Mau beli Redmi Note 7? Jangan Baca ini!!! Nanti Batal Beli

6 May 2019 12:19 3792 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mau kubu Redmi Note 7 atau Realme 3 Pro, keduanya adalah smartphone dengan price to performance yang sama-sama mantap dikelasnya. Jadi, apapun pilihan Anda, pilihan tersebut tidaklah salah karena itu adalah hak Anda sebagai warga negara penikmat & pecinta gadget.

Kawan-kawan sekalian, ada berita yang cukup menyedihkan bagi vendor-vendor smartphone yang produk-produk unggulannya adalah smartphone kelas menengah.

Alasan saya menambahkan kata “menyedihkan”, lantaran berita ini memang bukanlah berita baik dan pastinya akan membuat panas telinga vendor smartphone di tanah air.

Ya, berita tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah tentang kehadiran Realme 3 Pro yang akan dirilis pada awal Mei 2019 ini, tepatnya pada tanggal 8 Mei 2019.

Realme 3 Pro adalah sebuah smartphone kelas menengah yang bisa dibilang juga sebagai “game changer” seperti halnya Xiaomi dengan seri Redmi-nya.

Berikut adalah spesifikasi singkat dari Realme 3 Pro yang sudah pernah rilis di India beberapa saat lalu dan berkemungkinan besar spesifikasinya akan sama dengan yang akan dirilis di Indonesia.

• CPU Snapdragon 710

• RAM 4GB dan 6GB

• Memori Internal 64GB dan 128GB

• Layar 6.3” (1080x2340 pixel) IPS LCD dengan pelingdung Gorilla Glass 5

• Kamera utama 16MP + 5MP, Kamera selfie, 25MP

• Baterai 4045 mAh

• Sistem Operasi Android Pie 9.0, Custom ColorOS 6

Spesifikasi di atas juga mungkin alasan kenapa saya menyebutnya sebagai “game changer”. Karena dengan spesifikasi tersebut dan harga yang kabarnya berada di kisaran 2.8 jutaan, smartphone ini akan membuat yang awalnya mengantri di antrian Redmi Note 7, berpaling untuk meminang Realme 3 Pro ini.

Jika masih belum berpaling juga dari antrian Redmi Note 7, mari saya kasih sedikit pencerahan yang juga merupakan opini pribadi saya sebagai pengamat gadget tentang kenapa Realme 3 Pro ini lebih layak untuk dipinang jika dibandingkan dengan Redmi Note 7 yang sekarang ini jadi lagi trending topic smartphone kelas menengah tahun 2019.

 

1. Prosessor dua tingkat di atas Redmi Note 7

Mungkin kawan-kawan yang membaca artikel ini sudah tahu bahwa Redmi Note 7 itu menggunakan Snapdragon 660 yang memang performanya tidak diragukan lagi. Dengan clock speed 1.95 GHz hingga 2.2 GHz, prosessor ini memang pernah menjadi primadona di smartphone kelas menengah seperti halnya seri Snapdragon 636.

Itu tentunya untuk tahun 2018, karena di tahun 2019 ini, saudaranya dari seri setingkat diatasnya yaitu Snapdragon 710 mulai banyak dipakai di smartphone kelas menengah seharga 3 jutaan. Tentu hal ini menjadi sebuah kabar buruk bagi smartphone kelas menengah dengan harga yang terpaut sedikit lebih mahal atau lebih murah tapi masih mengggunakan Snapdragon 660.

Hal ini berlaku untuk Realme 3 Pro yang sudah menggunakan Snapdragon 710, tentunya lebih terlihat value for money-nya jika dibandingkan dengan Redmi Note 7 yang masih menggunakan Snapdragon 660.

Dari segi performa, fitur dan juga fabrikasi chipsetnya yang saya lansir dari situs digit India, sudah bisa terlihat mana yang lebih unggul.

               

 

 

2. Memori Internal yang lebih lega

Jika berbicara tentang memori internal untuk tahun 2019 ini, 64GB menurut saya pribadi adalah kapasitas minimum yang harus dimiliki sebuah smartphone kelas menengah.

Alasan saya berpendapat seperti itu karena sekarang ini, semakin banyak aplikasi-aplikasi yang membutuhkan ruang memori yang besar, khususnya berbagai game dengan grafik yang aduhay.

Pada Redmi Note 7, untuk varian tertingginya dengan garansi resmi untuk sekarang ini masih 64GB. Sedangkan untuk yang 128GB belum ada kabar. Namun pada Realme 3 Pro, kabarnya kedua versi untuk smartphone tersebut akan dijual berbarengan setelah peluncurannya pada tanggal 8 Mei 2019 mendatang.

Jadi pilih yang mana kawan? Kalau saya pribadi jelas yang 128GB bergaransi resmi.

 

 

3. Kamera yang lebih baik

Oke, hasil foto itu mungkin tergantung selera, ada yang suka foto yang oversaturated ada juga yang suka terlihat natural.

Untuk kamera Realme 3 Pro disini, saya katakan lebih baik karena beberapa YouTuber yang sudah melakukan review untuk kedua devices tersebut lebih pro kepada Realme. Walaupun Redmi Note 7 memiliki kamera 48MP yang pada kenyataannya hanya bagian teknik marketing saja, Kamera pada Realme 3 Pro memiliki kemampuan dynamic range yang jauh lebih unggul ketimbang Redmi Note 7.

Tapi soal detil, menurut kebanyakan reviewers, Redmi Note 7 masih unggul jika dibandingkan Realme 3 Pro.

 

 

4. Masih belum mau berpaling dari Redmi Note 7?

Mungkin ini yang menjadi trump card saya untuk mengajak Anda beralih ke Realme 3 Pro.

Ya, apalagi kalau bukan ketersediaan produk atau barang?

Jika sampai saat ini Anda masih berandai-andai untuk mendapatkan Redmi Note 7 di flash sale, masih nongkrong dan komplain di Fanspage Redmi. Sebaiknya hentikan saja.

Selain membuang-buang waktu berharga kawan sekalian, komplain, mengeluh apalagi sampai mengumpat tidak akan membuat Anda mendapatkan smartphone impian Anda. Coba dicek toko sebelah, mungkin akan lebih memuaskan ketimbang toko langganan yang tidak mampu lagi menampung permintaan saking banyaknya calon pembeli.

Realme 3 Pro sendiri mungkin akan ghoib seperti halnya Redmi Note 7, tapi berhubung "bekingannya" itu OPPO, sepertinya hal tersebut akan cepat diatasi. Seperti halnya pada Realme 2 Pro sebelumnya.

 

Jadi bagaimana nih kawan? Masih belum mau berpaling juga?

Kalau masih keukeuh mengantri untuk mendapatkan Redmi Note 7, saya hanya bisa mengatakan semoga beruntung (sambil tepok jidat). Apalagi kalau banyak orang yang beralih ke Realme 3 Pro, mungkin kesempatan kawan-kawan sekalian untuk mendapatkan Redmi Note 7 menjadi semakin tinggi.

Bagi kawan-kawan yang sudah memiliki Redmi Note 7 dan punya pertanyaan “apa saya harus upgrade ke Realme 3 Pro?” Saya katakan sih tidak perlu, karena walau dari segi performa kalah, terpautnya itu tidak begitu jauh. Kecuali jika mau upgrade ke smartphone flagship seperti Huawei P30 Pro ataupun Samsung Galaxy S10+, beda lagi ceritanya.

-BB-

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel