

3. Bubur Jepang

Mirip dengan bubur ayam di Indonesia, bubur di Jepang yang disebut oleh para warganya dengan sebutan “Okayu” adalah makanan yang biasa disediakan untuk orang yang sedang sakit.

Dibuat sama dengan cara membuat bubur di Indonesia, Okayu atau bubur di Jepang ini disajikan dengan satu jenis buah-buahan yaitu buah Plum atau yang dikenal dengan nama umeboshi di Jepang. tidak hanya itu, bubur di Jepang juga biasanya disajikan dengan daun bawang atau bahkan pasta kacang merah yang membuat bubur tersebut menjadi kemerahan setelah diaduk.

Di malam yang dingin, menu ini biasanya disajikan untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan.

 

 

4. Ramen

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi, semua orang yang membaca ini pasti tahu apa itu Ramen. Ya, ramen adalah sebuah menu mie khas Jepang yang saking terkenalnya sampai-sampai menu tersebut juga menjadi salah satu menu favorit di berbagai negara di dunia.

Walaupun ramen adalah sajian umum yang bisa dimakan di berbagai musim, ramen yang dimakan di musim dingin biasanya dapat menghangatkan badan serta membuat tubuh lebih rileks kata sebagian orang yang sudah biasa makan ramen hampir setiap hari.

 

 

5. Ubi Panggang

Di Jepang, ubi panggang biasa dikenal dengan nama “Yaki-Imo”. Yang secara literal memiliki arti ubi yang dipanggang. Walaupun terlihat sebagai menu yang sederhana, ubi panggang adalah salah satu menu andalan orang Jepang ketika menghadapi musim dingin.

Jika Anda adalah seorang turis yang berkunjung ke Jepang, maka Anda dapat menemukan Yaki-Imo di pedagang-pedagang di pinggir jalan. Atau jika tidak menemukannya di pinggir jalan, Anda bisa mencarinya supermarket-supermarket terdekat. Namun biasanya metode pemanggangannya berbeda yakni menggunakan microwave.

 

Itulah 5 menu hidangan yang biasanya dapat Anda temukan pada musim dingin di Jepang. sebetulnya masih banyak menu lainnya yang cukup menarik untuk dibahas. Namun penulis memutuskan untuk menuliskan lima menu saja pada kesempatan kali ini.

Oh iya, apa ada menu yang sudah Anda coba? Selain ramen tentunya. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 53
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel