3 Teknologi di Tahun 2019 ini Luar Biasa!

13 May 2019 12:20 912 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketiganya berhubungan dengan dunia nirkabel atau wireless.

Di tahun 2019 ada banyak hal-hal yang penting terjadi di dunia. Seperti contohnya pemilu di Indonesia dimana memungkinkan adanya pergantian presiden, atau mungkin sang kubu petahana akan bertahan untuk kembali memerintah Indonesia lima tahun kedepan.

Tapi bukan itu yang akan penulis bahas, karena penulis kurang suka politik dan lebih suka yang namanya perkembangan teknologi.

Bagi yang suka membaca situs-situs teknologi, mungkin sebagian dari kawan disini sudah bisa menduga apa saja terobosan teknologi di tahun 2019 ini yang bisa dikatakan dapat mengubah hidup kita para pengguna teknologi kedepannya, khususnya bagi yang setiap harinya tidak lepas dengan dunia networking atau jaringan.

 

 

1. Wi-Fi 6

Wi-Fi adalah sebuah istilah yang sekarang ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya antara lain sudah banyaknya hotspot dimana kita bisa menggunakan internet menggunakan perangkat smartphone yang memiliki fitur Wi-Fi.

Selain itu juga promo-promo dari provider seluler tanah air yang gencar mempromosikan perangkat bundling, yaitu berupa modem mifi menjadi alasan lainnya kenapa masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kata “Wi-Fi”.

Sekarang ini, Indonesia masih menggunakan Wi-Fi generasi 5 (Wi-Fi 5), atau yang mungkin lebih kita kenal dengan Wi-Fi 802.11ac. Sedangkan Wi-Fi generasi ke-6 atau yang disebut juga Wi-Fi 6 nantinya akan dikenal dengan nama 802.11ax.

Lalu apa yang membedakan Wi-Fi 5 dan Wi-Fi 6?

Salah satu kelebihan dari Wi-Fi 6 ini adalah peningkatan jumlah perangkat yang dapat tersambung di satu space. Selain itu juga, akan ada peningkatan kecepatan dari semua perangkat yang tersambung jikalau ada lebih dari dua perangkat yang tersambung pada satu space tersebut.

Satu hal yang pasti dari adanya Wi-Fi 6 ini adalah peningkatan performa mereka yang menggunakan wireless di kehidupan sehari-harinya, terutama dalam melakukan aktivitasnya di kantor. Biasanya yang mungkin mengeluh karena internet lambat dikarenakan banyaknya perangkat yang terhubung dalam satu jaringan sudah dipastikan akan hilang.

Lalu kapan Wi-Fi 6 ini akan mulai digunakan di seluruh dunia?

Pada tahun 2019 ini, Wi-Fi 6 masih dalam tahap persiapan dan mungkin dalam waktu dekat akan mulai digunakan di beberapa negara maju. Dan pada 2020 nanti, baru akan mulai di adopsi diberbagai negara di dunia, dimana Indonesia tentunya adalah salah satu yang akan mengadopsinya.

 

 

2.  Internet 5G

Adalah salah satu istilah yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kawan yang melek teknologi. Pada tahun 2019 ini, internet 4G yang bisa dikatakan punya kecepatan yang standar saja bagi yang sudah pernah merasakan kecepatan internet fiber optic.

Apalagi bagi sebagian besar orang pengguna smartphone, internet 4G ini bisa dikatakan cukup menguras baterai ketika dalam posisi selalu menyala dan berada di tempat yang minim jaringan.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Hal tersebut dikarenakan pada teknologi internet 5G ini diklaim dapat bersaing dengan jaringan internet yang terhubung menggunakan kabel. Dari klaim tersebut dapat diasumsikan bahwa latency atau yang biasa kita kenal dengan istilah “ping” dipastikan akan kecil. Selain itu kecepatannya pun akan dipastikan lebih cepat dari teknologi 4G.

Yang mungkin masih samar-samar adalah dampak teknologi 5G ini ke baterai perangkat. Ada yang mengatakan bahwa baterai smartphone akan jauh lebih hemat, namun ada yang mengatakan bahwa daya tahan baterai akan sama saja, bahkan lebih boros daripada teknologi 4G.

 

 

3. Ruang Digital

Ruang digital atau yang juga dikenal dengan digitized space dalah sebuah teknologi geolocation yang berbasis pada jaringan wireless pada perangkat smartphone. Teknologi ini menciptakan peluang untuk memahami bagaimana manusia dan benda bergerak pada ruang fisik.

Untuk lebih jelasnya, mari kita ambil contoh sebuah hotel yang kita sebut saja hotel A.

Hotel A disini sudah mengadaptasi teknologi ruang digital dimana nanti pelanggan atau tamu yang menginap di hotelnya sudah menggunakan fasilitas apa saja yang telah disediakan hotel. Misalkan Spa & Sauna, Kolam Renang, atau mungkin juga fasilitas lainnya yang tersedia di Hotel A tersebut.

Atau contoh lainnya adalah pada sebuah rumah sakit, pihak manajemen rumah sakit akan dapat melihat ruang mana saja yang dipakai, sakit yang diderita pasien, kegiatan pasien dalam menjalani pengobatan (misal pagi-pagi rehabilitasi, siangnya melakukan check-up). Semuanya akan terlacak di sistem ruang digital yang dimiliki rumah sakit tersebut.

Selain itu juga, ruang digital akan dapat membantu pihak otoritas jaringan. Mereka akan dapat dengan mudah menemukan posisi jaringan yang layanan wireless-nya lemah yang tentunya akan dapat diatasi dengan pengadaan alat yang lebih baik lagi.

 

Mungkin hanya ada tiga teknologi di tahun 2019 yang penulis tahu dan sangat bermanfaat bagi transisi teknologi kedepannya. Sebenarnya masih banyak lagi teknologi baru di tahun 2019 ini, namun dikarenakan cukup banyak yang penulis kurang dan belum pahami soal teknologi baru tersebut sehingga penulis enggan mencantumkannya di artikel ini. Semoga di lain kesempatan bisa penulis tambahkan kembali teknologi-teknologi yang memang terlewat untuk dicantumkan tersebut ya! -BB-

 

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel